Qasim 1

Setelah melewati beberapa tahapan tes, mulai dari seleksi berkas, tes tulisan, wawancara, hingga uji hafalan al-Qur’an, akhirnya sembilan orang alumni STIBA Makassar yang saat ini tengah melanjutkan studinya di Saudi Arabia dinyatakan lulus pada program pasca sarjana Universitas Islam Madinah. Kesembilan orang tersebut adalah:

  1. Muhammad Basran Yusuf, Lc., M.A. (S3 Tafsir).
  2. Rustam Koly, Lc. M.A. (S3 I’dad Mu’allimi al-Lughah).
  3. Marzuki Umar, Lc. (S2 Tarikh Islam).
  4. Muhammad Shiddiq, Lc. (S2 Iqtishad Islami).
  5. Abdurrobbani (S2 I’dad Mu’allimi al-Lughah).
  6. Rahmat Badani, Lc. (S2 Fiqh Sunnah)
  7. Sayyid Tashdyq, Lc. (S2 Dakwah)
  8. Ahmad Amunir, Lc. (S2 Tarbiyah)

Saat ini, sebanyak 53 orang alumni STIBA Makassar sedang menempuh pendidikan baik S1, S2, maupun S3 di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Saudi Arabia. 32 orang tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Islam Madinah dan 16 orang di Universitas Qassim. Selebihnya tersebar di beberapa institusi pendidikan di kota Riyadh maupun Makkah. Enam orang yang dinyatakan lulus tahun ini dan masih menunggu keberangkatan ke Madinah belum termasuk dalam angka di atas.

Peluang melanjutkan studi ke Timur Tengah memang terbuka lebar untuk para mahasiswa STIBA Makassar. Sehingga ada saja mahasiswa yang pada awalnya hanya ingin menjadikan STIBA sebagai batu loncatan untuk studi ke Timur Tengah. Meskipun di tengah jalan menuntut ilmu di STIBA itu niat mereka berubah. Buktinya, sebagian mahasiswa ketika ditanya perasaannya untuk lanjut studi ke Timur Tengah, jawabannya, “Saya masih ingin berlama-lama di STIBA.”

Sebaliknya, mahasiswa yang telah mengenyam pendidikan di Timur Tengah pun tak pernah melupakan kampus mereka yang lama. Perasaan rindu ingin kembali ke STIBA bertemu para dosen dan rekan-rekan mahasiswanya pun selalu ada. Tak heran bila sebagian besar dari mereka yang telah menyelesaikan studinya memilih kembali ke STIBA untuk menjadi tenaga pengajar.

IMG-20150210-WA0032

Foto: Suasana belajar  salah satu kelas di Universitas Islam Madinah

qasim 2

Foto: Salah seorang alumni STIBA sedang berdialog dengan dosennya di salah satu kelas di Universitas Qassim KSA.

Loading

2 thoughts on “53 Alumni STIBA Saat Ini Melanjutkan Studi di Saudi

Tinggalkan Balasan