aagerhana

Salah satu fenomena astronomi yang cukup langka yaitu gerhana bulan total kembali terjadi pada Sabtu, 14 Jumadal Akhirah 1436 H/04 April 2015 M.  Memanfaatkan fenomena alam ini, STIBA menggelar shalat khusuf (shalat gerhana bulan).

Dihadiri oleh para mahasiswa, dosen dan pengelola serta warga sekitar kampus, masjid Perumahan Golden Hill—saat ini dimanfaatkan oleh STIBA untuk shalat berjamaah sebelum rampungnya masjid kampus yang baru—dipadati oleh jamaah.

Shalat Khusuf kali ini dipimpin oleh imam Idris Ridhwanul Haq, salah seorang mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum semester II asal Balikpapan. Juz II diselesaikannya dalam dua rakaat. Sementara khotbah usai shalat disampaikan oleh Ustadz Fadlan Akbar, Lc., M.H.I. salah seorang dosen STIBA Makassar.

Dalam khotbahnya, Ustadz Fadlan menekankan bahwa fenomena gerhana bulan adalah salah satu tanda kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Tanda-tanda kebesaran Allah seperti ini semestinya menjadikan kita semakin dekat kepada Allah,” ungkapnya.

Menurut ustadz jebolan LIPIA Jakarta ini, dalam menyikapi tanda-tanda kebesaran Allah, manusia terbagi dalam tiga golongan:

  1. Golongan yang apabila diperlihatkan tanda-tanda kebesaran Allah, mereka ingkar.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala (artinya), “Mereka berkata, “Bagaimanapun kamu mendatangkan keterangan kepada kami untuk menyihir kami dengan keterangan itu, maka kami sekali-kali tidak akan beriman kepadamu”. (QS. al-A’raf: 132)

“Mereka jika melihat tiap-tiap ayat(Ku), mereka tidak beriman kepadanya.” (QS. Al-A’raf: 146).

  1. Golongan yang beriman namun ketika melihat tanda-tanda kebesaran Allah mereka berpaling. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala (artinya), “Dan tidak ada suatu ayatpun dari ayat-ayat Tuhan sampai kepada mereka, melainkan mereka selalu berpaling dari padanya (mendustakannya).” (QS. al-An’am: 4).
  2. Golongan yang ketika melihat kebesaran Allah mereka beriman, berdzikir dan bertafakur merenungkan kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

ayataaaaaaaaaaa

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,  (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran: 190-191).

 

 

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan