altAnpD3MT5B53VJC0SdosXmW5oGFxUSj8BhqU2p2gD5e8oStiba.net : Jumat, 14 Rabiul Akhir 1435 H/14 Februari 2014 M, masih dalam rangkaian kuliah perdana semester Genap Tahun Ajaran 1434 H—1435 H/2013—2014 M, STIBA Makassar menghadirkan Ustadz Budi Ashari, Lc. sebagai narasumber. Ustadz Budi Ashari adalah salah seorang pakar sejarah Islam dan pendidikan yang wajahnya kerap menghiasi layar televisi dalam acara “Khalifah” di Trans 7.

Dalam kuliah umum di Masjid Kampus STIBA Makassar kali ini, Ustadz Budi menguraikan posisi ilmu dengan mengaitkannya dengan sirah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam maupun sahabat radhiyallahu ‘anhum. Beliau menyebutkan bahwa ada dua kondisi yang menunjukkan bagaimana posisi seorang ahli ilmu.

Pertama, ahli ilmu (ulama) yang tinggal dan menetap di suatu tempat untuk menasihati kaum muslimin dan para mujahid jika kembali dari medan jihad. Kisah ini terjadi pada pengutusan pasukan Usamah oleh Khalifah Abu Bakar radhiyallahu anhu. Ketika itu, Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu meminta kepada Usama bin Zaid radhiyallahu anhuma agar mengizinkan Umar bin Khaththab radhiyallahu anhu untuk tinggal di Madinah menemaninya menjalankan pemerintahan. Saat itu, Umar diangkat sebagai seorang qadhi (hakim).

Lebih jauh tentang kisah pengutusan pasukan Usamah bin Zaid, Ust. Budi menyebutkan beberapa hikmah dan keberkahan dari pasukan ini.

Kedua, ahli ilmu yang mengadakan rihlah untuk mencari ilmu. Saat pulang dari menuntut ilmu, mereka memberi peringatan kepada kaum muslimin, termasuk para mujahidin. Sebagaimana disebutkan dalam salah satu riwayat.

Salah satu lulusan terbaik dengan predikat cumlaude dari Fakultas Hadits dan Studi Islam di Universitas Islam Madinah ini banyak memberi motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi para ahli ilmu, sebab merekalah para tokoh di balik kebangkitan suatu bangsa. Beliau mencontohkan beberapa ahlu ilmu, seperti tiga ulama Andalus/Spanyol yang mampu membangkitkan Andalus pada kebangkitan keduanya yaitu Imam Ibnu Abdil Barr, Imam Ibnu Hazm, dan Imam Abul Walid al-Baaji rahimahumullah.

“Baca biografi para ahli ilmu, agar Antum tahu bagaimana mereka belajar, dan dari mana mereka mulai belajar,” ujarnya.

Adapun untuk sirah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, ayah tiga anak ini merekomendasikan kitab ar-Rahiiq al-Makhtuum karya Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfury rahimahullah.

Pada bagian terakhir dari kuliah umum ini, Ustadz Budi Ashari menutup kuliahnya dengan dua nasihat untuk para mahasiswa:

Pertama, belajar adab sebelum belajar Islam, sebagaimana dikatakan oleh Abdullah bin Mubarak bahwa adab adalah 2/3 bagian dari ilmu. Yang sangat bertentangan dengan hal ini adalah kegiatan Ospek yang diadakan di beberapa kampus untuk menyambut para mahasiswa baru. Ospek adalah bentuk penghinaan terhadap para penuntut ilmu. Sejatinya, ospek adalah ajang untuk memperkenalkan kepada para mahasiswa baru bagaimana adab-adab yang baik seorang penuntut ilmu.

Kedua, kepakaran dalam salah satu bidang ilmu, bukan sekadar wawasan, tapi perlu mengakar dan kokoh.

“Pelajarilah salah satu cabang ilmu sampai benar-benar mendalam. Belajar di kelas pasti tidak cukup. Mulailah dari ilmu yang Antum suka. Apa kecenderungan Antum, maka dalami itu. Adapun untuk cabang ilmu lainnya juga tetap dipelajari dan tidak diabaikan.”

Beliau mengarahkan agar para mahasiswa membuat target , “Belajarlah salah satu ilmu dengan mendalam, hingga Anda menjadi salah satu referensi utama di Indonesia.”

Sebelum menjadi narasumber kuliah umum di STIBA pada Jumat pagi, Ustadz Budi sempat membawakan taklim rutin di Masjid Umar bin Khattab DPP Wahdah Islamiyah. Taklim rutin ini diadakan setiap malam Jumat dan diisi oleh Ketua STIBA Makassar, Ustadz Muhammad Yusran Anshar. Di masjid ini pula Ustadz Budi dijadwalkan mengisi khotbah Jumat. [SQ]

Loading

1 thought on “Kuliah Umum Bersama Ustadz Budi Ashari, Lc.

Tinggalkan Balasan