aaaporsani2

Pekan Olahraga dan Wawasan Keislaman IX (PORSANI IX) secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Makassar Bapak Dr. Syamsu Rizal MI., S.Sos., M.Si. pada hari Sabtu, 21 Jumadal Akhirah 1436 H/11 April 2015 M. Pembukaan PORSANI IX yang mengusung tema “Dengan Kekuatan Ilmu dan Fisik Kita Kembalikan Kejayaan Islam” ini diadakan di Aula Gedung Perkuliahan Putri.

Acara dibuka oleh MC Khaerul Tasnim dan Adil dengan bilingual (bahasa Arab dan Indonesia). Diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an akhir juz II oleh Wanuzulan mahasiswa pada Prodi Perbandingan Mazhab dan Hukum semester dua dan disusul dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama oleh Ketua Panitia PORSANI IX Abdullah Daud. Dalam sambutannya, dipaparkan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan maupun perlombaan-perlombaan yang sifatnya ilmiah, yaitu:

Kategori Ilmiah:

  1. Hifzhul Qur’an (10, 20, dan 30 Juz)
  2. Hifzhul Hadits (Arbain dan Kitabul Jami’)
  3. Hifzhul Mutun (al-Manzhuma al-Baiquniyah dan Nawaqidul Islam)
  4. Tarbiyah Muntijah
  5. Cerdas Cermat Islam
  6. Pidato (Bahasa Indonesia dan Arab)
  7. Puisi Islami
  8. Qira-ah al-Kitab
  9. Menerjemahkan Kitab
  10. Penulisan Makalah
  11. Menerjemahkan Muhadharah berbahasa Arab
  12. Kaligrafi (Khot)

Kategori Olahraga:

  1. Bulu Tangkis
  2. Sepak Bola
  3. Basket
  4. Bola Volly
  5. Tenis Meja
  6. Tarik Tambang
  7. Sepak Takraw
  8. Beladiri (Perisai Badar)
  9. Lari Sprint 100 m
  10. Memanah
  11. Lompat Jauh

Wakil Walikota Makassar saat mendapat giliran memberikan kata sambutan mengungkapkan perasaan bangganya bisa menghadiri pembukaan PORSANI IX STIBA Makassar yang menurutnya sangat unik.

“Fisik dan ilmu memang dua hal yang saling melengkapi. Dalam konteks kekinian, barangkali ilmu positif tanpa fisik yang kuat juga tidak akan bisa optimal menghasilkan hal-hal bermanfaat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, Dg. Ical—sapaan akrab Wakil Walikota Makassar—berjanji akan menjalin komunikasi yang baik dengan pihak STIBA. Beliau juga berpesan kepada Camat Manggala yang juga hadir pada kesempatan itu agar memanfaatkan dengan baik potensi yang ada di STIBA. “Paling tidak untuk pilot project bagi program-program tertentu seperti PMI, pelatihan keterampilan-keterampilan, termasuk keterampilan penanggulangan bencana. Kegiatan-kegiatan ini bisa jadi penyaluran PORSANI mahasiswa sebagai calon-calon khalifah,” tuturnya.

Sesuai jadwal, PORSANI IX ini akan berlangsung selama dua pekan. Terhitung sejak dibuka pada hari Sabtu, hingga Ahad tanggal 7 Rajab 1436 H/26 April 2015 M dan diikuti oleh seluruh sivitas akademika termasuk alumni.

aaaporsani3

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan