d1

“Setetes Darah Anda, Berjuta Makna bagi Kami”, adalah tagline kegiatan donor darah BEM STIBA yang diadakan Sabtu pagi, 26 safar 2015/ 5 desember 2015 yang berlangsung di Masjid Anas bin Malik, Kampus STIBA Makassar. Masih menerusi event stiba berbagi, hari ini departemen sosial BEM STIBA Makassar bersama UTD PMI Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan donor darah yang sempat tertunda.

Acara yang sedianya dijadwalkan pada pukul 08.00 Wita itupun diundur hingga pukul 10.00 Wita karena beberapa kendala. Meski demikian, antusias mahasiswa STIBA untuk mendonorkan darahnya melebihi perkiraan panitia. Dari 80 kantong darah yang disiapkan pihak UTD PMI, semuanya terpenuhi. Bahkan masih banyak peserta yang batal mendonorkan darahnya, itu belum termasuk peserta yang tertolak karena tidak memenuhi syarat sebagai pendonor darah karena berat badan tidak mencapai 47 kg atau Hb darah minimal 12,5.

Sebagian peserta mengaku, donor darah ini adalah pengalaman yang pertama kali. Tegar (19 th), mahasiswa semester pertama ini mengaku motivasi ikut donor darah selain untuk berbagi juga agar bisa menaikkan berat badannya. Sementara Alansyah (17 th), juga mahasiswa semester pertama, ingin dirinya menjadi lebih sehat setelah donor darah. Ditemui beberapa hari setelah donor, Anshar (20 th) mahasiswa semester tiga mengatakan, sebagai pengalaman pertama awalnya agak takut juga, tapi ternyata biasa saja waktu diambil darahnya. Badan juga jadi lebih fit setelah donor, sehingga jika ada acara donor seperti ini lagi ia bersedia ikut lagi.

Bpk. Kamarudin salah satu tim UTD PMI yang bertugas, mengapresiasi antusiasme mahasiswa STIBA yang terhitung tinggi pada kesempatan ini. Rata-rata pendonor pada event donor darah di kampus seperti ini diikuti 30-50 orang. Menyambung pernyataan Tegar, beliau mengatakan bahwa dengan donor darah yang rutin memang bisa menaikkan berat badan, karena donor darah berimplikasi pada metabolisme tubuh yang baik sehingga meningkatkan nafsu makan. Keuntungan menjadi donor darah lainnya adalah bisa mencegah gagal ginjal, membuat sirkulasi darah dalam tubuh jadi lebih baik, dan secara tidak langsung memeriksakan kesehatan karena setiap darah yang didonorkan akan dicek di laboratorium dan hasilnya akan disampaikan kepada pendonor. Dan yang paling utama, donor darah bisa membantu orang lain yang membutuhkan.

Alhamdulillah kegiatan donor darah tersebut pun selesai pada pukul 14.30 Wita, menutup seluruh rangkaian kegiatan STIBA berbagi yang diadakan oleh Departemen Sosial BEM STIBA Makassar semester ini. Mudah-mudahan kegiatan berbagi seperti ini bisa diagendakan secara rutin, karena ternyata berbagi itu membahagiakan. (Habib – infokom BEM STIBA)

d2

Loading

1 thought on “Donor Darah Mahasiswa STIBA, Terkumpul 80 Kantong Darah

Tinggalkan Balasan