Senin, 5 Rabi’ul Akhir 1433 H/27 Februari 2012 M
Ma’had ‘Aly al-Wahdah kembali mengadakan Kuliah Perdana untuk semester Genap Tahun Ajaran 1432-1433 H/2011-2012 M. Acara yang rutin diadakan setiap awal perkuliahan semester ini dibuka oleh Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc selaku direktur. Dalam sambutannya, beliau memaparkan pentingnya sebuah pembukaan. Tak heran, sebagian ulama besar dalam menulis kitab-kitab mereka, memulai dengan menulis muqaddimah yang cukup panjang. Beberapa di antaranya bahkan menulis satu jilid khusus untuk mukaddimah.
Beliau  juga menyampaikan kabar gembira kepada seluruh mahasiswa, bahwa insya Allah pada tahun ini, pihak ma’had akan memberikan ijazah resmi dari pemerintah kepada para alumni. Beliau juga mengabarkan rencana peralihan Ma’had ‘Aly al-Wahdah kembali ke Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA).
Kuliah perdana kali ini menghadirkan Ust. Ir. Qasim Saguni, M.A. selaku pemateri. Ketua Dewan Syura Wahdah Islamiyah yang baru saja kembali dari Jepang ini banyak menyentuh sisi kebudayaan dan karakteristik masyarakat Jepang yang sempat beliau saksikan di sana, baik sisi ijabiyah(positif) maupun salbiyah (negatif)nya.
Sisi positif yang sempat diuraikan oleh Ustadz Qasim,  di antaranya adalah kebersihan, kedisiplinan, dan kesehatan masyarakat Jepang yang layak dicontoh.  Namun di sisi lain, dari pengamatan beliau, sifat individualis, ternyata diidap pada umumnya masyarakat di sana.
Sisi positif apa pun yang ditemukan di masyarakat Jepang, kata beliau, sebenarnya adalah barang seorang muslim yang hilang. Seorang muslim, di mana pun menemukannya, sepantasnya mengambilnya kembali.
Kuliah Perdana dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah beserta sertifikat kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi di setiap kelas oleh Ustadz Saifullah Anshar yang mewakili Wakil Direktur I. Disusul penyampaian-penyampaian dari Ust. Azwar AR. Room selaku Wakil Direktur II, dan Ust. Muh. Taufan Djafri sebagai Wakil Direktur III.
Acara dilanjutkan kembali setelah shalat Dhuhur. Kali ini Direktur Ma’had ‘Aly al-Wahdah mengumumkan susunan nama pengelola Ma’had yang baru untuk masa bakti 1433 H-1435 H dan nama-nama mahasantri teladan untuk Tahun Ajaran 1431-1432 H/2010-2011 M, yaitu:
I.        Putra:
       Muhammad Jamil, NIM 3111066, Semester III, Program Studi: Bahasa Arab
       Zaenal Wahid, NIM 2911077, Semester III, Program Studi: Fiqh dan Ushul Fiqh
II.      Putri:
       Syamsinar, NIM 3112023, Semester III, Program Studi Bahasa Arab.
      Hasriana Rapung, NIM 2921019, semester III, Program Studi Fiqh dan Ushul Fiqh.
Mudir menutup Kuliah Perdana secara resmi setelah sebelumnya juga mengumumkan nama-nama dosen dan pegawai teladan.

Loading

Tinggalkan Balasan