4

STIBA Makassar kembali menerima kunjungan tim visitasi. Setelah dua tahun lalu dikunjungi oleh tim assesor dari BAN-PT, kali ini, Kamis (17 Dzulhijjah/1 Oktober) tim monev (monitoring dan evaluasi) dari Kopertais Wil. VIII menyambangi STIBA Makassar.

Tim terdiri dari Wakor Kopertais Wil. VIII Prof. Dr. H. Abdul Rahim Yunus, M.A. dan Baharuddin Rahman, S.H. Kabag. Akademik dan Ketenagaan Kopertais Wil. VIII.

Tiba di Kampus STIBA sekira pukul 8.30 WITa, rombongan diarahkan ke Aula STIBA Putri. Di tempat tersebut Prof. Dr. H. Abdul Rahim Yunus memberikan kuliah umum dengan tema “Peran PTKIS dalam Revolusi Mental Bangsa”. Sementara Baharuddin Rahman, S.H.  bertolak ke gedung kantor pengelola untuk melalukan monitoring dan evaluasi.

Dalam kuliah umumnya, Wakor Kopertais Wil. VIII menyampaikan perasaan senangnya ketika kembali berkunjung ke STIBA dan melihat kondisinya yang jauh berbeda dengan 8 tahun silam.

“Saya memiliki harapan bahwa suatu saat nanti STIBA ini bisa sejajar dengan bukan saja perguruan tinggi swasta dalam negeri, tapi juga luar negeri. Kita harapkan nanti STIBA bisa jadi al-Azhar-nya Sulawesi Selatan,” ujarnya mengawali Studium Generale.

Menurutnya, beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengembangkan suatu perguruan tinggi adalah adanya kesiapan sarana dan prasarana, sumber daya manusia yaitu pengelola, dosen, dan mahasiswa dan manajemen yang baik. Semua ini sudah dimiliki oleh STIBA. Adapun manajemen yang baik berkaitan dengan fungsi Kopertais. Karena itu Kopertais akan terus mengadakan monitoring dan evaluasi. Dikti telah menonaktifkan ratusan perguruan tinggi yang salah satu penyebabnya adalah manajemen yang kurang baik.

Terkait tema kuliah umum, Prof. Abdul Rahim menyebutkan bahwa perbaikan aspek mental, akhlak dan karakter merupakan misi diutusnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau kemudian mengangkat salah satu hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْأَخْلَاقِ

“Sungguh aku diutus menjadi Rasul tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad).

21

Foto: Suasana Kuliah Umum yang dibawakan oleh Wakor Kopertais Wil. VIII Prof. Dr. Abdul Rahim Yunus, M.A. di Aula STIBA Putri71

Foto: Baharuddin Rahman, S.H. Kabag. Akademik dan Ketenagaan Kopertais Wilayah VIII sedang melakukan monev didampingi oleh Ustadz Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I. bersama tim.

 

Loading

1 thought on “Wakor Kopertais Wil. VIII Narasumber Studium Generale di STIBA Makassar

Tinggalkan Balasan