إِنَا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَakhwat1

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa al-Qur’an dengan berbahasa arab agar kamu memahaminya.”

Tidak diragukan lagi, memang sepantasnya seseorang muslim mencintai ” Bahasa Arab” dan berusaha menguasainya. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah—rahimahullah—berkata, “Memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu wajib, dan tidaklah seseorang bisa memahami keduanya kecuali dengan bahasa Arab, maka hukum memahami bahasa Arab pun menjadi wajib”.

Demi memahamkan dan membumikan bahasa Arab di kalangan masyarakat maka Departemen Diklat yang berada di bawah naungan BEM Putri STIBA Makassar membuat program kerja “Daurah Tazwidiyah (DT)” bagi calon pengajar. Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi wasilah  pembekalan mengenai metode pembelajaran  yang tepat bagi mahasiswi yang akan mengajarkan bahasa Arab kepada masyarakat.

Hamdan lillah,  kegiatan tersebut telah terealisasi pada Selasa, 2 Jumadal Ula 1435 atau bertepatan dengan 04 Maret 2014 di kampus STIBA Putri Makassar yang dihadiri oleh 32 calon pengajar. Adapun yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut adalah Kepala Bagian Keputrian STIBA Makassar, Ustadzah Armida Abdurrahman, Lc.

Selain sebagai sarana untuk menjelaskan program kerja dari Dept. Diklat BEM Putri STIBA Makassar, dalam kegiatan ini juga diterbitkan buku ”كِتَابُ تَعْلِيْمِ الُّلغَةِ اْلعَرَبِيَّةِ”  yang akan menjadi panduan untuk para pengajar nantinya.

Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan kepada calon mudarrisah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh seorang pengajar. Beliau juga mengingatkan bahwa ada 4 hal mendasar yang harus dicapai oleh para peserta (mad’u/darisah) dalam pembelajaran bahasa Arab ini, yakni :

1.السماعة (Mendengar)

2. التحدث ( Berbicara)

3.القراءة ( Membaca)

4. الكتابة(Menulis)

Setelah pemaparan materi, kegiatan kemudian diakhiri dengan praktik pengajaran yang bertujuan meningkatkan keterampilan dalam mengajar atau latihan mengelola kelas dalam belajar mengajar. Semoga follow up dari kegiatan ini segera terwujud. Amin. (*)

Loading

Tinggalkan Balasan