DSC_0240

Untuk pertama kalinya STIBA Makassar (Ma’had al-Wahdah) mengutus tiga mahasiswa penghafal al-Qur’an untuk mengikuti Musabaqah al-Mahir bi Fahmi al-Qur’an. Ketiganya adalah mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum, Mu’tashim Billah (Semester VI), Ashri Amir (Semester II), dan Idris Ridwanul Haq (Semester II). Musabaqah al-Mahir bi Fahmi al-Qur’an tahun ini kembali diadakan di Ma’had Tahfizh Darul Qur’an pimpinan Ustadz Yusuf Mansur.

Musabaqah al-Mahir bi Fahmi al-Qur’an adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat. Peserta beregu terdiri dari tiga orang dan ketiganya memiliki hak untuk menjawab. Musabaqah dilakukan dengan menampilkan minimal dua regu, dengan sistem gugur dalam babak penyisihan dan final. Lomba ini berlangsung dengan menggunakan bahasa Arab sehingga syarat peserta selain hafal al-Qur’an 30 juz juga harus cakap berbahasa Arab.

Lomba ini bersifat nasional dan diikuti oleh beberapa utusan dari beberapa ma’had Tahfizhul Qur’an maupun ilmu syar’i, di antaranya Ma’had ar-Royah Sukabumi, Ma’had ‘Isy Karima Solo, Ma’had Wadi Mubarak Bogor, Ma’had Ibnu Abbas Klaten, Ma’had Ibnu Katsir Jember, Ma’had al-Furqan Garut, ar-Rahman Bogor, dan lain-lain.

Pada sesi penyisihan (Senin, 04/5) utusan STIBA Makassar berhasil mengumpulkan nilai tertinggi mengungguli utusan-utusan ma’had lainnya.

Tiga Ma’had yang berhasil lolos ke final selain STIBA Makassar adalah Ma’had ‘Isy Karima, Ma’had Ibnu Abbas, dan Ma’had Ibnu Katsir. Pada babak ini, STIBA meski baru pertama kali mengikut Musabaqah al-Mahir bi Fahmi al-Qur’an mampu menyabet peringkat II. Sementara posisi pertama berhasil diraih oleh Ma’had Ibnu Katsir. Posisi ke-3 dan ke-4 masing-masing diraih oleh Ma’had ‘Isy Karima dan Ma’had Ibnu Abbas.

Musabaqah al-Mahir bi Fahmi al-Qur’an terselenggara atas kerjasama dengan al-Haiah al-‘Alamiyah li Tahfizh al-Qur’an dan diadakan di beberapa negara. Para pemenang pertama di setiap negara akan mengikuti Musabaqah al-Mahir bi Fahmi al-Qur’an tingkat internasional di negara yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah musabaqah tahun ini.

DSC_0266

 

Loading

1 thought on “STIBA Makassar Sabet Juara II dalam Musabaqah al-Mahir bi Fahmil Qur’an

Tinggalkan Balasan