whatsapp-860x450

1
1/5970. Dari Abu ‘Amru Asy Syaibani berkata, “Telah mengabarkan kepada kami pemilik rumah ini,” sambil menunjuk ke rumah Abdullah bin Mas’ud radhiyallohu anhu. Dia berkata, “Saya bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau bersabda, “Shalat tepat pada waktunya.” Dia bertanya lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Dia bertanya, “Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab, “Berjuang di jalan Allah.” Abu ‘Amru berkata, “Dia (Abdullah bin Mas’ud) telah menceritakan kepadaku semuanya, sekiranya aku menambahkan pertanyaan niscaya dia pun akan menambahkan (amalan) tersebut kepadaku.”

 Kesimpulan dan Pelajaran:
1⃣ Disyariatkannya bertanya tentang amalan yang paling dicintai oleh Allah.
2⃣ Pentingnya mengetahui fikih prioritas.
3⃣ Amalan sholeh di sisi Allah bertingkat-tingkat kedudukannya.
4⃣ Seorang muslim hendaknya memiliki himmah ‘aliyah (obsesi yang tinggi) dalam urusan akhirat sebagaimana yang ditanyakan oleh Abdullah bin Mas’ud radhiyallohu anhu.
5⃣ Keutamaan shalat pada waktunya.
6⃣ Hak Allah didahulukan dari hak manusia.
7⃣ Keutamaan berbakti pada orang tua, di mana haknya disebutkan setelah hak Allah.
8⃣ Keutamaan Jihad fii Sabilillah setelah berbakti kepada orang tua selama jihadnya itu hukumnya sunnah atau fardhu kifayah.
9⃣ Bolehnya bertanya lebih dari satu pertanyaan dalam satu majelis.
10. Adab seorang penuntut ilmu kepada gurunya, di mana walaupun dia sangat antusias untuk terus bertanya namun karena khawatir akan merepotkan gurunya maka niat tersebut diurungkannya.

Wallohu a’lam

Muhammad Yusran Anshar Lc., M.A -حفظه الله-

Sumber: Group WhatsApp “Belajar Islam Intensif ”

Registrasi group BII
Format: BII#nama#kota domisili
Kirim ke:
085299200090 (ikhwah)
08984301733 (Akhwat)

Loading

Tinggalkan Balasan