isitsqa1

Kendati Makassar dan sekitarnya sempat diguyur hujan sehari sebelumnya, shalat Istisqa tetap diselenggarakan di Lapangan Badar STIBA Makassar pada hari Ahad, 19 Muharram 1437 H (31/10).

Memang ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang hukum shalat Istisqa ketika hujan telah turun. “Mayoritas ulama mengatakan, jika menjelang salat Istisqa, hujan turun, maka shalat tetap dilaksanakan karena musibah kekeringan dan paceklik belum berhenti dengan sekali hujan,” ujar Ketua STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Yusran Anshar menjelaskan alasan shalat Istisqa tetap diadakan.

“Kebutuhan akan air juga tidak akan hilang seketika, apa lagi jika sebagian tempat belum hujan. Maka kita mendoakan juga untuk mereka, serta kita juga berdoa agar hujan yang turun adalah hujan rahmat bukan azab,” lanjut Ustaz Yusran.

Sejak pukul 06.00, masyarakat berjubel berdatangan ke Lapangan Badar untuk turut melaksanakan shalat Istisqa. Suasana tak ubahnya seperti shalat Ied. Tampil sebagai imam dan khotib salah seorang dosen tetap STIBA Makassar, Ustadz Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc., M.A. Dalam khotbahnya, Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan taubat, menurut Ketua MIUMI Sulsel ini, akan mendatangkan rahmat Allah berupa turunnya hujan (Baca juga: Naskah Khotbah Shalat Istisqa, Lapangan Badar STIBA Makassar-Muharram 1437 H).

Loading

Tinggalkan Balasan