111

Departemen Diklat BEM Putri STIBA telah melaksanakan salah satu program kerja  yaitu Daurah Tazwidiyah pada hari Ahad, 20 Dzulhijjah 1436 H/ 04 Oktober 2015. Daurah tazwidiyah berupa pelatihan pengajaran bahasa Arab ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan mahasiswi tentang metode mengajar bahasa Arab sehingga mahasiswi mampu mengajar bahasa Arab  dengan baik.

Acara ini dihadiri oleh 46 orang mahasiswi semester 7, dibuka oleh MC pada pukul 10.00 Wita, dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an, yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ustadzah Armida Abdurrahman, Lc.

Dalam materinya beliau menyampaikan bagaimana hakikatnya menjadi seorang guru yang baik dan cerdas. Di dalam proses belajar mengajar, unsur terpenting terletak pada pengajarnya, di samping siswa(i) yang akan diajar, dan buku ajar. Pengajar memiliki pengaruh 60% dari keberhasilan pembelajaran.

Menjadi pengajar tidaklah mudah. Tidak semua orang yang berilmu mampu menjadi pengajar. Ia harus memiliki beberapa persiapan juga keterampilan untuk menjalankan perannya sebagai pengajar.  Beberapa kriteria yang harus dimiliki yaitu pribadi yang kuat, cerdas, objektif dalam menilai, adil, aktif, siap membantu, mudah memaafkan, tegas tetapi tidak keras, menguasai lebih dari satu buku, menyampaikan bahasa harus benar dan yang paling penting adalah mencintai profesinya, menguasai materi yang akan diajarkannya, tidak menjaga jarak dengan peserta didiknya.

Setiap pengajar juga seharusnya mengetahui langkah-langkah dalam mentransfer ilmu yang dimiliki. Mulai dari memilih materi yang akan diajarkan, lalu memilih metode pengajaran yang sesuai dengan kondisi peserta dan tujuan pembelajaran. Hingga pengaplikasian metode pengajaran agar ilmu dapat diserap secara optimal. Karenanya setiap pengajar juga harus memahami kondisi dan kemampuan masing-masing peserta.

Itulah beberapa hal penting dari  materi yang dipaparkan oleh dosen yang sudah memiliki pengalaman mengajar bahasa Arab selama beberapa tahun ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan praktik mengajar. Panitia membagi peserta dalam dua kelas, yang masing-masing dibimbing oleh seorang ustadzah. Di kelas inilah peserta pelatihan berusaha mempraktikkan materi yang telah didapatkan. Kelas dibentuk seolah kelas pembelajaran yang sesungguhnya. Beberapa peserta berperan sebagai pengajar dan yang lain sebagai siswa.

Acara ini ditutup pada pukul 12.50. Dua dosen pelatih memberikan tugas pembuatan beberapa modifikasi permainan bahasa yang tidak sempat diselesaikan karena waktu yang terbatas. Permainan ini  dapat dijadikan sebagai selingan saat siswa  merasa bosan.

Alhamdulillah, semua rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan baik atas taufiq dari Allah ‘Azza wa Jalla, serta kerjasama yang baik dari semua pihak, khususnya delapan orang panitia yang sangat membantu kelancaran kegiatan.

Semoga dengan pelatihan ini para peserta yang merupakan calon-calon pengajar bahasa Arab dapat memahami hakikat seorang pengajar yang baik dan mampu mengaplikasikan  ilmu dan metode- metode pengajaran yang telah didapatkan di masa yang akan datang.

Loading

Tinggalkan Balasan