: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

OSPEK vs Daurah Orientasi

daurah maba

Pasca pengumuman dan pendaftaran ulang mahasiswa baru, prosesi selanjutnya yang lazimnya dilakoni para maba di perguruan-perguruan tinggi adalah OSPEK. OSPEK hampir selalu identik dengan kekerasan dan pelecehan pihak mahasiswa senior kepada para junior. Ironisnya, kegiatan semacam ini dianggap wajar bahkan dilegalkan oleh pihak institusi perguruan tinggi. Meskipun dengan menetapkan beberapa syarat yang pada akhirnya dilanggar oleh para mahasiswa penyelenggara OSPEK. Maka tak jarang kita mendengar beberapa korban meninggal berjatuhan dalam masa orientasi ini.

Jika perguruan-perguruan tinggi di tanah air mengenal OSPEK untuk para maba, maka di STIBA Makassar ada Daurah Orientasi. Tak ada kekerasan dan pelecehan. Sebaliknya, para maba justru disuguhi tema-tema seputar ilmu keislaman layaknya pesantren kilat. Pada masa daurah ini pula, para maba diberikan wawasan seputar kampus sehingga mereka memiliki gambaran tentang apa dan bagaimana menjadi mahasiswa di STIBA Makassar.

Daurah Orientasi Mahasiswa Baru untuk semester Ganjil T.A. 1435—1436 H/2014—2015 M ini berlangsung selama lima hari, yaitu dari tanggal 01—05 Dzulqa’dah 1435 H/26—30 Agustus 2014 M. Kegiatan ini digelar di masjid Kampus STIBA Makassar dan dibuka secara resmi oleh Sekjen DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Ir. Iskandar Kato, M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image