Transkrip Taklim Hadits Pekanan Ketua STIBA Makassar

Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A.

(Setiap Rabu Bakda Ashar di Kampus STIBA Makassar)

Dari Kitab al-I’tisham Shahih Bukhari

Hadits 7307

================= 

 باب مَا يُذْكَرُ مِنْ ذَمِّ الرَّأْىِ وَتَكَلُّفِ الْقِيَاسِ

﴿ وَلاَ تَقْفُ ﴾ لاَ تَقُلْ ﴿ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ﴾

Bab VII

Tercelanya Logika (Akal-Akalan) dan Memaksa-Maksakan Qiyas

(Firman Allah: Jangan Kamu Katakan Sesuatu yang Kamu Tidak Memiliki Ilmu Padanya)

 

7307 – حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ تَلِيدٍ حَدَّثَنِى ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِى عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ وَغَيْرُهُ عَنْ أَبِى الأَسْوَدِ عَنْ عُرْوَةَ قَالَ حَجَّ عَلَيْنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو –رضي الله عنهم- فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ سَمِعْتُ النَّبِىَّ e يَقُولُ : ] إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْزِعُ الْعِلْمَ بَعْدَ أَنْ أَعْطَاهُمُوهُ انْتِزَاعًا ، وَلَكِنْ يَنْتَزِعُهُ مِنْهُمْ مَعَ قَبْضِ الْعُلَمَاءِ بِعِلْمِهِمْ ، فَيَبْقَى نَاسٌ جُهَّالٌ يُسْتَفْتَوْنَ فَيُفْتُونَ بِرَأْيِهِمْ ، فَيُضِلُّونَ وَيَضِلُّونَ [ . فَحَدَّثْتُ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم ثُمَّ إِنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو حَجَّ بَعْدُ فَقَالَتْ يَا ابْنَ أُخْتِي انْطَلِقْ إِلَى عَبْدِ اللَّهِ فَاسْتَثْبِتْ لِى مِنْهُ الَّذِى حَدَّثْتَنِى عَنْهُ . فَجِئْتُهُ فَسَأَلْتُهُ فَحَدَّثَنِى بِهِ كَنَحْوِ مَا حَدَّثَنِى ، فَأَتَيْتُ عَائِشَةَ فَأَخْبَرْتُهَا فَعَجِبَتْ فَقَالَتْ : « وَاللَّهِ لَقَدْ حَفِظَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو »

Terjemahan Hadis:

Imam Bukhori rahimahullahu ta’ala berkata bahwa Said ibnu Talid telah berkata bahwa Ibnu Wahbin telah berkata bahwa Abdurrahman bin Syuraih telah berkata yang demikian juga dari yang lainnya juga dari Abi Aswad dari Urwah dia berkata bahwa Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radiallahu anhuma berhaji kepada kami (Makkah) dan aku (Urwah) mendengarnya mengatakan bahwa aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mengatakan, “Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu itu setelah ilmu itu diberikan kepada kalian, akan tetapi Allah mencabutnya dengan mencabut nyawa para ulama dengan ilmu mereka. Tinggallah manusia-manusia yang jahil. Mereka dimintai fatwa, mereka pun berfatwa, tetapi dengan logika saja. Akibatnya mereka sesat dan menyesatkan.” Kata Urwah, saya menyampaikan hadis tersebut kepada ‘Aisyah, istri Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, (tampaknya ‘Aisyah belum pernah mendengar hadis tersebut dan mendiamkannya untuk sementara) kemudian Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash datang kembali lalu ‘Aisyah radiallahu anha mengatakan, wahai anak saudariku (Urwah, anak Asma bin Abu Bakar) temuilah kembali Abdullah dan cek kembali kebenaran hadis tersebut. Saya pun kembali menemui Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash dan bertanya kepadanya, apakah betul hadis ini kamu dengar dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam? Ternyata yang beliau sampaikan kali ini persis sama dengan yang pernah disampaikan kepadaku sebelumnya. Saya pun kembali menemui ‘Aisyah dan mengabarkan bahwa saya telah mengecek kebenaran hadis tersebut dan yang disampaikannya sama saja dengan yang telah disampaikan sebelumnya maka beliau kagum, senang dengan hal tersebut dan mengatakan, sungguh Abdullah bin Amr telah menghapal hadis tersebut.

Penjelasan:

Tampak dari judulnya, Imam Bukhori rahimahullahu Ta’ala ingin menjelaskan dua hal yang tercela. Seaka-akan beliau ingin mengatakan bahwa dua hal ini (logika dan qiyas) bertentangan dengan ilmu.

Sebenarnya dua hal ini bukanlah hal yang tercela secara mutlak. Pada keadaan tertentu, logika ini dibutuhkan, bahkan ini adalah anugrah dari Allah untuk manusia. Namun, الرَّأْىِ yang dimaksud dalam hadis ini adalah logika yang tidak didukung oleh dalil yang sahih, apalagi logika yang bertentangan dengan dalil, logika tercela. Adapun orang-orang yang memanfaatkan kecerdasan logikanya untuk memahami ayat-ayat Allah Subhanahu wa Ta’ala, ini adalah kemuliaan. Sebaliknya, orang-orang yang mengakal-akali syariat, tidak mau mempelajarinya, ini tercela. Sebagian salaf mengistilah ini dengan ar ra’yuun, dia ditanya maa ra’yuka? Padahal agama ini milik Allah, tidak ada di dalamnya pendapat saya, pendapat fulan, dan seterusnya. Yang ditanya adalah firman Allah, sabda Rasul, dan terkadang perkataan sahabat. Imam Ibnu Qayyim mengatakan, “Firman Allah, sabda Rasul dan perkataan sahabat, merekalah para pemilik ilmu.” Pernyataan, “Menurut saya,” tidak masuk dalam kamus salaf. Dikatakan juga bahwa setiap ilmu selain Alquran hanya menyibukkan, kecuali hadis dan fikih, ilmu itu yang ada حَدَّثَنَا –nya (dalil-dalilnya), selain itu hanya was-was setan saja.

Namun, sangat disayangkan betapa banyak orang hari ini yang disebut sebagai ulama, hanya mengatakan, “Menurut saya….” Ini sangat berbahaya, apalagi jika ingin mengakal-akalinya. Ali bin Abi Thalib radiallahu ‘anhu mengatakan, “Jika agama itu harus sesuai dengan akal, bagian bahwa sepatu lebih pantas diusap daripada bagian atasnya.” Ternyata Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk cukup mengusap sekali saja bagian atas sepatu jika kita safar tiga hari tiga malam yang ketika kita memakainya dalam keadaan suci, dan bukan mengusap bagian bawahnya. Seperti inilah yang diajarkan oleh Rasulullah. Agama ini tidak harus sesuai dengan logika. Allah terkadang memerintahkan kita untuk ikut saja tanpa harus mengetahui sebab-sebabnya secara rinci. Inilah yang dinamakan ta’abbudi. Hal yang sifatnya tauqifi, inilah makna keimanan.

Selanjutnya, kata الْقِيَاسِ atau analogi. Qiyas pada dasarnya dibolehkan, bahkan sebagian ulama kita menjadikan qiyas sebagai dalil-dalil syariat. Tiga hal yang disepakati adalah Alquran, Sunnah, dan Ijma’. Lalu ada khilaf dalam hal qiyas, al ihtihsaan,amalu ahlil madinah dan lain-lain. Namun, yang rajih adalah qiyas ini bisa menjadi dalil, berbeda dengan ulama zاohiriyah yang menafikan qiyas sama sekali. Qiyas yang dilarang adalah qiyas yang tidak ada hubungannya. Juga qiyas terhadap sesuatu yang telah ada dalil shahihnya, maka tidak perlu lagi diqiyaskan. Oleh karena itu, sebagian ulama kita mengatakan bahwa barang siapa yang menggunakan qiyas maka dia adalah bala tentara iblis. Iblislah yang pertama ber-qiyas, yaitu ketika Allah memerintahkannya untuk sujud kepada Adam dia menolak. Ulama kita mengistilahkan hal ini dengan Qiyasul Aula. Kata Iblis, saya diciptakan dari api dan Adam dari tanah. Logika Iblis, seharusnya Adamlah yang sujud kepadanya. Mengapa qiyas ini ditolak? Karena telah ada dalil yang jelas memerintahkan untuk sujud kepada Adam. Tidak perlu lagi bertanya mengapa harus bersujud. Inilah qiyas yang dilarang. Adapun qiyas-qiyas yang dibolehkan banyak dalil yang menjelaskan hal tersebut.

Sangat disayangkan, orang-orang yang juga mau bicara soal agama dan tidak ingin lelah belajar agama, tempat bersandar mereka adalah logika dan qiyas. Umar bin Khattab radiallahu ‘anhu mengatakan bahwa hati-hati kalian dengan ahli logika, mereka telah direpotkan sehingga tidak menghapal hadis, tetapi mau juga berkata soal agama ini, akhirnya mereka hanya bisa berkata dengan logika-logika saja. Apa saja yang ditanya bisa mereka jawab, tetapi dengan berkata, “Menurut saya….”, “Menurut fulan….” dan sebagainya. Kata Umar, “Mereka adalah orang yang sesat lagi menyesatkan.”

Dalam masalah ini, Imam Bukhori mengangkat dalil dari Alquran, surah Al Isra: 36. Allah Subhanahu wa Taala berfirman,

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai ilmu tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya itu akan dimintai pertanggung jawabannya.”

Kata      وَلاَ تَقْفُ dalam ayat ini berasal dari kata qafa-yaqfu. Qafa bermakna tengkuk, letaknya di belakang. Karena itu dalam shalawat kadang disebutkan, “wa maniqtafaa atsarahu”. Artinya orang yang berada di belakang, yang senantiasa mengikuti jejak-jejak para sahabat. Sebagian ulama mengartikan dalil ini: Janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai ilmu tentangnya. Namun, Imam Bukhori mengartikannya: Janganlah kamu berkata dengan apa yang kamu tidak mempunyai ilmu tentangnya. Intinya, jangan menjadi sumber, orang yang mengawali sesuatu. Jangan pula asal ikut, taklid buta, terhadap hal-hal yang  kita tidak memiliki ilmu terhadapnya. Hal ini semua tercela berdasarkan dua hadis yang telah disebutkan oleh Imam Bukhori rahimahullahu taala.

Sanad hadis ini dari

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ تَلِيدٍ حَدَّثَنِى ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِى عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ وَغَيْرُهُ-

Wa ghairuhu di sini adalah Abdullah bin Lahiihah. Dia tidak disebutkan secara jelas dalam hadis ini oleh Imam Bukhori rahimahullahu Taala karena buku-bukunya telah terbakar. Sejak awal, Imam Bukhori rahimahullahu taala memang tidak menggunakan hadisnya sehingga tidak perlu mencantumkan namanya. Hanya memberi isyarat bahwa ada periwayat lain. Beliau menggunakan riwayat dari Abdurrahman bin Syuraih. Hal ini dimaksudkan agar tidak menimbulkan syubhat bahwa ada perawi lemah yang digunakan Imam Bukhori rahimahullahu taala. Lalu عَنْ أَبِى الأَسْوَدِ kunniyah dari Muhammad bin Abdurrahman bin Naufal bin Aswad. Lalu عَنْ عُرْوَةَ. Hadis ini mengajarkan kepada kita bagaimana memanfaatkan kedatangan para ulama, di antaranya safar-safar mereka. Orang Madinah dan Mekkah mendapatkan rezeki dengan didatangi oleh para ulama. Pada momen-momen haji, di samping mereka berbahagia dengan banyaknya tamu Allah yang memakmurkan rumah Allah, juga dengan datangnya para ulama sehingga bisa menjadi tempat bertanya. Jadi, salah satu manfaat haji adalah menuntut ilmu. Ini menjadi kebiasaan ulama sejak dulu hingga sekarang.

Datanglah  Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash. Beliau dikenal sebagai sahabat yang berilmu. Salah satu keistimewaan beliau adalah sangat rajin menulis hadis. Karena itu pula pengikut-pengikut beliau dikenal sebagai golongan yang sangat rajin menulis hadis, sedangkan Abu Hurairah dan pengikutnya dikenal sangat rajin menghapal hadis, tanpa perlu menuliskannya. Adapun, orang yang tidak menulis dan juga tidak menghapal hadis wallahu ‘alam siapa yang mereka ikuti!

Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radiallahu anhuma dikenal memiliki shahifah, yaitu as shahiifatu as shadiiqah. Ini adalah catatan rapi yang dibuatnya. Beliau telah mengodifikasi hadis sejak zamannya. Beliau menulis rapi hadis-hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam di samping menghapalkannya. Namun, tentu, hapalan beliau tidak sekuat, Abu Hurairah radiallahu taala anhu. Beliau juga dikenal sebagai ahli ibadah dan keutamaan yang lain. Beliau anak sekaligus rekan dari Amr bin Ash radiallahu anhu karena selang umur beliau hanya 12 tahun. Beliau mengatakan bahwa إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْزِعُ الْعِلْمَ بَعْدَ أَنْ أَعْطَاهُمُوهُ انْتِزَاعًا , ‘ilmu itu tidak dicabut begitu saja setelah diberikan kepada kalian’. Kata, بَعْدَ أَنْ أَعْطَاهُمُوهُ , artinya, ‘setelah diberikan kepada kalian’, ini menunjukkan bahwa ilmu itu datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Namun, ilmu ini akan dicabut sebagaimana perbendaharaan dunia ini akan hilang satu demi satu. Inilah satu di antara tanda kiamat dalam beberapa riwayat. Juga dalam Hadis Bukhori dari riwayat Anas bin Malik bahwa di antara tanda kiamat adalah ilmu dicabut dan tetaplah atau tinggallah atau yang eksis adalah kejahilan. Dalam riwayat yang lain bahwa di antara tanda kiamat adalah ilmu makin sedikit dan kejahilan makin tampak.”

Apakah ilmu akan hilang secara mendadak? Apakah orang yang awalnya tahu tiba-tiba menjadi bodoh; orang yang tadinya hapal tiba-tiba lupa dan sebagainya? Ternyata ilmu tidak hilang dengan cara itu, sedikit demi sedikit, tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala mengangkat ilmu ini dengan kepergian para ulama. Jadi, kepergian ulama adalah musibah yang sangat besar. Kata Jabir bin Abdullah tidak ada musibah yang lebih besar dari kepergian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dan Abdullah bin Abbas radiallahu anhuma karena beliau adalah ulama umat. Hal ini karena kita lebih butuh ilmu daripada yang lainnya. Kita butuh teknokrat, insinyur, dan lain-lain, tetapi kita masih bisa hidup tanpa mereka. Adapun ilmu, kita tidak bisa hidup tanpanya. Kata Imam Ahmad, ilmu kita butuhkan sepanjang nafas dan detak jantung kita dan lebih kita butuhkan daripada makanan dan minuman. Kebutuhan terhadapnya lebih dari sekadar 2—3 kali sehari, tetapi dia dibutuhkan setiap saat.

وَلَكِنْ يَنْتَزِعُهُ مِنْهُمْ مَعَ قَبْضِ الْعُلَمَاءِ بِعِلْمِهِمْ, ‘tetapi ilmu itu dicabut bersama dengan dicabutnya nyawa para ulama’. Karena itu, sangat penting kita memanfaatkan kehadiran ulama, selama para ulama masih hidup. Para salaf mengatakan, “Datangilah fulan sebelum Allah mencabut nyawanya.”

Krisis ulama ini adalah fenomena yang pasti akan terjadi sehingga jangan terlambat memanfaatkan keberadaan mereka. Yakinlah bahwa begitu banyak ilmu yang dibawa mati oleh para ulama. Ilmu Imam Nawawi yang kita nikmati sekarang, masih banyak yang tidak sempat beliau tuangkan dalam buku-buku beliau. Usia beliau hanya 45 tahun dan begitu banyak buku yang telah beliau tulis, tetapi ilmu yang belum sempat beliau pindahkan mungkin masih lebih banyak lagi. Apatah lagi ulama yang tidak sempat menulis atau tidak memiliki kemampuan menulis. Ada ulama yang memiliki kemampuan menulis dan berceramah, seperti Imam Ibnu Al Jauzi. Ceramah-ceramahnya sangat disenangi sebagaimana tulisan-tulisannya yang tersebar. Ulama kita yang lain, Ibnu Abi ad Dunya, juga begitu banyak buku-bukunya, tetapi mungkin tidak dikenal pada hal yang lain. Yang lainnya, Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid seorang ulama kontemporer yang juga telah wafat. Beliau lebih memilih untuk menulis daripada tampil berceramah.

Di negeri kita, Alhamdulillah, shahwah islamiyah kembali tampak. Namun, krisis ulama juga melanda kita. Bahkan pada sebagian organisasi krisis ulama ini juga terjadi. Dari organisasi itu, ada yang kesulitan untuk mencari seorang saja yang bisa baca kitab. Apalagi jika kita ingin mencari ulama yang rabbaniyyun, yaitu ulama yang tidak hanya berilmu, punya hapalan, punya pemahaman yang baik, tetapi juga ulama yang diambil pengamalannya dan akhlaknya. Umumnya ulama-ulama salaf seperti ini. Karena itu, dikatakan bahwa jika engkau mendengar ulama yang terkenal, tetapi tidak memperhatikan shalat jamaahnya atau lebih sering masbuk maka igsil yadaka minhu, ‘cuci tanganmu darinya’. Hari ini kita mungkin punya banyak ulama yang berilmu, tetapi sangat sulit menemukan yang berkarakter rabbani.

Pada akhirnya, yang tinggal adalah orang-orang bodoh. Padahal makin menjelang hari kiamat persolan menjadi semakin banyak, semakin kompleks. Dulu mungkin persolan masih sederhana karena akhlak orang tidak seperti itu.  Bahkan ada sesuatu yang tidak dibayangkan terjadi, akhirnya terjadi. Ada amalan yang sebelumnya tidak dibayangkan akan dapat dilakukan oleh umat ini, ada juga perbuatan yang dulu dianggap sebagai dosa besar sekarang dianggap sebagai hal yang sepele, dosa kecil, lumrah. Ini karena makin dekatnya hari kiamat. Persoalan semakin banyak sehingga kebutuhan terhadap ulama makin besar. Karena ulama makin sedikit sementara kebutuhan akan ulama makin banyak, orang-orang mencari siapa yang bisa memberi jawaban atas permasalahn mereka. Akhirnya, tinggallah atau muncullah نَاسٌ جُهَّالٌ Dalam riwayat yang lain, “fa idzaa lam yabqa ‘aalimun.” Dalam riwayat yang lain, “fa idzaa lam yubqi ‘aaliman”, ketika Allah tidak lagi menyisahkan satu alim pun. Ittakhadzannasu ru-uusal juhhaala. Dalam riwayat lain,  Ittakhadzannasu ruasa juhhaala, ‘orang mengangkat pemimpin-pemimpin yang bodoh’.

Dahulu umara dan ulama adalah satu kesatuan. Sekarang dua hal ini didikotomikan: Dia ‘alim dan dia ‘amir. Mereka telah menjadi pemimpin dan masalah semakin kompleks. Umat lalu meminta fatwa kepada mereka فَيَبْقَى يُسْتَفْتَوْنَ mereka pun menjawab. Parahnya, mereka menjawab tanpa sikap wara’. Tidak mengapa kita digelari ulama, tetapi jangan berlaga seperti ulama. Janganlah kita berani berfatwa sebagaimana para ulama berfatwa. Kalau kita ditanya, seharusnya kita menjawab, “Laa adrii, Allahu ’Alam, Laa a’lam”. Inilah yang dilakukan oleh orang-orang shaleh dahulu. Hal yang tidak mereka sanggupi, tidak akan dijawab, wa maa ana minal mutakallifiin, ‘saya bukan orang yang memaksa-maksakan diri.’ Parahnya, mereka menjawab pertanyaan yang diajukan kepada mereka.

Sebagian sahabat menyatakan bahwa jika seandainya pertanyaan-pertanyaan seperti itu diajukan dahulu di zaman Umar bin Khattab niscaya Umar tidak akan langsung menjawabnya, tetapi beliau akan mengumpulkan dulu veteran-veteran Perang Badar untuk dimintai pendapatnya barulah dikeluarkan fatwa. Sebagaimana perkataan Abdurrahman bin Abi Lailah bahwa saya bertemu dengan 120 sahabat, setiap mereka ditanya mereka berharap bahwa temannya saja yang menjawab.  Akhirnya ditanyalah yang kedua, lalu ke yang ketiga dan seterusnya sampai akhirnya kembali kepada sahabat yang pertama. Mereka khawatir berfatwa. Bahkan Bara’ bin Asib mengatakan saya menemui 300 orang yang ikut Perang Badar, setiap ditanya mereka berhati-hati untuk menjawab bahkan berharap agar temannya saja yang menjawab. Abdullah bin Mas’ud radiallahu anhu mengatakan bahwa orang yang menjawab semua pertanyaan yang diberikan padanya adalah orang gila. Dalam sebagian riwayat, meskipun tidak shahih, tetapi maknanya mungkin benar, “Orang yang paling lancang berfatwa di antara kalian adalah orang yang berani terjun ke dalam neraka.”

Saat ini begitu banyak  terjadi hal yang seperti ini. Alhamdulillah telah banyak televisi sunnah. Namun, di televisi-televisi nasional banyak ditampilkan pelawak dan artis yang juga memakai sorban dan sejenisnya. Dengan berbekal sedikit hapalan Alquran dan hadis yang itu pun tidak diketahui shahih atau tidak. Mereka ditanya dan mereka menjawab semua pertanyaan itu. Tidak pakai dalil Alquran dan Sunnah, tetapi dijawab dengan logika-logika mereka. Ini sangat berbahaya. Ini termasuk dosa yang sangat besar. Hal ini adalah was-was setan. Makanya Allah mengingatkan, “Jangan mengikuti langkah-langkah setan.”

Berfatwa tanpa ilmu adalah dosa yang sangat besar. Allah berfirman dalam surah Al Nahl: 116

1

“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta “Ini halal dan ini haram”, untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung selama-lamanya.”

Dari situ mungkin mereka akan mendapatkan kesenangan yang sementara dalam berfatwa, terkenal, dapat bonus-bonus, apalagi yang sesuai dengan pesan sponsor, naudzubillah! Akan tetapi, akan mendapatkan siksa yang pedih. Bahkan Imam Ibnu Qayyim mengatakan bahwa dosa yang lebih besar daripada kesyirikan adalah berfatwa tanpa ilmu. Satu kitab penting beliau terkait masalah ini yang harus dibaca oleh para penuntut ilmu khusunya mahasiswa jurusan syariah, yaitu ‘Ilaamul Muwaqqiin ‘an Rabbil ‘Aalamiin, ‘Penyampaian kepada Para Juru Fatwa.’ Perlu dibaca pesan-pesan dalam berfatwa, kaidah-kaidahnya, dan lain-lain.

Pendapat Ibnul Qayyim rahimahullahu taala bahwa berfatwa tanpa ilmu lebih besar dosanya daripada syirik disandarkan pada firman Allah pada surah Al A’raf: 33

2

“Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.”

Kata beliau ayat ini mengurutkan dosa dari yang terkecil hingga yang terbesar. Pada ayat ini, berkata tanpa ilmu berada setelah kesyirikan. Menyiratkan bahwa berkata tanpa ilmu lebih besar dosanya daripada kesyirikan. Hal ini karena pelakunya telah mengangkat dirinya sebagai sekutu bagi Allah karena hanya Allah yang berhak mengatakan, “Ini halal dan ini haram.”

Zaman kita hari ini mirip dengan zaman yang dikatakan oleh Abdullah bin Mas’ud radiallahu anhu, “Kalian berada di zaman sedikit ulamanya, banyak khotibnya dan kami dulu di zaman yang sedikit khotibnya dan banyak ulamanya.” Tidak banyak teori dan kata-kata indah, tetapi perkataan yang selalu sesuai dengan Alquran dan Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. Janganlah kita menjadi orang sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Isra’ Mi’raj ketika Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam diperlihatkan pemandangan neraka dan dikatakan kepadanya inilah para pengkhotbah dari umatmu yang pandai berbicara, tetapi dia sendiri tidak mengamalkannya atau mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan dalil yang ada. Akibatnya, seperti yang dikatakan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam فَيُضِلُّونَ وَيَضِلُّونَ karena mereka dimintai fatwa akhirnya mereka sesat dan menyesatkan. Jadilah mereka imam-imam kesesatan.

Terakhir, hadis ini belum pernah didengarkan oleh ‘Aisyah radiallahu taala anha, padahal setelah hijrah beliaulah yang paling dekat dan paling sering menemani Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, sehingga tidak mengherankan jika beliau satu-satunya wanita yang masuk dalam tujuh besar sahabat yang paling banyak beriwayatkan hadis dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. Ini menunjukkan bahwa ilmu Islam ini memang sangat luas.

Para sahabat di masa lalu—ini adalah tradisi—dan para ulama mengecek apakah hadisnya sahih atau tidak, bukan ahad atau mutawatir. Sekadar memastikan apakah orang tersebut tidak salah ingat, tidak salah meriwayatkan. Seperti juga Umar bin Khattab ketika mengecek isti’dzaan tiga kali dari Abu Musa. Karena itu, ‘Aisyah radiallahu taala anha meminta kepada keponakannya untuk mengecek kebenaran hadis tersebut. Ini juga menunjukkan pentingnya murajaah. Setelah dicek dan ternyata hadis tersebut memang benar, ‘Aisyah radiallahu taala anha akhirnya takjub, memberi apresiasi pada Abdullah bin Amr bin Al Ash radiallahu anhum dan bersyukur karena mendapatkan tambahan ilmu. Hal ini di antara bentuk menuntut ilmu di antara para sahabat radiallahu anhum ajma’in.

IMG_3543

Loading

1 thought on “Penjelasan Hadits ke-7307 Shahih Bukhari

Tinggalkan Balasan