Ikatan persaudaraan tak akan terjalin jika tak didasari oleh ikatan iman. Materi semata pun tak akan menumbuhkan ikatan hati di antara sesama muslim.Prinsip inilah yang harus tertanam di hati setiap mereka yang mengaku menganut Islam sebagai agamanyaAllah l berfirman, artinya, “Dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (QS. Al-Anfal: 63).

Bahkan di dalam al-Qur’an dijelaskan bahwa sesama mukmin itu adalah bersaudara.

“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. al-Hujurat: 10)

Begitu pula tidak ada ukhuwah tanpa takwa dan tidak ada takwa tanpa ukhuwah, Allah I berfirman, artinya, “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf : 67)

Ukhuwah islamiyah merupakan ikatan iman yang berdasarkan manhaj Allah dan terpancar dari rasa takwa, ia merupakan tujuan suci, cahaya  rabbaniyah sekaligus nikmat ilahiyah. Dari Nu’man bin Basyir t, Rasulullah r bersabda“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling cinta, saling belas kasihnya dan saling perhatiannya laksana badan.Jika ada salah satu anggota badan yang sakit, maka yang lainnya akan merasakan, tidak bisa tidur dan demam (panas).” (Muttafaqun ‘Alaih)

Hasan alBashritbertutur,“Ikhwan fillah (saudara karena Allah) lebih berharga bagi kami dari keluarga kami karena keluarga hanya mengingatkan kami kepada dunia sedang ikhwan fillah mengingatkan kami kepada akhirat.

Ukhuwah yang dibina berdasarkan akidah akan mudah menghancurkan dan meluluhkan segala bentuk kebatilan. Namun apabila benang ukhuwah tidak terajut dengan kuat dan rapi, maka kaum muslimin akan menjadi sasaran empuk umat yang lain dari berbagi kepentingan. Dan ini semua terjadi apabila kita terlalu cinta dunia dan tidak peduli lagi akan perkara akhirat. Rasulullah r bersabda,

  “Hampir-hampir umat lain berkumpulmengerubuti kalian dari segala penjuru seperti orang yang mengerubuti makanan di atas nampannya. Kami  bertanya wahai Rasulullah apakah disaat itu kita sedikit? Beliau menjawab,”Bahkan kalian banyak tetapi kalian seperti buih dan Allah mencabut dari hati-hati musuhmu rasa takut terhadap kalian, lalu Allah memasukkan dihati kalian (penyakit) wahn. Kami bertanya, ”Apakah wahn itu?” Beliau menjawab,“Cinta dunia dan takut mati.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Rasa ukhuwah akan timbul jika sifat suka mementingkan pribadi dan cinta dunia tersebut disingkirkan dari pribadi muslim. Dan rasa ukhuwah inilah yang menjadi salah satu faktor penyempurna keimanan. Rasulullah r bersabda,

“Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya apa yang dicintai untuk dirinya.“ (HR. Bukhari dan Muslim).

KIAT MENJALIN UKHUWAH

Jalinan ukhuwah yang terbina dengan erat merupakan nikmat dari Allah U, karena itu setiap mukmin mesti berusaha untuk merajut ukhuwah dengan sesama kaum muslimin.

Adapun di antara kiat untuk merajut ukhuwah tersebut antara lain:

1. Iman, berhukum dengan al-Qur’an pada setiap persoalan, sebagai dustur (undang-undang hidup dan kehidupan).

Allah lmemerintahkan kepada hamba-Nya untuk menjaga persatuan di atasalQur’an dan sunnah. Allah I berfirman, artinya, “Dan berpegang teguhlah kamu semuanya kepada tali Allah (al-Qur’an dan sunnah) dan janganlah kamu bercerai berai.” (QS. Ali Imran: 103).

2. Membudayakan salam

Rasulullah r bersabda“Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah kalian masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah sempurna iman kalian sehingga kalian saling mencintai. Apakah mau aku tunjukkan sesuatu amalan yang jika kalian lakukan akan timbul diantara kalian rasa saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian. (HR. Muslim).

Pada hakikatnya ucapan salam merupakan do’a dari seseorang bagi orang lain. Di dalam lafadz salam “Assalaamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh” terdapat wujud kecintaan seorang muslim pada muslim yang lain. Yaitu keinginannya agar orang yang disapanya dengan salam, bisa memperoleh keselamatan, rahmat, dan berkah. Berkah artinya tetapnya suatu kebaikan dan terus bertambahnya kebaikan ituSeseorang tentu akan senang bila ada orang yang mendoakan keselamatan, rahmat, dan berkah bagi dirinya. Semoga Allah mengabulkan doa tersebut.

3. Menyempatkan diri untuk saling mengunjungi.

      Imam Ahmad dalam kitabnya “Al Musnad” meriwayatkan, dari Muadz bin Jabal t, berkata Nabi r  bahwa Allah I   berfirman (dalam hadits qudsi),

] حَقَّتْ  مَحَبَّتِيْ لِلْمُتَحَابِّيْنَ فِيَّ وَحَقَّتْ مَحَبَّتِيْ لِلْمُتَبَاذِلِيْنَ فِيَّ وَ حَقَّتْ مَحَبَّتِيْ لِلْمُتَزَاوِرِيْنَ فِيَّ   [

Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yang saling mencintai karena Aku, dimana keduanya saling memberi karena Aku dan saling berkunjung karena Aku.” (HR. Ahmad).

Tabi’in yang mulia Muhammad bin Munkadirtmengatakan,“Tidak ada yang tersisa dari kelezatan dunia kecuali tiga: Shalat lail, shalat jamaah dan bertemu dengan ikhwan fillah.

4.  Memenuhi hak-hak saudaranya

Dari Abu Hurairah t berkata,“Bersabda Rasulullah r,“Hak seorang muslim atas muslim lannya ada enam, yaitu jika bertemu maka ucapkanlah salam, jika diundang maka penuhilah, jika ia meminta nasihatmu maka nasihatilah, jika ia bersin lalu mengucapkan “Alhamdulillah” maka doakanlah (dengan “Yarhamukallah”), jika ia sakit jenguklah ia, dan jika ia meninggal antarkanlah (kekubur).” (HR. Muslim).

5.  Saling mendoakan dan memohonkan ampun

Allah  I berfirman, artinya,

“Orang-orang yang datang setelah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa,“Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati-hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Mahapenyantun lagi Mahapenyayang”. (QS. Al Hasyr : 10).

Dari Ummi Darda Rasulullah r bersabda,

Doa seorang muslim kepada saudaranya tanpa sepengetahuannya mustajab disisinya. Malaikat yang menjaganya setiap dia mendoakan untuk saudanya kebaikan maka malaikat akan mengatakan amin dan bagimu yang serupa dengan itu. (HR. Muslim).

Ternyata, begitu sederhana cara untuk mendapat pahala. Dan begitu mudahnya mengamalkan ajaran Islam bagi orang-orang yang meyakini bahwa esok dia akan bertemu dengan Allah Rabbul ‘alamin sembari melihat segala perbuatan baik maupun buruk yang telah dia lakukan selama hidup di dunia. Semoga Allah mengumpulkan kita dan orang-orang yang kita cintai karena Allah di surga Firdaus al-A’laa bersama para nabi, syuhada’, shiddiqin, dan shalihin. Itulah akhir kehidupan yang paling indah.

Wallohu Waliyyut Taufiq

Loading

Tinggalkan Balasan