Usai menghadapi Ujian Tengah Semester, lalu disusul daurah sepekan bersama Syaikh Abdullah bin Hamd az-Zaidani hafizhahullah (salah seorang murid dekat Syaikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin rahimahullah) mahasiswa STIBA kembali mengadakan rihlah bersama. Rihlah kali ini diikuti oleh seluruh kelas, kecuali kelas Syariah V dan Syariah VII yang menjadi peserta Pelatihan Kewirausahaan yang juga diselenggarakan oleh STIBA bekerjasama dengan LP2M UNHAS.
      Mengingat jumlah mahasiswa yang cukup banyak, maka untuk memudahkan pengaturan akomodasi, mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari kelas I’dad Lughawi IA, IB, IC, dan Syariah III didampingi oleh Ust. Rustam Faidah rihlah ke Malino. Sementara kelompok kedua terdiri dari Kelas I’dad Lughawi II, IIIA, IIIB, dan Syariah I rihlah ke Pulau Polewai Pangkep disertai Ust. Saifullah Anshar, Ust. Siswandi Safari, dan Syahrul Qur’ani yang mewakili Bidang Kemahasiswaan. 
Sejenak kita ikuti perjalanan rombongan mahasiswa ke Pulau Polewali.
Jumat, 26 Muharram 1434H/10 Desember 2012M
Pukul 14.15 Wita
      Rombongan bertolak meninggalkan kampus Ma’had ‘Aly al-Wahdah (STIBA Makassar) dengan menggunakan dua buah truk. Awan hitam yang menggelayut sepanjang langit Makassar dan Pangkep, menambah kesan sepanjang perjalanan. Menjadikan para penuntut ilmu syar’i itu tetap ceria meski harus berdesak-desakan dalam truk berbak terbuka. Sesekali truk berhenti mendadak, tak ayal beberapa ikhwah yang kuda-kudanya kurang kokoh jatuh terjungkal. Tapi, di situlah seninya!
 
Pukul 16.30 Wita
   Rombongan tiba dengan selamat—walillahilhamd—di Kota Pangkep. Sebelum meninggalkan kota, rombongan menyempatkan diri untuk melaksanakan shalat Ashar di salah satu masjid. Tibalah saatnya melanjutkan perjalanan dengan menggunakan dua buah perahu. Perjalanan beberapa kilometer menyusuri sungai yang hampir sepanjang sisinya ditumbuhi pohon-pohon bakau sangat memukau. Sebelum akhirnya kedua perahu menuju laut lepas.
 
Pukul 19.00 Wita
      Pulau tujuan akhirnya nampak di depan mata, meski hanya terlihat seperti gundukan hitam besar. Tak terlihat banyak cahaya lampu. Maklum, listrik di pulau ini ternyata hanya mengandalkan pembangkit listrik tenaga surya.
Sesaat setelah merapat ke dermaga, perwakilan rombongan yang terdiri dari Ust. Saifullah Anshar dan beberapa panitia bersilaturrahim ke kepala dusun setempat untuk meminta izin. Rombongan diperkenankan untuk beristirahat di masjid.
 
      Panitia dengan sigap mempersiapkan konsumsi makan malam untuk 82 orang peserta rihlah. Gerak cepat dibutuhkan mengingat tepat pukul 22.00 pemadaman total lampu di pulau yang hanya dihuni sekira 35 KK itu akan segera dilakukan.
 
Sabtu, 27 Muharram 1434 H/11 Desember 2012 M
        Usai shalat Subuh, masih dengan kondisi masjid yang gelap gulita, Ismail Wahid, salah seorang peserta menyampaikan kultum tentang bahaya durhaka kepada kedua orang tua. Ditutup dengan pengarahan dari Ketua Panitia al-akh Khairul Tasnim dan Seksi Acara al Akh Arif Ahmadi Yusuf. Aktivitas pagi itu dilanjutkan dengan kerja bakti di sekitar masjid. 
 Menuju Dermaga
      Pulau Polewali memiliki dua buah dermaga, ke sanalah saat ini peserta rihlah bertolak. Keceriaan nampak jelas terlihat di wajah para ikhwah begitu melihat pantai dan dermaga. 
 
       Dari atas dermaga, satu per satu mereka melakukan unjuk kebolehan terjun dan salto ke permukaan laut.
 
 
      Sementara itu, beberapa ikhwah yang telah diamanahkan untuk mengajar di sebuah sekolah tingkat dasar pun tengah asyik bercengkrama dengan para murid di sekolah tersebut.
 
Ahad, 28 Muharram 1434 H/12 Desember 2012 M
       Pagi ini, panitia akan melakukan aksi door to door ke seluruh rumah yang ada di pulau ini. Beberapa dus pakaian layak pakai, buku-buku islami, majalah, dan buletin telah dikumpulkan dan dibagi sesuai jumlah KK.
Penduduk pulau yang pada umumnya hidup di bawah standar menyambut dengan sangat antusias, mereka berharap kegiatan ini lebih sering diadakan.
 
      Jelang pukul 10.00, para peserta segera berbenah. Masjid dan halamannya dirapikan seperti sediakala, bahkan dengan kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. 
      Setelah pamitan kepada beberapa warga sekitar masjid, rombongan meninggalkan pulau Polewali menuju kota Pangkep. Dari sana, perjalanan dilanjutkan menuju Makassar menggunakan dua buah truk. Hujan deras disertai petir mengguyur sepanjang Kota Maros dan Makassar. Meski kedinginan, rombongan akhirnya sampai dengan selamat kembali ke kampus tercinta, Ma’had ‘Aly al-Wahdah (STIBA Makassar).
 
Video suasana dalam truk, tetap semangat meski dua jam diguyur hujan deras
“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.” (QS. Al-Insyirah: 7). [SQ]

Loading

Tinggalkan Balasan