whatsapp-860x450

Hadits 15 dan Hadits 16?

15/5985 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: « مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

15/5985. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa senang jika dilapangkan pintu rizki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturrahim.”

 16/5986 عن أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

16/5986. Dari Anas bin Malik radhiyallohu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa suka dilapangkan pintu rizki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturrahim.”

? Kesimpulan dan Pelajaran dari kedua hadits tsb:
1⃣ Mengharapkan umur yang panjang dan rezki yang banyak adalah sifat umum yang ada pada manusia.
2⃣ Islam tidak mematikan fitrah manusia akan tetapi mengarahkannya.
3⃣ Silaturrahim memberikan manfaat duniawi bagi pelakunya sebelum manfaat terbesar di akhirat kelak.
4⃣ Bolehnya memotivasi seseorang untuk melakukan suatu ibadah dengan menyebutkan manfaat duniawi yang akan didapatkannya.
5⃣ Ada beberapa makna dipanjangkan umurnya dalam hadits ini, diantaranya:
a. Panjang umur diartikan sebagai berkah umur tersebut di mana seseorang yang senantiasa bersilaturrahim maka senantiasa dikenang oleh orang walaupun setelah dia meninggal dunia, dengan demikian seakan-akan dia masih hadir bersama kita.
b. Panjang umur diartikan makna hakiki di mana Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan baginya takdir mu’allaq yaitu contohnya jika dia tidak bersilaturrahim maka umurnya hanya 50 tahun dan jika dia bersilaturrahim umurnya bisa sampai 60 tahun. Hal yang seperti ini telah diisyaratkan oleh Allah Azza wa Jalla dalam firman-Nya yang artinya,  “Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki…” (QS. Ar-Ra’ad ayat 39).

 

 Hadits-17 ?

17/5987 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ اللَّهَ خَلَقَ الْخَلْقَ حَتَّى إِذَا فَرَغَ مِنْ خَلْقِهِ قَالَتْ الرَّحِمُ هَذَا مَقَامُ الْعَائِذِ بِكَ مِنْ الْقَطِيعَةِ قَالَ نَعَمْ أَمَا تَرْضَيْنَ أَنْ أَصِلَ مَنْ وَصَلَكِ وَأَقْطَعَ مَنْ قَطَعَكِ قَالَتْ بَلَى يَا رَبِّ قَالَ فَهُوَ لَكِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَاقْرَءُوا إِنْ شِئْتُمْ ﴿ فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ ﴾

17/5987. Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “Setelah Allah menciptakan seluruh makhluk, maka rahim pun berkata, “Inilah tempat bagi yang berlindung kepada-Mu dari terputusnya silaturahim.” Allah menjawab, ”Benar. Tidakkah kamu rela bahwasanya Aku akan menyambung orang yang menyambungmu dan memutuskan yang memutuskanmu?“ Rahim menjawab, “Tentu, wahai Rabb.” Allah berfirman, “ltulah yang kamu miliki.” Setelah itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika kalian ingin, maka bacalah ayat berikut ini (artinya), “Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan berbuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?”  [TQS. Muhammad: 22].

? Kesimpulan dan Pelajaran :

1⃣ Allah Azza wa Jalla Maha Pencipta dan menetapkan segala takdir bagi para hamba-Nya.
2⃣ Imam Ibnu Abi Jamrah menyebutkan bahwa makna makhluk dalam hadits ini boleh jadi bermakna seluruh makhluk dan boleh jadi khusus bagi jin dan manusia. Demikian pula waktu kejadiannya ada beberapa kemungkinan di antaranya:
a. Setelah penciptaan langit dan bumi dan dinampakkannya makhluk-makhluk tersebut.
b. Setelah ditetapkannya seluruh takdir dalam Lauh Mahfuzh namun belum ada yang ditampakkan kecuali kitab Lauh Mahfuzh dan pena.
c. Setelah selesai penciptaan ruh dari manusia.
3⃣ Allah Azza wa Jalla Mahakuasa menjadikan seluruh makhluk-Nya berbicara termasuk di antaranya rahim.
4⃣ Keutamaan meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari memutuskan silaturrahim.
5⃣ Keutamaan yang sangat besar dari silaturrahim dan bahaya memutuskannya.
6⃣ Siapa yang menyambung tali silaturrahim maka Allah Azza wa Jalla akan menyambung hubungan dengannya dan sebaliknya siapa yang memutuskan tali silaturrahim maka Allah Azza wa Jalla akan memutuskan hubungan dengannya.
7⃣ Hadits ini merupakan salah satu dalil dari kaidah yang terkenal dalam syariat, “Al jazaa min jinsil ‘amal” (Balasan yang didapatkan sepadan dan sesuai dengan amalan yang dikerjakan).
8⃣ Rasulullah shallallohu alaihi wasallam dalam banyak haditsnya menjelaskan hubungan antara hadits beliau dengan firman Allah Azza wa Jalla.
9⃣ Di antara fungsi hadits adalah sebagai penjelasan dan penjabaran dari ayat-ayat Allah dalam Al-Quran Al-Karim.
? Di antara fitnah kekuasaan adalah melakukan kerusakan di muka bumi dan memutuskan tali silaturrahim.

 

Hadits ke-18 dan 19 

 18/5988 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « إِنَّ الرَّحِمَ شَجْنَةٌ مِنْ الرَّحْمَنِ فَقَالَ اللَّهُ مَنْ وَصَلَكِ وَصَلْتُهُ وَمَنْ قَطَعَكِ قَطَعْتُهُ »

18/5988. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “Sesungguhnya penamaan rahim itu diambil dari (nama Allah) Ar-Rahman, lalu Allah berfirman, “Barangsiapa menyambungmu maka Akupun menyambungnya dan barangsiapa memutuskanmu maka Akupun akan memutuskannya.”

 19/5989 عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:  « الرَّحِمُ شِجْنَةٌ فَمَنْ وَصَلَهَا وَصَلْتُهُ وَمَنْ قَطَعَهَا قَطَعْتُهُ

19/5989. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “ar-Rahim (silaturrahim) adalah syijnah (daun pohon yang rindang). Barangsiapa menyambungnya maka Aku akan menyambungnya, dan barangsiapa memutuskannya maka Akupun akan memutuskannya.”

Pelajaran hadits adab 18 dan19.

Kesimpulan dan Pelajaran dari kedua hadits:

1⃣ Penamaan rahim diambil dari akar kata nama Allah yang mulia yaitu Ar Rahman (Yang Maha Penyayang).

2⃣ Penamaan tersebut menunjukkan wajibnya saling menyayangi di antara rahim.

3⃣  Allah Azza wa Jalla Mahakuasa berkata kepada siapa yang dikehendaki-Nya dari para hamba-Nya.

4⃣ Siapa yang menyambung tali silaturrahim maka Allah Azza wa Jalla akan menyambung hubungan dengannya dan sebaliknya siapa yang memutuskan tali silaturrahim maka Allah Azza wa Jalla akan memutuskan hubungan dengannya.

5⃣ Hadits ini merupakan di antara dalil dari kaidah yang terkenal dalam syariat, “al Jazaa min Jinsil ‘Amal” (Balasan yang didapatkan sepadan dan sesuai dengan amalan yang dikerjakan).

 

Hadits ke-20

 20 /5990عن عَمْرو بْن الْعَاصِ رضي الله عنه قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جِهَارًا غَيْرَ سِرٍّ يَقُولُ: « إِنَّ آلَ أَبِي -قَالَ عَمْرٌو فِي كِتَابِ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ بَيَاضٌ- لَيْسُوا بِأَوْلِيَائِي إِنَّمَا وَلِيِّيَ اللَّهُ وَصَالِحُ الْمُؤْمِنِينَ » زَادَ عَنْبَسَةُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ عَنْ بَيَانٍ عَنْ قَيْسٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « وَلَكِنْ لَهُمْ رَحِمٌ أَبُلُّهَا بِبَلَاهَا يَعْنِي أَصِلُهَا بِصِلَتِهَا »

20/5990. Dari Amru bin Al ‘Ash radhiyallohu anhu dia berkata, “Saya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam secara jelas dan terang-terangan bersabda, “Sesungguhnya keluarga Abu (fulan)—Amru berkata, di dalam kitab Muhammad bin Ja’far tidak disebutkan nama fulan itu—bukanlah dari para waliku (penolongku), sesungguhnya waliku adalah Allah dan orang-orang shalih dari kaum Mukminin.” ‘Anbasah bin Abdul Wahid menambahkan, dari Bayan dari Qais dari ‘Amru bin Al ‘Ash dia berkata, “Saya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam (bersabda), “Akan tetapi mereka (keluarga Abu fulan) masih memiliki tali silaturrahim yang aku tetap akan menyambungnya dengan tali silaturrahim itu.”

 Kesimpulan dan Pelajaran :

1⃣  Di antara sifat khotbah dan cara penyampaian Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam adalah menyampaikan dengan suara yang keras dan jelas.

2⃣ Di antara hikmah tidak disebutkannya nama keluarga tersebut demi menjaga kehormatan dari anggota keluarga atau keturunan mereka yang beriman.

3⃣ Hadits ini salah satu dalil penjelasan tentang aqidah al-Wala’ dan al-Bara’ (loyalitas kepada orang beriman dan berlepas diri dari orang kafir).

4⃣  Penolong yang hakiki bagi orang yang beriman adalah Allah Azza wa Jalla dan sesama saudaranya yang beriman bukan orang kafir walaupun dari karib kerabatnya.

5⃣  Ukhuwah imaniyah (yang didasari dengan keimanan) lebih tinggi kedudukannya dan lebih erat pertautannya dibandingkan dengan ukhuwah nasabiyah (ukhuwah yang hanya didasari pertalian darah atau kekeluargaan)

6⃣  Pertalian darah dan hubungan kekeluargaan jika tidak diiringi dengan keimanan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala maka manfaatnya hanya akan dirasakan di dunia dan tidak bermanfaat lagi di akhirat kelak.

7⃣ Keluarga yang termasuk rahim namun tidak beriman tetap memiliki hak silaturrahim di dunia ini dengan beberapa batasannya.

8⃣ Sifat keadilan yang diajarkan oleh Islam kepada ummatnya di mana senantiasa memberikan hak kepada pemiliknya secara proporsional.

✏ Abu Abdillah Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. -hafizhahullah-
Sumber: Grup Whatsapp Belajar Islam Intensif BII

Gabung Grup BII
Ketik BII#Nama#Daerah
Kirim ke 0852-5595-6156 (ikhwah)
08984301733 (akhwat)

 

Loading

Tinggalkan Balasan