porsani bukGerimis yang membasahi sebagian wilayah Kota Makassar ternyata tak menyurutkan antusias segenap sivitas akademika STIBA untuk memeriahkan pembukaan PORSANI VIII. Pembukaan yang berlangsung usai shalat Ashar ini dibuka dengan pembacaan Kalamullah oleh al-Akh Idris, salah seorang mahasiswa I’dad Lughawi.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana al-Akh Harismunandar Hamka menyebutkan bahwa PORSANI kali ini diadakan dalam rangka lebih meningkatkan ukhuwah antara sesama mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen.

Sementara Ketua STIBA, Ustadz Muhammad Yusran Anshar dalam sambutannya menyebutkan tiga poin:

Pertama, firman Allah subhanahu wata’ala (artinya), “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat: 56).
“Tujuan hidup kita adalah ibadah,  setiap gerak-gerik kita dan setiap waktu yang kita lewati di dunia ini haruslah bernilai ibadah. Jangankan dua pekan yang akan kita lewati dalam kegiatan PORSANI, bahkan setiap detik dan setiap menit yang kita lewati harus benilai ibadah,” ungkap Ustadz Yusran memulai sambutannya.

“Makanya ikhwah  sekalian, di pembukaan ini kami ingatkan kepada seluruh dosen, pengelola, dan seluruh mahasiswa, mari kita niatkan apa yang kita lakukan ini adalah ibadah kepada Allah Subhanahu wata’ala. Dan tujuan ibadah adalah untuk mencapai ketakwaan yang merupakan modal utama untuk masuk surga Allah Subhanahu wata’ala, karenanya Allah mengatakan, (artinya),

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 21).

Kita beribadah untuk bisa bertakwa, dan untuk bertakwa tidak mudah.  Kita harus mencari berbagai wasilah.

Allah subhanahu wata’ala mengatakan (artinya),

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah: 35).

Wasaa`il untuk meningkatkan ketakwaan itu perlu kita cari dan tentu saja wasaa`il syar’iyyah. Dan di antara wasaa`il yang kita pahami adalah kegiatan yang seperti ini. Kegiatan ini bisa kita jadikan wasilah dan sarana untuk kita bertakwa kepada Allah ketika kita niatkan untuk ibadah dan tentu saja dengan menjalankan contoh-contoh atau kaedah-kaedah yang diajarkan dalam syari’at ini.”

Hal yang kedua yang dipaparkan oleh Ketua STIBA Makassar adalah tentang syiar yang dijadikan tagline oleh panpel.

وَأَعِدُّواْ لَهُم مَّا اسْتَطَعْتُم مِّن قُوَّةٍ

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi.” (QS. Al-Anfal: 60).

“Ayat ini sangat jelas bagi kita bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala menyuruh kita untuk mempersiapkan segala kekuatan untuk menghadapi musuh-musuh Islam. Dari sini kita istisy’aar bahwasanya ada tujuan utama dari kegiatan kita ini, dan sekaligus menunjukkan kesadaran para ikhwah bahwa kita ini sedang menghadapi suatu tantangan yang berat. Umat Islam hari ini dan sejak dulu hingga Hari Kiamat akan senantiasa berhadapan dengan ahlul batil. Dan itulah kehidupan, ashshiraa’ bainal haqqi wal baatil daa`im ilaa yaumil qiyaamah, aljihaadu maadin ilaa qiyaamissa’ah.

Maka kita perlu mempersiapkan berbagai macam kekuatan. Dan inilah di antara wasilah itu. Walaupun para ahli tafsir ketika menafsirkan ayat ini semuanya atau kebanyakan menukil ‘atsar yang shahih dari Nabi Shallahu ‘alaihi wasallam mengatakan, “Alaa innal Quwwah Arromyu”, sesungguhnya kekuatan yang dimaksudkan adalah kekuatan melempar. Ulama kita menyebutkan bahwa tafsiran yang seperti ini bukan pembatasan. Dia mirip dengan sabda Nabi Shallahu ‘alaihi wasallam “Alhajju ‘Arofah” atau yang semacamnya.

Tapi ‘ala kulli haal menunjukkan bahwa kekuatan yang sangat penting untuk menghadapi mereka adalah kekuatan melempar. Makanya, sangat tepat bahwa dalam PORSANI ini ada lomba memanah.”

Kekuatan fisik sangat kita butuhkan, “Almu’min alqowiyyu khairun wa ahabbu ilallah min almu’min addho’if”.

Sebagian Ulama memang membatasi makna hadits ini, bahwasanya yang mereka maksudkan adalah quwwatul iman. Namun lagi-lagi kita katakan mungkin pendapat yang lebih tepat sebagaimana yang dikatakan oleh Imam An-Nawawi, Syaikh Sindi, dan yang lainnya, bahwasanya kekuatan yang dimaksud adalah kekuatan secara umum. Kekuatan Iman sangat kita butuhkan, kekuatan fisik sangat kita butuhkan, dan kekuatan Ilmiah sangat kita butuhkan. Dengannya, tarbiyah tsaqofiyyah, tarbiyah jasadiyah, dan tarbiyah ruhiyah ini senantiasa kita galakkan di tempat kita ini dan acara-acara serta loma-lomba yang kita adakan juga semuanya mencakup tiga hal ini,” jelas dosen mata kuliah hadits di Medinah International University (MEDIU) ini panjang lebar.

Kemudian hal ketiga dan yang terakhir yang beliau sampaikan dalam sambutannya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala “Qul hal yastawilladziina ya’lamuuna walladziina laa ya’lamuun”, katakanlah apakah sama orang yang berilmu dan orang yang tidak berilmui?

“Pertanyaan dari Allah yang Allah tidak jawab tapi semua sudah tau jawabannya. Allah mengingatkan kita bahwa tidak sama orang yang berilmu dan orang yang tidak berilmu.

Dengannya, kita selalu ingatkan bahwa kita harus berbeda dengan orang-orang yang belum belajar ilmu syar’i. Untuk menunjukkan bahwasanya kita adalah hamalatul ‘ilm, kita memikul warisan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia sehingga berbeda dengan mereka.

Ibnu Umar pernah ditanya, “Apakah para sahabat biasa tertawa?” Ibnu Umar menjawab, “Ya, tapi iman mereka laksana gunung.” Iman sahabat sekokoh gunung, tak lalai dengan adanya canda tawa di antara mereka.

Karena itu, olahraga dan kegiatan-kegiatan lainnya tidak boleh melalaikan kita dari beridah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Di samping itu, kita pun harus berbeda dalam hal penampilan kita, baik kostum maupun bagaimana berekspresi terhadap gol-gol maupun peristiwa-peristiwa seru lainnya yang terjadi di lapangan,” ungkapnya menutup sambutannya.

Usai seremoni pembukaan, dilanjutkan dengan duel Klub Pengelola dengan Kesebelasan. Hingga wasit meniup sumpritan tanda pertandingan usai, kedudukan masih 3-2 untuk kesebelasan dosen. (sq)

porsani rah

 

Loading

Tinggalkan Balasan