bank sampah

STIBA Makassar-Sabtu, 25 Muharram 1437 H/7 November 2015.

Ada yang menarik di STIBA pada pagi yang bertepatan dengan hari libur itu. Selepas kegiatan khas pekanan asrama, amal jama’i, Bagian Tata Lingkungan & Kerumahtanggaan STIBA menginisiasi acara sosialisasi tata kelola bank sampah. Acara ini bertempat di Aula STIBA. Dibantu bagian kebersihan asrama, acara yang mengundang Andi Nurdianza dari LSM YPN (Yayasan Peduli Negeri) sebagai pembicara ini, dimulai pada pukul 08.30 Wita.

Persoalan sampah adalah masalah yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari setiap orang, tak terkecuali di lingkungan kampus dan asrama. Pada sosialisasi ini pembicara menyampaikan pentingnya mengelola sampah agar tidak menjadi masalah, bahkan bisa mendatangkan keuntungan.

Pada acara ini, beliau juga menyampaikan beberapa fakta yang menggugah kepedulian terkait persoalan sampah. Menurutnya, sampah di tingkat rumah tangga (60-70 %) didominasi oleh sampah sisa makanan, hal ini berarti cukup banyak makanan yang dibuang (mubazir) setiap hari. Fakta lain yang beliau sampaikan bahwa setiap hari, setiap orang menghasilkan dua sampah kantong plastik. Bisa dibayangkan berapa banyak sampah kantong plastik yang dihasilkan setiap orang dalam satu tahun. Dan berapa jumlah sampah kantong plastik yg dihasilkan oleh masyarakat di sebuah wilayah. Padahal sampah plastik baru bisa terurai setelah lebih dari 100 tahun. Betapa banyaknya jumlah sampah plastik yang ada hingga masa terurainya nanti.

Jika tidak diatasi, sampah bisa menjadi masalah terutama kebersihan lingkungan dan kesehatan. Namun jika dikelola dengan baik, sampah bisa bernilai ekonomis. Caranya dengan memilah-milah sampah, yaitu memisahkan sampah organik dan non organik. Sampah non organik pun perlu dipisahkan lagi baik jenis kertas, plastik, botol, kaleng dan lain-lain. Agar bernilai ekonomis, sampah organik harus dibuat kompos, dan untuk sampah non organik bisa dijual kepada bank sampah atau ke pengepul barang-barang daur ulang.

Mahasiswa terlihat antusias mengikuti pemaparan selama kurang lebih satu jam oleh pembicara. Cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta, bahkan setelah acara ditutup pada pukul 10.00 Wita. Semoga antusiasme tersebut menjadi indikasi bertambahnya kepedulian terhadap persoalan lingkungan dan juga sampah baik di kampus, asrama dan lingkungan rumah masing-masing. (habib-Infokom BEM).

Loading

Tinggalkan Balasan