altAnpD3MT5B53VJC0SdosXmW5oGFxUSj8BhqU2p2gD5e8o[stiba.net] : Seperti sudah jadi kebiasaan, setiap kali Makassar kedatangan ulama-ulama asal Timur Tengah maka mereka akan menyempatkan diri untuk berkunjung ke kampus STIBA Makassar. Meskipun pada umumnya kehadiran mereka di Makassar memang dalam rangka kunjungan ke STIBA. Seperti baru-baru ini, STIBA kembali mendapat kehormatan dengan hadirnya salah seorang ulama besar Saudi Arabia. Beliau adalah Syaikh Dr. Khalid bin Utsman as-Sabt—hafizhahullah, penulis kitab Qawaid at-Tafsir.

Kehadiran Syaikh di kampus STIBA khusus untuk mengisi khotbah Jumat. Dalam khotbah singkatnya, Syaikh menguraikan tentang hakekat keislaman yaitu berserah diri kepada Allah.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18).

Dalam ayat ini Allah memerintahkan setiap insan untuk bermuhasabah, apa yang telah mereka persiapkan untuk akhirat mereka, sebab akhirat itu dekat. Karenanya, Allah ‘Azza wa Jalla mengungkapkan dengan satu kata “ghad” yang berarti besok. Kehidupan di dunia ini singkat walaupun hari-harinya terasa panjang, namun sebenarnya hari-hari itu berlalu dengan cepat.

Ketika Ashhabul Kahfi yang Allah jadikan mereka tertidur selama 309 tahun ditanya, “Sudah berapa lamakah kamu berada (di sini)?”, mereka berkata, “Kami hidup hanya sehari atau dua hari.” Padahal mereka telah menghabiskan hari-hari yang sangat panjang saat mereka tidur.

Sementara ketika kelak manusia berdiri di hadapan Allah, “Ketika berkata orang yang paling lurus jalannya di antara mereka, “Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sehari saja”. (QS. Thaha: 104).

Seseorang akan menyadari bahwa hari-hari yang telah mereka lalui, bulan demi bulan, bahkan tahun demi tahun seolah terasa hanya sehari saja. Maka demikian pula halnya dengan setiap cobaan, musibah, perasaan letih dan lelah semuanya akan berlalu dengan cepat. Kehidupan seluruhnya seolah hanya membutuhkan kesabaran selama sejam saja.

Nikmat yang dirasakan oleh pelaku-pelaku maksiat saat melakukan dosa sangatlah sedikit dan akan segera berlalu. Ia seperti yang dikatakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, “Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. (QS. Al-Kahfi: 45).

Angin yang datang dan menyapu tumbuh-tumbuhan itu seolah menjadikannya tidak pernah tumbuh, rindang, hijau, dan menghasilkan buah. Demikian pulalah ketika seseorang beramal dengan amal shaleh. Ketika seseorang merasa berat untuk mengerjakan amal shaleh, maka ketika ia bersabar sedikit saja, maka seluruh kesulitan, musibah, dan persoalan-persoalan akan berlalu dengan segera, meninggalkan pahala yang kekal.

Karena itu, Syaikh menasihatkan kepada seluruh jamaah agar bersabar dalam mengerjakan amal-amal saleh.

Usai melaksanakan shalat Jumat, Syaikh lanjutkan dengan muhadharah singkat sebelum bertolak bersama rombongan menuju Gedung LAN Antang untuk melanjutkan daurah syar’iyah yang diikuti oleh seluruh dosen dan alumni STIBA.

Sabtu malam, Syaikh mengisi taklim malam Ahad di masjid al-Markaz al-Islami Makassar dan diterjemahkan oleh Ustadz Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc., M.A. [sq]

Situs resmi Syaikh Khalid as-Sabt: http://www.khaledalsabt.com/

 

Loading

Tinggalkan Balasan