Transkrip Taklim Hadits Pekanan Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A.

(Setiap Rabu Bakda Ashar di Kampus STIBA Makassar)

Dari Kitab al-I’tisham Shahih Bukhari

Hadits 7282 

 

قالَ الإمام البخاريُّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالى حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ الْأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ هَمَّامٍ، عَنْ حُذَيْفَةَ -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ-، قَالَ: يَا مَعْشَرَ الْقُرَّاءِ! اِسْتَقِيمُوا فَقَدْ سَبَقْتُمْ سَبْقًا بَعِيدًا، فَإِنْ أَخَذْتُمْ يَمِينًا وَشِمَالًا لَقَدْ ضَلَلْتُمْ ضَلَالًا بَعِيدًا

“Khuzaifah bin Yaman mengatakan, “Wahai golongan para qurro’ hendaknya kalian beristiqomah. Sungguh kalian telah mendahului dengan jarak yang sangat jauh, akan tetapi jika kalian mengambil bagian kanan dan bagian yang kiri, niscaya kalian sesat dengan kesesatan yang nyata”.

Hadits ini adalah hadits mauquf atsar dari Khudzaifah radiyallahuanhu.

SANAD HADITS

Abu Nuaim : Fadl bin Dukhaim

Sufyan : Sufyan bin Sa’id ats-Tsauriy

Al-A’masy : Sulaiman bin Mihron

Ibrahim : An-Nakha’i

Hammam: Hammam bin Al-Harits

Khuzaifah : Khuzaifah bin Yaman sahabat yang mulia, dan penyimpan rahasia dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

PENJELASAN HADITS

Beliau memberikan nasihat kepada orang-orang yang ada di zamannya, beliau mengatakan,

يا معشر القراء

معشر   : artinya kumpulan manusia yang satu propesi atau yang setingkat, entah dari sisi ilmu maupun dari sisi pekerjaan atau dari sisi umur, dan seterusnya. Makanya kadang dikatakan يا معشر الشباب ini dari sisi umurnya, atau dari sisi tingkatan keilmuan atau profesinya seperti نحن معشر الأنبياءkami adalah golongan para Nabi dan kami diperintahkan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri pada waktu sholat.”

   القراء : Jamak dari القارئ (pembaca). Dan maknanya di sini adalah ulama secara umum, yaitu para ulama yang menguasai al-Quran dan as-Sunnah. Bukan qurro’ dikhususkan untuk makna qori’, artinya pembaca atau penghafal al-Qur’an. Dulu mereka memanggil bukan dengan panggilan ulama, kebanyakan mereka istilahkan al-qurro’. Walaupun tentunya qurro’ ini idealnya dan itulah yang ada pada zaman  mereka adalah mereka  yang menguasai Al-quran dan As-sunnah secara bersama, sehingga kita tahu bahwa sababun nuzul qunut nazilah ketika banyak yang terbunuh dari kalangan penghafal Al-qur’an dan juga sababun nuzul ayat ini:

قُلْ أَبِاللَّهِ وَآَيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu telah kafir sesudah beriman.” (QS. At-Taubah: 65-66).

 

Sababun nuzulnya adalah para munafiqin duduk-duduk sambil menghina para ulama dangan mengatakan “kami tidak melihat yang paling memikirkan persoalan perut kecuali mereka para qurro’ dan paling penakut ketika bertemu musuh melebihi para qurro’ itu.” Yang mereka maksudkan qurro’ adalah para ulama, makanya ketika sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam turunlah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menjelaskan kekafiran mereka itu. Lalu setelah turun ayat itu, mereka minta maaf lalu maengatakan bahwa kami cuma main-main saja itu hanya pembicaraan-pembicaraan untuk mengisi kekekosongan, lalu Allah mengatakan, “Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu telah kafir sesudah beriman.”

Tidak usah minta maaf, tidak ada lagi maaf bagi kalian yang  mempermainkan dan memperolok-olok persoalan firman Allah dan hadit-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Syahidnya  di situ mereka menyebut para ulama sebagai qurro’.

Dan ini juga sebagai bukti dan ini sudah dijelaskan oleh para ulama kita bahwa qurro’ adalah mereka yang menguasai Al-qur’an dan As-sunnah, makanya Allah mengatakan بل هو أيات بينات قى صدور الذين أوتوا العلم   “Bahkan itulah al-quran  isinya ayat-ayat yang jelas di mana ayat-ayat tersebut adanya di dada orang-orang yang berilmu“.

Jadi para ulama , mereka itulah yang menguasai Al-Qur’an dan berada di dada dada mereka, mereka menghafalkannya. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan dalam riwayat Muslim yang terkenal يؤم القوم اقرؤهم لكتاب الله

“Yang memimpin jama’ah sholat adalah yang paling hafal Al-quran”.

فإن كانوا فى القراءة سواء فأعلمهم بالسنة  “Kalau hafalan mereka sama maka yang paling tahu tentang sunnah”. Berarti qurro’ adalah yang menguasai kedua-duanya, dan inilah syarat terpenting untuk dikatakan sebagai ulama. Syahidnya di sini يا معشر القراء  “Wahai para ulama”, nasihat dari Khuzaifah, tentunya ini adalah nasihat secara umum, tapi ini hal yang paling penting diperhatikan oleh para ulama dan jangan sampai diabaikan. Jika ulama sudah mengabaikannya, lalu bagaimana lagi dengan para awwam.

Kata beliau استقيموا  “tetaplah kalian istiqomah”.

Perintah istiqomah diperintahkan juga oleh para ulama, dan ini juga perintah untuk Nabi kita فاستقم كما أمرت ini adalah perintah Allah kepada Nabinya shallallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana perkataaan Abu bakar شبت يا رسول الله

“Engkau telah beruban ya Rasulallah”.

Rasulullah sampai wafat cuma memiliki beberapa uban, tapi adanya uban beliau menarik perhatian Abu Bakar Ash-siddiq, Rasulullahpun mengatakan “aku telah dibuat beruban oleh surah Hud”.

Sebagian ahli tafsir mengatakan karena dalam surah Hud ada perintah “berstiqomalah sebagaimana yang diperintahkan kepadamu”. Ternyata perintah istiqomah menjadi beban pemikiran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, karena istiqomah itu tidak mudah. Perintah ini senantiasa terngiang-ngiang di telinga Rasulullah sampai beliau menjadikan ini hal yang selalu beliau pikirkan sampai beliau beruban. Istiqomah artinya tetap berada dalam jalan yang lurus.

فقد سبقتم سبقا بعيدا  sebagian menuliskan فقد سُبقتم سبقا بعيدا , dan ini kurang tepat, karena artinya kalian telah ketinggalan. Padahal bukan demikian maksudnya, karena ulama tetap yang paling terdepan. Beliau mengatakan فقد سبقتمkalian tetap terdepan”سبقا بعيدjauh jarak kalian di antara yang lainnya”. Itu ketika mereka istiqomah, demikianlah maksudnya.

فإن أخذتم يمينا و شمالا  Tapi kalau kalian mengambil kanan dan kiri…” Tidak tegar, tidak teguh atau tidak konsisiten maka:

لقد ضللتم ضلالا بعيدا  maka sungguh kalian telah sesat dengan kesesatan yang nyata”. Kalian akan ketinggalan dan akan tersesat, kenapa bisa ketinggalan? Kalau orang berjalan pada jalanan yang lurus maka akan mudah sampainya, tapi kalau orang banyak liku-likunya maka entah ia nanti akan tesesat tidak tahu cara kembali atau dia akan memperpanjang jarak atau memperlama waktu untuk menempuh satu perjalanan. Dan inilah yang disebutkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qur’an di akhir dari wasiat yang 10, ada yang disebut dengan  الوصايا العشر  “ 10 wasiat dalam Al-quran surah al-An’am mulai ayat 151-153 yang disebutkan oleh Abdullah bin Mas’ud. Wasiat yang paling terakhir adalah,

وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam riwayat Imam Ahmad dari Abdullah bin Mas’ud dan juga diriwayatkan oleh ashhabussunan menjelaskan ayat ini, bahwa Rasulullah duduk bersama para sahabatnya di tanah lalu beliau membuat sebuah garis yang lurus dan beliau mengatakan  وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه  “Ini adalah jalan yang lurus ikutilah dia”, lalu beliau membuat garis-garis yang lain yang bercabang-cabang begitu banyak, di kanan dan di kiri dan beliau membaca ayat tadi ولا تتبعوا السبل “Dan janganlah engkau mengikuti jalan-jalan yang banyak”, makanya ulama kita mengatakan الحق واحد لا يتعد  “Kebenaran cuma satu dan tidak terbilang”. Dan ini prinsip, makanya Allah mengatakan

اللهُ وَلِيُّ الَّذِينَ ءَامَنُوا يُخْرِجُهُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَوْلِيَآؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُم مِّنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ

“Allah Pelindung orang-orang yang beriman, Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (Iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah setan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran).” (QS. al-Baqarah: 257).

Ketika berbicara tentang cahaya/kebenaran Allah menyebut sebagai an-nur cahaya yang satu, ketika menyebutkan tentang kegelapan dan kesesatan, Allah menyebutkan secara jamak, karena kesesatan sangat banyak dan kebenaran cuma satu. السبيل واحد و السبل كثيرة و هي متفرقة  dia berbilang-bilang dan akan terus berbilang, atau akan terus bercabang. Makanya apa saja kesesatan, bid’ah dulu dimulai dengan bid’ah Khowarij dan bid’ah Khawarij kembali bersekte sekte, lalu muncul lagi Qadariyyah, Jahmiyyah dan seterusnya. Kebenaran cuma satu, maka dari itu jangan kita menengok kiri dan kanan, terus tekuni, telusuri dan teliti jalan kebenaran tersebut, dan ini sangat dipengaruhi oleh ilmu yang benar. Kenapa kadang orang menoleh, ragu-ragu ke sana dan kemari mencoba-coba sekian banyak? Bahkan ada orang mengatakan coba dulu, tidak mungkin engkau bisa mengetahui kesesatan kecuali kamu coba dulu. Selama kebenaran sudah didapatkan maka istiqomah dan tidak ada keraguan padanya dan tidak boleh kita menoleh ke sana dan kemari. Inilah nasihat yang sangat penting yang dikatakan oleh Khuzaifah bin Yaman radiyallahu Ta’ala anhu. Dan ini adalah suatu prinsip, jangan dalam persoalan agama kita katakan banyak jalan lain menuju ke Roma, kadang ada yang mengatakan surga banyak jalannya maka tidak harus jalan yang satu, tidak harus jalan ahlu sunnah waljama’ah yang penting jalan saja ujungnya juga surga. Tidak demikian, jalan ini cuma satu dan yang lainnya adalah jalan-jalan kesesatan yang tidak akan menyampaikan kita pada kebenaran.

Ada kata-kata السبل  yang disebutkan dalam Al-quran dan maknanya tidak tercela, tapi itu bukan makna subul yang kita bahas di sini. Misalnya dalam surah Al-ankabut
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

“Barangsiapa yang berjihad (berjuang) untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.” (Al-Ankabut: 69).

Jangan memahami ‘subul’ di sini bahwasanya jalan-jalan yang banyak sebagai pedoman-pedoman yang banyak. Tapi yang dimaksudkan adalah jalan-jalan kebaikan yang banyak. Subul dalam surah Al-an’am bermakna manhaj adapun dalam surah Al-an-kabut bermakna jalan-jalan kebaikan yang banyak. Karena memang jalan-jalan kebaikan banyak, makanya Allah mengatakan “yang bersungguh-sungguh melaksanakan peribadatan kepada kami maka kami akan tunjukkan padanya jalan-jalan yang banyak”.

Mungkin awalnya cuma sholatnya yang bagus tapi setelah itu mungkin dimudahkan baginya untuk bersedekah, dan dimudahkan baginya untuk puasa dan juga diberikan kesempatan untuk berjihad di jalan Allah dan seterusnya. Dan inilah yang dimaksudkan oleh Nabi sallallahuaihiwasallam bahwasanya setiap kebaikan adalah shadaqoh artinya begitu banyak jalur-jalur kebaikan.

_____Transkripsi oleh Ahmad Nasing______

Loading

Tinggalkan Balasan