Saksikan Gerhana Bulan, STIBA laksanakan Shalat Kusuf

     
     Berita tentang akan terjadinya salah satu fenomena alam yang cukup langka, yaitu gerhana bulan yang dapat diamati setelah terbenamnya matahari, telah dikabarkan sebelumnya oleh direktur Ma’had ‘Aly al-Wahdah, Ust. Muh. Yusran Anshar ba’da Dhuhur di Masjid Kampus STIBA.  Hal tersebut mengundang minat sebagian jamaah dari luar ma’had untuk shalat Magrib di masjid Kampus STIBA. 
     Usai salat Magrib, jamaah yang memadati masjid kampus STIBA saat itu tidak segera beranjak meninggalkan masjid. Sejurus kemudian, mudir ma’had mengambil pengeras suara dan menyampaikan kepada para jamaah untuk menunggu kabar terlihatnya gerhana bulan.  Sebab meskipun telah diprediksi oleh BMKG, shalat gerhana hanya akan dilaksanakan ketika ada saksi yang mengabarkan telah menyaksikannya secara langsung.
      Ketika beberapa mahasiswa mengabarkan telah melihat gerhana, maka salat kusuf pun segera ditegakkan. Tampil memimpin salat adalah Muthahhir Anshar, mahasiswa I’dad Lughawi semester II. Suara emasnya mampu membuat jamaah bertahan berdiri mendengarkan bacaan sepanjang satu juz lebih, hanya dalam dua rakaat dan empat kali rukuk.
      Khutbah di akhir shalat kusuf disampaikan oleh Ust. Muhammad Yusran Anshar, Lc. Dalam khutbah singkatnya, beliau mengingatkan bahwa gerhana bulan adalah salah satu tanda dari kekuasaan Allah Azza wa Jalla. Banyak yang mengagumi tanda-tanda itu, sayangnya mereka justru menyembahnya. Padahal Allah telah berfirman, “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah yang menciptakannya, jika Ialah yang kamu hendak sembah.” (QS. Fushshilat: 37).
     Beliau juga mengingatkan bahwa peristiwa gerhana tidak menunjukkan kematian seseorang atau nasib-nasib  tertentu, sebagaimana diingatkan oleh Rasulullah shallallohu alaihi wasallam dalam salah satu sabdanya.
        Para ahli astronomi, banyak menyaksikan peristiwa-peristiwa alam di angkasa. Namun sangat sedikit di antara mereka yang takut kepada Allah. Padahal, Allah menjadikan semua itu sebagai peringatan. Kata Allah subhanahu wa Ta’ala, “….Dan kami tidak mendatangkan tanda-tanda itu melainkan untuk menakuti (hamba-hamba-Ku).” (QS. al-Isra’: 59).
       Bahkan awan mendung sebagai pertanda hujan yang akan turun sekalipun, seharusnya telah membuat para ulul albab untuk khawatir, sebagaimana yang pernah dirasakan oleh Nabi kita Muhammad shallallohu alaihi wasallam karena khawatir jangan-jangan itu adalah azab Allah.  Allah Jalla Jalaluhu telah mengingatkan kita tentang kaum ‘Aad, “Maka tatkala mereka melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, berkatalah mereka, “Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kami”. (Bukan!) bahkan Itulah azab yang kamu minta supaya datang dengan segera (yaitu) angin yang mengandung azab yang pedih.” (QS. al-Ahqaf: 24).
       Terakhir, beliau mengingatkan akan nikmat yang patut disyukuri berupa kesempatan menghidupkan salah satu sunnah Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam yang selama ini hanya banyak dibaca di kitab-kitab para ulama namun sangat jarang dipraktikkan oleh kaum muslimin. Terutama jika sunnah tersebut dihidupkan pada hari-hari yang membutuhkan kesabaran di akhir zaman. Di kala orang-orang yang ingin menghidupkan sunnah dianggap aneh. Saat itulah bagi mereka ada pahala lima puluh kali pahala sahabat, sebagaimana yang dijanjikan oleh Rasulullah shallallohu alaihi wasallam.
       Beliau menutup dengan doa agar para jamaah dimasukkan Allah Subhanahu wa Ta’ala ke dalam golongan ulul albab yaitu mereka yang menjadikan ayat-ayat kauniyah sebagai wasilah (media) untuk lebih takut dan dekat kepada Rabbnya. Aamiin.
      Pada tahun 2012 ini, BMKG memprediksikan terjadi empat buah gerhana berupa dua buah Gerhana Matahari dan dua buah Gerhana Bulan.
Gerhana Matahari tersebut adalah berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 21 Mei 2012 dan Gerhana Matahari Total (GMT) yang insya Allah akan terjadi pada tanggal 14 November 2012. Adapun Gerhana Bulan, insya Allah akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang telah terjadi pada 04 Juni 2012 dan Gerhana Bulan Penumbra (GBP) terjadi insya Allah pada  28 November 2012. [SQ]

Loading

Tinggalkan Balasan