Pandangan adalah jendela bagi hati. Barang siapa yang mampu menjaga pandangannya, maka akan bagus hatinya. Namun, bagi yang mengumbar pandangannya, maka penyakit hati akan menggerogoti hati dan membuatnya menderita dengan segala kepayahannya.

Inilah yang banyak menyerang sebagian manusia terlebih lagi para pemuda. Mereka menganggap kehidupan di dunia itu hanya untuk kesenangan dan hura-hura. Akhirnya, banyak di antara mereka yang lalai terhadap ibadahnya, bahkan terkadang melakukan perbuatan yang dapat merusak keislamannya tanpa disadari oleh pelakunya.

Pandangan juga adalah cermin hati. Seseorang yang hatinya sakit atau bahkan mati maka pandangannya akan tidak terkontrol. Berbeda halnya dengan orang yang memiliki hati yang salim, selalu merasa diawasi oleh Allah l.

Seorang muslim sejati mestinya selalu berusaha menyucikan hatinya, salah satu caranya yaitu banyak menundukkan pandangan (ghadhdhul bashor). Pembahasan ini sangatlah penting, terlebih zaman sekarang, ketika fitnah syahwat dan syubhat telah mendominasi kehidupan manusia. Allahu Al Muwaffiq.

DEFINISI GHADHDHUL BASHAR

Ghadhdhul bashar adalah seorang muslim menundukkan pandangannya dari perkara yang haram yang tidak boleh dilihat oleh matanya. Dan seharusnya dia hanya melihat terhadap sesuatu yang dihalalkan oleh-Nya, dan apabila tidak sengaja melihat sesuatu yang haram, hendaknya segera memalingkan pandangannya. (Tafsir Ibnu Katsir 2/598, Nadhrotun Na’im 7/3071).

PANDANGAN ADALAH NIKMAT ALLAH

Sesungguhnya di antara nikmat Allah yang diberikan Allah kepada hamba-Nya adalah nikmat pandangan. Allah menggambarkan besarnya nikmat pandangan ini dalam beberapa ayat-Nya, diantaranya, “Katakanlah, “Dia-lah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati.” (Tetapi) sangat sedikit di antara kalian yang bersyukur.”(QS. Al-Mulk: 23).

Bahkan karena besarnya nikmat pandangan ini, Allah menjanjikan surga bagi orang yang kehilangan ke dua matanya lalu ia bersabar.

Rasulullah `bersabda, “Allah l berfirman (artinya), “Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan hilangnya dua kecintaannya (kedua mata) kemudian dia bersabar, maka akan Aku gantikan baginya surga.” (HR. Bukhari).

Tapi sebagian manusia tidak menggunakan nikmat ini dalam perkara yang bermanfaat dan ketakwaan kepada Allah l. Mereka tidak menggunakan mata mereka untuk membaca al-Qur’an, membaca ayat-ayat kauniyyah yang dapat menambah keimanan seorang muslim. Bahkan sebaliknya mereka menggunakan mata mereka untuk perkara-perkara yang haram seperti melihat gambar-gambar atau menonton sesuatu yang tidak pantas dilakukan oleh seorang muslim yang beriman.

Saudaraku! Setiap manusia akan ditanya oleh Allah akan nikmat pandangan ini. Sebagaimana Allah l berfirman, artinya, “Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (QS. Al-Isra’: 36).

Karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk menjaga pandangannya dan menggunakannya untuk ketaatan kepada Allah agar tidak menjadi petaka baginya.

PERINTAH MENUNDUKKAN PANDANGAN DALAM ALQUR’AN DAN HADITS

Dalil dari al-Qur’an:

 “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Mahamengetahui apa yang mereka perbuat. “Katakanlah kepada wanita beriman; “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya.” (QS: An-Nur: 30-31).

Imam ibnu Katsir t mengatakan, “Ini adalah perintah Allah kepada para hamba-Nya yang beriman agar mereka menundukkan pandangan-pandangan mereka dari perkara-perkara yang haram mereka lihat. Maka janganlah mereka melihat kecuali apa yang dibolehkan bagi mereka. Apabila seseorang tanpa sengaja melihat sesuatu yang haram maka hendaknya dia segera memalingkan pandangannya.” (Tafsir ibnu Katsir 3/282).

Imam asy-Syaukani t berkata, “Allah mengkhususkan penyebutan wanita dalam ayat ini sebagai bentuk penekanan yang kuat terhadap perintah, karena pada asalnya wanita itu sudah termasuk dalam seruan yang ditunjukkan kepada kaum lelaki sebagaimana seruan-seruan yang termaktub dalam al-Qur’an. (Fathul Qodir: 4/22).

Huruf ‘min’ dalam firman Allah lMin abshorihim” adalah bermakna sebagian. Maksudnya, seolah-olah hanya mengkhususkan perintah menundukkan pandangan dalam sebagian jenis pandangan saja, dan memutlakkan sebagian pandangan yang lain seperti melihat mahramnya atau melihat untuk suatu kebutuhan.” (Ahkam an-Nazhor hlm. 18). Wenn du dein TikTok-Konto vergrößern möchtest, gibt es keinen besseren Ort als TikTokFollowerKaufen.DE

Dalil dari sunnah:

Rasulullah `bersabda, “Waspadalah kalian terhadap duduk-duduk di pinggir jalan.”Para sahabat bertanya, “Wahai, Rasulullah! Tidaklah kami duduk-duduk kecuali hanya sekadar berbincang-bincang.” Maka Rasulullah `mengatakan, “Apabila kalian tetap ingin duduk-duduk di jalan, maka berilah jalan itu haknya.” Para sahabat bertanya kembali, “Apa haknya wahai Rasulullah?“ Rasulullah ` menjawab, “Tundukkan pandangan, tidak menggangu, menjawab salam dan amar ma’ruf nahi munkar.” (HR. Bukhari: 2333 dan Muslim: 2121).

MANFAAT MENUNDUKKAN PANDANGAN

Orang yang menjaga pandangannya, dia akan mendapat beberapa manfaat, di antaranya:

1. Kelezatan iman, orang yang meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah, maka Allah akan mengganti dengan yang lebih baik.

2. Hatinya bersinar dan bercahaya, Allah akan bukakan pintu cahaya dalam hati orang yang meninggalkan maksiat. Karena itu, Allah menyebutkan setelah ayat yang memerintahkan ghadhdhul bashar dengan firman-Nya, artinya, “Allah pemberi cahaya kepada langit dan bumi.” (QS. An-Nuur: 35).

Juga Rasulullah ` bersabda, “Jika seorang mukmin berbuat dosa, maka akan terdapat bintik hitam dalam hatinya. Jika dia bertaubat, berhenti, dan meminta ampun, maka akan bersih hatinya.” (HR. Tirmidzi: 3334, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).

3.   Terjaga dari keharaman, orang yang selalu menjaga pandangannya akan terhindar dari keharaman dan dosa sehingga menjadikan dirinya terjaga.

4.  Mencegah maraknya perzinahan dalam masyarakat. Inilah manfaat ghadhdhul bashar yang paling besar karena dapat mencegah seseorang dari perbuatan zina. Bila setiap individu masyarakat mampu menjaga dan mencegah perbuatan zina, maka akan terbangun kondisi masyarakat yang baik.

KIAT MENGATASI KEINGINAN YANG TERLINTAS KARENA PANDANGAN

Imam Ibnul Jauzi t berkata, “Apabila engkau ghadhdhul bashor ketika pertama kali melihat wanita, niscaya engkau akan selamat dari berbagai bencana. Apabila engkau mengulang melihatnya, berarti engkau telah menanamkan dalam hatimu tumbuhan yang sulit dicabut. Obatnya adalah dengan menjaga pandangan dalam kesempatan berikutnya dan tidak meneruskan pikiran yang terlintas. Tidak ada penyembuhan yang paling mujarab bagi orang yang terkena penyakit pandangan ini kecuali dengan memutus sebabnya dan selalu takut kepada Allah dan siksa-Nya. Apabila engkau mengerjakan hal ini, maka keselamatan telah dekat pada dirimu.” (Dzammul Hawa hlm. 144).

Lalu, bila ada pertanyaan bagaimana cara mengobati pikiran yang terlintas karena sebab melihat wanita? Jawabnya adalah petunjuk Nabi ` di dalam haditsnya yang bersumber dari Jabir bin Abdillah c bahwasanya Rasulullah ` suatu hari pernah melihat wanita yang menakjubkannya, maka beliau pulang dan menunaikan hajatnya kepada istrinya, Zainab I. Setelah itu, beliau bersabda kepada para sahabatnya F, “Sesungguhnya wanita datang dan pergi seperti dalam bentuk setan. Apabila seseorang melihat wanita yang menakjubkannya maka hendaklah dia menemui istrinya. Karena hal itu dapat menolak apa yang terlintas dari dalam dirinya.” (HR. Muslim: 1403).

Bagaimana jika belum memiliki istri? Hendaknya dia menjaga pergaulan dan memperbanyak puasa sunnah serta menyibukkan diri untuk kebaikan dunia dan akhiratnya.

Demikianlah ulasan singkat seputar ghadhdhul bashar. Cukuplah sebagai peringatan, semoga Allah selalu menjaga pandangan kita pada ketaatan dan memalingkannya dari pandangan yang diharamkan. Amiin .

?Alif Jumai Rajab

Loading

Tinggalkan Balasan