17 Hari

Salah satu kegiatan yang boleh dikatakan telah menjadi branding STIBA Makassar pada bulan Ramadhan adalah 17 Hari Menghafal al-Qur’an. Ramadhan 1435 H kali ini, agenda rutin ini telah memasuki tahun ke-5.

Ahad, 1 Ramadhan 1435 H, Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. selaku pejabat Ketua STIBA Makassar secara resmi membuka kegiatan yang diikuti lebih dari 50 peserta laki-laki dan 200 perempuan dari berbagai daerah di pelosok negeri ini.

Dalam sambutannya, Ketua STIBA menyampaikan bahwa 17 Hari Menghafal al-Qur’an telah memberikan inspirasi banyak kalangan untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang serupa. Meskipun dari segi target dan pencapaian bisa jadi mereka kemudian lebih baik, namun sebagaimana yang dikatakan dalam sebuah kata pepatah Arab,

الفضل للمبتدئ وإن أحسن المقتدي

Orang yang memelopori kebaikan akan senantiasa mendapatkan pahala dari kebaikan yang dipeloporinya walaupun orang yang mengikutinya lebih baik dari apa yang ia mulai.

Ketua STIBA menyampaikan harapannya agar kegiatan ini ada peningkatan dari tahun ke tahun, baik dari jumlah peserta maupun target hafalan.

Menurut Ustadz Yusran, menghafal al-Qur’an dan menyibukkan diri dengan al-Qur’an pada bulan Ramadhan adalah suatu keniscayaan. Bahkan agenda dan kesibukan-kesibukan lainnya yang baik sekalipun sebaiknya ditunda untuk lebih fokus dengan al-Qur’an.

Malaikat Jibril ‘alaihissalam dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam saling belajar al-Qur’an pada setiap malam hari di bulan Ramadhan. Sehingga karena alasan itulah, beberapa ulama berpendapat bahwa waktu pagi dan siang hari sebaiknya digunakan untuk membaca al-Qur’an, sementara pada malam hari dimanfaatkan untuk belajar al-Qur’an baik menghafal, mengulangi hafalan maupun tadabbur.

“Namun karena kondisi yang belum memungkinkan, kegiatan 17 Hari Menghafal al-Qur’an ini belum bisa dilaksanakan pada malam hari,” ucapnya.

Panitia dan muhaffizh (pembimbing hafalan) dalam kegiatan ini adalah para mahasiswa dari Universitas Madinah dan Universitas Qasim Saudi Arabia yang sedang liburan di tanah air.

Loading

Tinggalkan Balasan