Senin, 30 Rabiul Awwal 1434 H (11 Februari 2013 M), masjid Al-Ihsan Kampus Ma’had ‘Aly Al-Wahdah (STIBA Makassar) kembali disesaki oleh para mahasiswa yang telah kembali dari kampung halaman mereka menyelesaikan masa liburan. 

 
Hari itu,  acara Kuliah Perdana Semester Genap Ma’had ‘Aly Al-Wahdah Tahun Ajaran 1433-1434 H akan digelar. Acara dibuka dengan tilawah al-Qur’an yang dibacakan oleh Abdullah ‘Azzam, salah seorang mahasiswa baru yang berasal dari kabupaten Sidrap, provinsi Sulawesi Selatan. Disusul kalimat pembuka dari direktur Ma’had ‘Aly Al-Wahdah Ust. Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. Arahan terakhir disampaikan oleh Ust. Muh. Ikhwan Abd. Jalil, Lc. selaku wakil ketua umum Wahdah Islamiyah.

 

 
Kuliah perdana kali ini menghadirkan Ustadz Ilham Jaya, Lc, M.Ag. sebagai pemateri. Beliau adalah mahasiswa pasca sarjana di Universitas King Saud Riyadh yang sedang menjalani masa liburannya di kota Makassar. Ust. Ilham yang juga pernah menjabat Direktur Ma’had ‘Aly al-Wahdah ini menyampaikan kuliah umum dengan tema “Agenda Seorang Penuntut Ilmu”. Dalam kuliah umum yang beliau sampaikan, beliau menekankan empat poin penting dalam menuntut ilmu; hafalan mutun ilmiah, kehadiran dalam majelis ilmu, penelaahan kitab,  dan mudzakarah serta munaqasyah di kalangan para penuntut ilmu. 

 
“Kami banyak mengambil manfaat dari apa yang disampaikan oleh ustadz, terutama point tentang hapalan mutun ilmiah dan telaah kitab. Ikhwah semakin bersemangat dalam menghapal mutun, dan ustadz juga telah membuka wawasan kami tentang cara yang lebih efisien dalam membaca dan memahami kitab-kitab para ulama kita”, komentar Muthahhir Anshar, salah seorang imam dan mahasiswa semester IV Program Bahasa Arab. 

 
Kuliah perdana kali ini memang banyak membuka mata para ikhwah, menuntut ilmu adalah hal baik namun akan menjadi luar biasa hasilnya—insya Allah—jika aktivitas yang mulia ini bisa dibarengi dengan metode yang tepat dan efisien.
 
Acara ini ditutup dengan penyampaian-penyampaian dari seluruh jajaran pimpinan  di Ma’had, disusul pembagian hadiah dan beberapa penghargaan kepada sebagian civitas akademika yang berprestasi di semester ganjil yang lalu. 

 
Mudahan-mudahan Allah memberi taufik kepada seluruh civitas akademika dan semoga acara ini menjadi pijakan awal yang baik meniti langkah dalam semester ini. (*FAL)  

Download Rekaman Kuliah Perdana Ust. Ilham Jaya, Lc. MA.

 

Loading

Tinggalkan Balasan