Penyerahan Cinderatamata oleh Ketua STIBA Makassar kepada Perwakilan Kabid Kesehatan Kab. Maros
Penyerahan Cinderatamata oleh Ketua STIBA kepada Perwakilan Kabid Kesehatan Kab. Maros

Hari sabtu, 19 Muharram 1435 H / 23 November 2013 M merupakan hari yang bersejarah bagi kampus STIBA Makassar, pasalnya sebuah bangunan baru telah diresmikan pemanfaatnnya yaitu Klinik STIBA.

Acara Peresmian Klinik STIBA tersebut berlangsung khidmat yang dihadiri oleh Bapak  Agus Hamang, S.K.M.,M.Kes. mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Maros dan beberapa dokter simpatisan yang telah diundang sebelumnya. Walaupun secara geografis kampus STIBA masih terletak di kota Makassar, namun kliniknya telah berdiri di lahan pemerintah kab. Maros sehingga secara administratif klinik STIBA masuk di bawah kordinasi Dinas Kesehatan Kab. Maros.

Dalam sambutannya, Ketua STIBA Makassar menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para panitia penyelenggara dan seluruh unsur yang terlibat di dalamnya terkhusus kepada bapak drg. Kamaruddin Wahab selaku Penanggung Jawab Klinik yang telah di-SK-kan secara resmi beberapa hari sebelumnya.

Sambutan kedua disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Wahdah Islamiyah Muh. Ikwah Abdul Jalil, Lc. Beliau menyampaikan bahwa selain Kesehatan Ruhani yang digalakkan selama ini di kampus STIBA berupa ilmu-ilmu syar’i dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, juga harus diimbangi dengan kesehatan jasmani yang untuk merealisasikannya diambil langkah untuk membuat klinik pelayanan kesehatan bagi mahasiswa STIBA pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Sambutan terakhir oleh Bapak Agus Hamang, S.K.M.,M.Kes. mewakili Kadis Kesehatan Kab. Maros mengatakan bahwa ada tiga hal yang beliau dapatkan pada kunjungan beliau yang kedua di kampus STIBA ini: Pertama, pemberlakuan bahasa arab bagi mahasiswa di wilayah kampus STIBA; kedua, Pembangunan Klinik; Ketiga, kepedulian terhadap lingkungan dengan banyaknya pohon-pohon hijau yang tumbuh dengan lebat dan rindang, dan ini menjadi nilai plus dan daya tarik tersendiri untuk sebuah institusi pendidikan.

Beliau juga menambahkan bahwa tersedianya klinik di sebuah kampus dapat menjadi nilai tambah dalam proses visitasi untuk akreditasi sebuah Perguruan Tinggi kedepannya dan juga sangat relevan dengan berlakunya sistem jaminan kesehatan nasional. Di akhir sambutannya beliau membuka pemanfaatan klinik STIBA secara resmi.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Cek Kesehatan seluruh mahasiswa STIBA dan beberapa masyarakat dan tokoh masyarakat yang hadir.

“Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala tidaklah menurunkan sebuah penyakit melainkan menurunkan pula obatnya. Obat itu diketahui oleh orang yang bisa mengetahuinya dan tidak diketahui oleh orang yang tidak bisa mengetahuinya” pesan Ketua STIBA mengutip hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dari sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. (IA)

Loading

Tinggalkan Balasan