whatsapp-860x450

Hadits ke-13

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَخْبِرْنِي بِعَمَلٍ يُدْخِلُنِي الْجَنَّةَ فَقَالَ الْقَوْمُ: مَا لَهُ مَا لَهُ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَرَبٌ مَا لَهُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « تَعْبُدُ اللَّهَ لَا تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيمُ الصَّلَاةَ وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ وَتَصِلُ الرَّحِمَ ذَرْهَا » قَالَ: كَأَنَّهُ كَانَ عَلَى رَاحِلَتِهِ

Dari Abu Ayyub Al Anshari radliallahu ‘anhu bahwa seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkanku ke surga.” Orang-orang pun berkata, “Ada apa dengan orang ini? Ada apa dengan orang ini?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang ini memiliki urusan penting.” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada penanya, “Kamu beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya, menegakkan shalat, dan membayar zakat serta menjalin tali silaturrahim. Biarkanlah kendaraan itu lewat”.  Abu Ayyub berkata, “Nampaknya ketika itu beliau berada di atas kendaraannya.”

Kesimpulan dan Pelajaran:

1⃣  Disyariatkannya bertanya kepada seorang alim tentang amalan yang bermanfaat.

2⃣ Surga adalah cita-cita dan pengharapan tertinggi setiap muslim.

3⃣  Amal shaleh adalah wasilah penting untuk mencapai surga Allah.

4⃣ Perhatian para sahabat yang begitu besar terhadap pertanyaan yang diajukan kepada Rasulullah shallallohu alaihi wasallam.

5⃣ Seorang alim senantiasa berusaha melayani dan menyelesaikan persoalan yang ditanyakan dan diajukan kepadanya terutama pada saat kebutuhan penanya mendesak.

6⃣  Keutamaan yang sangat besar dari silaturrahim karena dia disebutkan setelah tiga rukun Islam yaitu tauhid, shalat dan zakat.

7⃣ Islam senantiasa mengajarkan ummatnya perbuatan kebaikan, baik itu yang berkaitan dengan hak Allah dan demikian pula kebaikan yang kaitannya dengan sesama manusia.

8⃣ Hikmah dan kebijakan seorang alim dalam berfatwa atau menjawab pertanyaan di mana senantiasa memerhatikan dan menyesuaikan dengan hal yang prioritas yang dibutuhkan oleh penanya.

9⃣ Bolehnya berfatwa di atas kendaraan atau bolehnya bertanya di atas kendaraan.

10. Ulama berbeda pendapat tentang siapa penanya ini. Sebagian mengatakan Abu Ayyub radhiyallohu anhu sendiri perawi hadits ini, ada juga mengatakan Ibnu Muntafiq. Pendapat lain mengatakan Laqith bin Shabirah serta ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa orang ini adalah Sakhr bin Qa’qa’ Al Bahili sebagaimana dipahami dari hadits Thobrani, wallohu a’lam waradhiyallohu ‘anish shahabah ajmain.

 Hadits ke-14

 عن جُبَيْرَ بْن مُطْعِمٍ رضي الله عنه قال سَمِعت النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعٌ

14/5984. Dari Jubair bin Muth’im radhiyallohu anhu berkata, “Aku telah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak masuk surga orang yang memutus tali silaturrahim.”

Kesimpulan dan Pelajaran:

1⃣ Memutus tali silaturrahim salah satu di antara dosa besar.

2⃣ Surga diperuntukkan bagi mereka yang menunaikan hak sesama manusia setelah menuanikan hak Allah azza wa Jalla.

3⃣ Para ulama berbeda pendapat tentang makna “rahim” yang wajib disambung dan haram memutuskan hubungan dengannya. Ada 3 pendapat yang terkenal:

  1. Rahim adalah keluarga yang termasuk mahram yaitu mereka yang tidak boleh dinikahi.
  2. Rahim adalah keluarga yang termasuk ahli waris.
  3. Rahim adalah seluruh keluarga secara umum walaupun tentu saja hak mereka bertingkat-tingkat sesuai dengan kedekatan dan kebutuhannya.

4⃣ Seseorang dikatakan memutuskan tali silaturrahim jika dia tidak menjalankan hak-hak yang wajib dari rahim tersebut.

5⃣  Makna tidak masuk surga dalam hadits ini ada 2 kemungkinan:

  1. Tidak akan masuk surga selama-lamanya jika pelakunya menghalalkan perbuatan dosanya itu.
  2. Jika dia tidak menghalalkan perbuatannya maka berarti makna hadits ini orang tersebut terancam tidak masuk surga bersama-sama orang yang pertama kali masuk surga dalam artian akan dijerumuskan terlebih dahulu ke dalam neraka sebelum suatu saat akan dimasukkan ke dalam surga, wallohu a’lam.

✏ Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. -hafizhahullah-

Sumber:

?Grup Whatsapp Belajar Islam Intensif?

Gabung Grup WA BII
? 0852-5595-6156 (Ikhwah)
?  0898-4301-733 (Akhwat)

Loading

Tinggalkan Balasan