Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, acara “17 Hari Menghafal al-Qur’an” akhirnya kembali bisa terlaksana pada tahun ini. Sebelumnya, pihak ma’had sempat waswas acara yang ketiga kalinya ini tidak bisa dilaksanakan tahun ini. Banyak kendala yang ditemui sebelum acara ini. Namun berkat taufik dan inayah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, akhirnya segala kendala itu dapat teratasi.
    Sebagai Panitia Pelaksana (OC), pihak ma’had memberikan kepercayaan kepada Forum Mahasiswa Ma’had ‘Aly al-Wahdah Luar Asrama (FORMAL). Terpilih sebagai ketua panitia adalah al-Akh. Muh. Istiqamah. 
     Ada yang istimewa pada “17 hari menghafal Al-Qur’an” tahun ini. Kali ini para peserta didampingi oleh para mahasiswa Islamic University of Madinah sebagai muhaffizh atau pembimbing dalam menyetor hafalan.
    Tepat pada tanggal 3 Ramadhan atau 23 Juli 2012 acara 17 Hari Menghafal al-Qur’an Jilid III resmi dibuka oleh Ust. Muh. Ikhwan Abd. Jalil, Lc. sebagai wakil ketua umum DPP Wahdah Islamiyah. Sebelumnya didahului dengan sejumlah sambutan, di antaranya oleh seorang hafizh dan juga mahasiswa semester 8 Ma’had ‘Aly al-Wahdah, Ust. Marli Abd. Hamid. 
     Motivasi, dorongan dan metode dalam menghafal Al-Qur’an menjadi bahan materi yang disampaikan oleh Ust. Marli Abd. Hamid, dengan motto “Menghafal itu nikmat, menghafal itu mudah” dan pesan kepada peserta bahwa bisa jadi keikutsertaan mereka dalam acara ini menjadi kenangan indah pada suatu saat, di mana akan terbesit dalam memori “Alhamdulillah, Ramadhan tahun 1433 H saya pernah menghafal beberapa juz dari Al-Qur’an.”
     Sambutan berikutnya oleh Ust. Sumardi Uddin, S.Pd.I., sebagai Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) Ma’had ‘Aly al-Wahdah dan sekaligus penanggung jawab acara ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada peserta agar beristiqamah sampai akhir kegiatan, karena melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, beberapa peserta berguguran seiring dengan berjalannya hari.
      Sambutan terakhir oleh Direktur Ma’had ‘Aly al-Wahdah (STIBA) Makassar, Ust. Muh. Yusran Anshar, Lc., M.A. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan persiapan acara ini yang sangat minim dan singkat, yang hampir saja menyebabkan acara ini dibatalkan, namun dengan adanya tekad yang kuat, pihak ma’had akhirnya bisa melaksanakan acara ini. Karena ketidakinginan menjadi orang yang tercela sebagaimana teguran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Abdullah bin ‘Amr, “Wahai, Abdullah! Janganlah seperti fulan, dulu ia mengerjakan shalat malam kemudian ia meninggalkannya”, sehingga jika sebuah amal yang sudah dirutinkan kemudian ditinggalkan itu menjadi tercela meskipun itu amalan yang bersifat sunnah. 
     Pentingnya menghafal al-Qur’an juga menjadi perhatian beliau, di mana Jalaluddin as-Suyuthi dalam tafsir al-Jalalain, menafsirkan firman Allah Ta’ala, “wa la qad yassarnal qur’ana lidz dzikri fa halmin muddakir” maka sungguh telah kami mudahkan Al-Qur’an itu untuk diingat, adakah yang mau mengingatnya? Dengan “wa laqad yassarnal qur’ana lidz dzikri fahal min hafizin lil qur’an fa yusta’anu bihi” sungguh telah kami mudahkan al-Qur’an itu untuk diingat, maka adakah orang yang mau menghafalnya, kemudian dipermudah.
     Hal lain yang disampaikan oleh beliau adalah nama atau tema acara ini yang bias makna, di mana ketika kalimat “17 Hari Menghafal al-Qur’an” disebutkan maka yang terlintas dalam pikiran pertama kita adalah kita mampu menghafal satu al-Qur’an penuh hanya dalam jangka waktu 17 hari saja.
      Direktur Ma’had ‘Aly al-Wahdah ini menjelaskan bahwa dari segi syar’i penamaan ini ada dasarnya, sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Hajar berkenaan dengan hadis Jibril yang setiap tahunnya datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di bulan Ramadhan untuk memuraja’ah hafalan al-Qur’an beliau, dalam hadis tersebut kata “al-Qur’an” disebutkan secara mutlak. Padahal kita semua tahu al-Qur’an baru sempurna diturunkan 30 juz pada tahun terakhir dakwah beliau. Dari sini bisa diambil hukum bolehnya memakai kata mutlak dengan maksud hanya sebagiannya saja, “Dzikr al-kull wa urida bihi al-ba’dh”
      Peserta yang mendaftar sekitar seratusan, laki-laki maupun wanita (tingkat remaja dan mahasiswa), bahkan ada dua orang peserta yang berasal dari Tarakan, Kalimantan Timur. Mereka dapat info dari situs www.wahdah.or.id, di mana panflet kegiatan ini juga dipasang pada situs tersebut. (Muh. Istiqamah)

 

Loading

Tinggalkan Balasan