IMG_0836

Salah satu kegiatan rutin setiap Rabu pagi usai shalat Subuh di Kampus STIBA adalah latihan percakapan bahasa Arab (Muhadatsah). Meskipun dalam percakapan sehari-hari mahasiswa diwajibkan berbahasa Arab, namun ada yang berbeda dengan kegiatan ini. Mahasiswa dibagi dalam 11 kelompok di mana tiap kelompok terdiri dari 20 mahasiswa dengan satu orang pembina dari mahasiswa senior. Tema percakapan berbeda setiap pekan. Fungsi pembina membantu mengawasi dan membenarkan ungkapan yang keliru dari setiap anggota kelompok.

Menurut Khaerul Tasnim, mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH) semester enam yang juga menjabat Ketua Biro Pengawasan dan Pengembangan Bahasa (P2B), kegiatan Muhadatsah ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa semester satu sampai empat.

“Setiap pekan keempat diadakan lomba dan diikuti seluruh perwakilan kelompok. Sebagai jurinya Ustadz Muhammad Ikhwan Abdul Djalil dan Ustadz Ahmad Syaripudin,” ujarnya menambahkan.

STIBA Makassar adalah lembaga pendidikan sekaligus pembinaan. Karena itu, pihak STIBA terus berupaya membantu mengarahkan mahasiswanya untuk menggunakan waktu mereka selama di kampus untuk hal-hal bermanfaat. Tak hanya belajar di kelas, di luar jam pelajaran pun mahasiswa diarahkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang sifatnya pembinaan baik mental, fisik, maupun wawasan.

IMG_0834 IMG_0820 IMG_0816 IMG_0838

 

Loading

2 thoughts on “Muhadatsah, Kiat Mahasiswa STIBA Latih Percakapan Bahasa Arab

Tinggalkan Balasan