Transkrip Rekaman Taklim Hadits Pekanan Ketua STIBA Makassar

Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A.

(Setiap Kamis Bakda Magrib di Masjid Darul Hikmah DPP Wahdah Islamiyah

Dari Kitab al-Lu’lu’ wa al-Marjan fi Ma Ittafaqa ‘alaihi asy-Syaikhan

 اللؤلؤ والمرجان فيما اتفق عليه الشيخان

================

Bab 25. Hal-Hal yang Diminta Perlindungan darinya pada Saat Shalat

 

Dalam bab ini disebutkan tiga hadits,

حديث عَائِشَةَ، قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَسْتَعِيذ فِي صَلاَتِهِ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ

  1. Hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha beliau mengatakan, “Aku telah mendengarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta perlindungan dalam shalatnya dari fitnah Dajjal.”

 حديث عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَدْعُو فِي الصَّلاَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذَ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوذ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَالِ، وَأَعُوذ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَفِتْنَةِ الْمَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ، فقَالَ لَهُ قَائِلٌ: مَا أَكْثَرَ مَا تَسْتَعِيذُ مِنَ الْمَغْرَمِ فَقَالَ: إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا غَرِمَ حَدَّثَ فَكَذِبَ وَوَعَدَ فَأَخْلَفَ

  1. Hadits Aisyah istri dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa pada waktu shalat, “Wahai Allah, aku meminta perlindungan padamu dari azab kubur, dan aku meminta perlindungan padamu dari fitnah al-Masih ad-Dajjal, dan aku memohon perlindungan padamu wahai Allah dari fitnah kehidupan, dan fitnah kematian. Ya Allah aku meminta perlindungan padamu dari dosa dan utang. Ada seseorang yang mendengarkan hal itu, lalu bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Begitu seringnya engkau wahai Rasulullah meminta perindungan dari utang.” Beliau mengatakan, “Sesungguhnya seseorang jika berutang, kalau dia berkata dia akan berdusta. Dan apabila dia berjanji maka dia akan menyelisihi janjinya.

 حديث أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَدْعُو: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

  1. Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa, “Ya Allah aku meminta perlindungan padamu dari azab kubur, dan dari azab neraka dan dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian dan dari fitnah al-Masih Dajjal.

Hadits-hadits di atas menjelaskn beberapa contoh isti’adzah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. al-isti’adzah artinya meminta perlindungan. Ulama kita menjelaskan bahwa al-isti’adzah adalah termasuk ibadah yang sangat penting. Oleh karenanya ketika para ulama menyebutkan tentang contoh-contoh ibadah yang tidak boleh dipalingkan kecuali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, mereka tidak lupa menyebutkan al-Isti’adzah. Dan karena pentingnya masalah ini, dalam Al-Qur’an ada ayat-ayat khusus tentang al-isti’adzah yang dikenal dengan surat Al-Mu’awwizatain, surat tentang meminta perindungan yaitu dalam surat al-Falaq dan serta an-Nas.

Al-isti’adzah merupakan salah satu bentuk doa, makanya pada hadits yang ketiga ratus empat puluh lima disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa, dan doanya ternyata al-isti’adzah. Karena pada hakikatnya, jika kita perhatikan seorang yang berdoa dengan doa apa saja, maka pasti dia tidak akan lepas dari dua hal yaitu meminta manfaat pada Allah Subhanahu wa Ta’ala seperti meminta rezki, ilmu dan meminta agar diberi anak atau  meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk dijauhkan dari kemudharatan atau dari suatu bahaya atau sesuatu yang ditakuti.

Untuk yang pertama, ini yang kadang dimaksudkan dengan al-Isti’anah yaitu meminta pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk mendapatkan sesatu yang kita inginkan. Jadi, ketika kita meminta rezki maka pada hakikatnya kita meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk dibantu dalam usaha-usaha kita, karena tidak mungkin kita meminta rezki lalu kita berpangku tangan. Ketika kita meminta anak umpamanya maka tentu saja, tidak mungkin kita meminta anak lalu kita tidak berusaha, seperti halnya seseorang yang belum nikah lalu minta anak umpamanya maka itu tidak mungkin. Maka harus ada usaha. Oleh karena itu dikatakan al-isti’anah meminta pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Adapun minta dijauhkan dari bahaya, inilah yang dibahasakan dengan al-isti’adzah atau meminta perlindungan.

Al-isti’anah hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, kita meminta bantan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk sesuatu yang kita inginkan hanya ditujukan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Demikian pula minta dijauhkan dari sesuatu yang ditakuti dan tidak kita inginkan juga hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Masalah al-isti’adzah ini telah dibahas panjang lebar oleh ulama kita, terutama ketika membahas tafsir dari surat al-Falaq dan surat an-Nas. Dan juga ketika mereka memulai tafsir dari Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an dimulai dengan surat Al-Fatihah dan membaca Al-Qur’an dimulai dengan isti’adzah. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

فإذا قرأت القرآن فاستعذ بالله من الشيطان الرجيم

“Apabila kalian hendak membaca Al-Qur’an maka berlindunglah kepada Allah dari godaan Setan.” (Q.S. an-Naml: 98).

Maka pembahasan isti’adzah ini dibahas panjang lebar oleh ulama kita dalam buku-buku tafsir mereka, umumnya pada permulaan tafsir surat al-Fatihah. Di antaranya, jika ingin melihat pembahasan yang sangat baik tentang masalah ini adalah tafsir Ibnu Katsir  rahimahullah ketika beliau mulai menafsirkan surat Al-Fatihah, beliau memulai dengan membahas basmalahnya, lalu membahas ayat-ayatnya. Sebelumnya beliau terlebih dahulu membahas al-Isti’adzah atau meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala baik dari segi hukum, apakah hukumnya wajib atau sunnah, di mana khilafnya dan seterusnya. Ini dibahas secara lengkap oleh ulama kita.

Di antara ulama yang memberikan perhatian khusus terhadap al-Isti’adzah adalah al-Imam an-Nasaai rahimahullah. Beliau memiliki kitab as-Sunan atau Sunan Nasaai dan beliau memiliki satu pembahasan khusus tentang masalah ini yaitu kitab al-Isti’adzah yang terdapat pada bagian-bagian akhir dalam kitab beliau Sunan an-Nasaai tersebut. Dan dalam kitab ini beliau memuat sekian banyak hadits yang menyebutkan tentang

اللهم إني أعوذ بك

“Yaa Allah, Sesungghnya aku berlindng kepadaMu.”

Hal Ini perlu dihafalkan, karena kadang kita tidak tahu bahwa sesuatu itu berbahaya sehingga kita ingin memperolehnya, padahal mungkin Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta perlindungan darinya. Oleh karena itu, kita perlu tahu apa saja yang perlu kita minta, sebagaimana kita juga perlu tahu apa saja yang perlu kita meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala darinya.

Dalam kitab al-Isti’adzah karya Imam Nasaai disebutkan hadits-hadits yang menjelaskan masalah itu. Buku tersebut perlu dibaca oleh para penuntut ilmu bahkan oleh setiap muslim untuk memperkaya khazanah doa-doanya agar dia lebih banyak berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap hal-hal yang dibutuhkannya.

Untuk pembahasan kita kali ini, maka kita akan membahas secara khusus apa yang disebutkan oleh penulis kitab ini. Beliau memuat tiga hadits yang membahas tentang isti’adzah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada waktu shalat.

Yang pertama hadits Aisyah radhiyallahu Ta’ala ‘anha beliau mengatakan, “Aku telah mendengarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta perlindungan pada waktu shalatnya”.

Tidak disebutkan di mana letaknya, beliau mengatakan pada waktu shalat jadi antara takbir sampai salam. Beliau meminta perlindungan dari fitnah Dajjal. Namun beberapa riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dan juga ada periwayatan Imam Muslim mengisyaratkan bahwa yang dimaksudkan di situ dengan shalat adalah waktu menjelang berakhirnya shalat dan secara tepat adalah sebelum beliau salam, yaitu setelah beliau membaca tasyahud. Hal ini diisyaratkan dalam riwayat imam Ahmad dan dalam riwayat Muslim lebih ditekankan lagi pada saat tasyahud sebelum salam.

Ini adalah tempat-tempat  doa diistijabah maka perlu memperbanyak doa. Makanya pada saat tasyahud, setelah membaca shalawat jangan langsung salam. Afdhalnya, bahkan sebagaimana yang kita sebutkan bahwa sebagian ahli hadits dari sebagian adz- Zhahiriyah mewajibkan untuk beristi’adzah dari empat perkara. Dan dalam hadits ini ternyata bukan cuma empat perkara, beberapa hal juga perlu untuk kita meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala darinya dalam shalat. Bahkan kata ulama kita setelah membaca doa perlindungan dari empat perkara ini, sebelum salam kita masih bisa menambah dengan doa-doa yang lain.  Karena ini merupakan tempat yang baik untuk berdoa. Apatah lagi, ini kesempatan terakhir, karena tidak ada lagi sujud, yang merupakan waktu yang baik bagi kita untuk waktu kita berdoa.

Dalam riwayat ini dikatakan bahwa beliau berlindung dari fitnah Dajjal, apa makna fitnah? Fitnah artinya ujian dan cobaan, bukan fitnah yang dipahami dalam bahasa Indonesia kita. Ketika seseorang dituduh dengan tuduhan yang tidak benar, kita katakan saya difitnah oleh Fulan. Adapun bahasa syariatnya bukan seperti itu, karena kalau dalam bahasa syariat bila seseorang berbicara tentang kita terhadap hal-hal yang benar tapi kita tidak sukai maka itu disebut dengan gibah. jika dia membicarakan kita terhadap hal-hal yang tidak terjadi kepada kita maka ini dalam bahasa syariatnya disebut dengan bukhtan. Makanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan

فَقَدْ بَهَتَّهُ

“Maka sesungguhnya kamu telah memfitnahnya.”

Adapun fitnah bahasa syariat makna fitnah adalah sebagaimana kata Imam ar-Raghib al-Asfahani bahwa fitnah dalam bahasa Arab adalah ketika seseorang memasukkan emas ke dalam api untuk menguji keaslian emas tersebut. Proses di mana seorang tukang besi atau tukang emas mengecek kemurnian emasnya dengan memasukkannya ke dalam api, maka proses itu yang disebut dengan fitnah. Maka dari  sini bisa diketahui bahwa fitnah itu adalah sesuatu yang berat karena dimasukkan ke dalam api. Dan dari sini juga bisa dipahamai bahwa tujuan fitnah adalah untuk menguji benar tidaknya sesuatu, asli tidaknya sesuatu. Makanya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لا يُفْتَنُونَ

“Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji.” (Q.S. al-Ankabut: 2)

Maksudnya, tidak berhak kita mengkalim kita beriman padahal kita belum lulus ujian dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

ولَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

“Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. al-Ankabut: 3).

Ini adalah salah satu bantahannya, ketika para sahabat diuji dengan ujian yang cukup berat di Makkah lalu mereka datang mengeluh kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan mereka bahwa orang-orang sebelum mereka ada di antaranya yang digergaji, dibelah dua hingga terpisah badannya. Tapi itu tidak membuat mereka murtad dari agamanya. Jadi jika mau diketahui keimanannya maka harus diuji dulu, tidak mungkin seseorang mengklaim telah beriman, tetapi ujian-ujian yang ringan saja belum mampu dihadapinya. Atau dia terlalu cengeng untuk menghadapinya. Seorang mukmin tidak boleh meminta ujian, tapi dia selalu siap diuji oleh Allah Sbhanahu wa Ta’ala. Karena tidak ada kehidupan di dunia kecuali ujian demi ujian. Oleh karena itu, makna fitnah Dajjal, adalah ujian Dajjal.

Dalam riwayat yang kedua disebutkan al-Masih Dajjal. Dajjal selalu disifatkan dengan al-Masih. Ada dua yang disebut dengan al-Masih, yaitu Isa al-Masih dan al-Masih Dajjal. Perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya karena mereka adalah musuh bebuyutan. Isa ‘alaihi salam beliau yang akan membantu Muhammad bin Abdillah al-‘alawi al Hasani atau Mahdi versi ahlu sunnah yaitu Muhammad bin Abdullah keturunan dari Hasan bin Ali bin Abdil Muthalib untuk membunuh Dajjal. Maka Isa ‘alaihi salam sebenarnya lawan dari Dajjal tapi dalam bahasa hadits, Dajjal digelar dengan al-Masih begitu pula dengan Nabi Isa ‘alaihi salam.

Para ulama menyebutkan bahwa Dajjal ketika digelari sebagai al-Masih, maka di antara penafsirannya adalah kata masaha berarti mengusap dalam bahasa Arab. Kenapa Dajjal digelar dengan al-Masih? Di antara penafsirannya yang disebutkan, karena dia seakan-akan mengusap bumi ini. Karena Dajjal itu nanti ketika datang, maka dia akan mengelilingi seluruh dunia. Tidak ada satu negeri pun kecuali dia mendatanginya untuk memfitnah penduduknya. Kecuali Makkah dan Madinah karena akan dijaga oleh para Malaikat sehingga Dajjal tidak mampu memasukinya. Makanya dikatakan seakan-akan dia mengusap dunia ini karena dia akan mengelilinginya dengan mudahnya. Yang kedua, diakatakan bahwa dia disebut sebagai al-Masih karena diusap matanya maksudnya hilang matanya, sebagaimana ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyifatkan Dajjal, beliau bersabda,

Dari Anas radhiyallah ‘anhu beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiada seorang Nabi pun yang diutus oleh Allah, melainkan ia benar-benar memberikan peringatan kepada umatnya tentang makhluk yang buta sebelah matanya serta maha pendusta. Ingatlah sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah matanya dan sesungguhnya Tuhanmu ‘Azzawajalla itu tidaklah buta sebelah seperti Dajjal. Di antara kedua matanya itu tertulislah huruf-huruf kaf, fa’, ra’ -yakni kafir.” (Muttafaq ‘alaih)

Jadi karena matanya yang tidak berfungsi sebelah maka disebut dengan al-Masih. Inilah di antara penafsirannya.

Adapun Nabi Isa ‘alahi salam, disebut dengan al-Masih di antaranya karena beliau itu memiliki beberapa mukjizat di antaranya menyembuhkan orang-orang yang sakit. Dan kadang beliau sekadar membasuh atau mengusap maka penyakit kulit seseorang bisa sembuh dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan dengan beberapa penafsiran yang lainnya wallahu a’lam.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minta perlindungan dari fitnah Dajjal dan fitnah Dajjal adalah fitnah yang besar, bisa dibayangkan bahwa fitnah Dajjal ini bukan tanda-tanda kiamat kecil, dia termasuk tanda-tanda kiamat besar. Sepuluh tanda kiamat besar yang muncul ketika menjelang hari kiamat dan bahkan ada yang ketika tanda tersebut muncul maka terjadilah kiamat.  Datangnya Dajjal termasuk dari sepuluh tanda kiamat besar. Dan tanda kiamat kecil saja ketika sudah datang maka itu tanda bahwa dekatnya hari kiamat. Namun meskipun tanda kiamat besar ini masih lebih jauh dari tanda kiamat kecil, tapi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sering mewanti-wanti para sahabat akan bahaya Dajjal, bahkan beliau mengatakan kepada para sahabatnya, bahwa seluruh Nabi sejak Nabi Nuh ‘alaihi salam, beliau sudah mengingatkan umatnya akan bahaya Dajjal.

Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, di antara tanda-tanda kiamat, ketika pembahasan tentang Dajjal sudah terlupakan di atas mimbar-mimbar. Sekarang kita masih khawatir akan fitnah Dajjal, menjelang kiamat orang-orang sudah lupa akan bahaya Dajjal. Sudah tidak lagi dibahas dalam majelis-majelis taklim, pengajian-pengajian, dan mimbar-mimbar khotbah, maka ketika orang-orang telah lupa akan bahaya Dajjal, maka mereka akan mudah untuk mengikuti Dajjal. Apatah lagi Dajjal adalah seorang pendusta besar. Dikatakan pendusta besar karena dia mampu untuk menipu seseorang, nerakanya disangka sebagai surga dan surganya pada hakikatnya adalah neraka. Jadi, dia menawarkan surga tapi pada hakikatnya neraka dan neraka yang dia peringatkan itu sebenarnya adalah surga. Maka begitu banyak yang menjadi pengikutnya terutama Yahudi dari kalangan al-Asbahan atau Persia dan sangat sedikit yang selamat darinya.

Di antara jalan keluar agar selamat dari fitnah Dajjal adalah dengan menghafal awal-awal dari surat al-Kahfi.  Dalam riwayat Muslim ada khilaf, dan dari beberapa riwayat, apakah yang dimaksud sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi atau sepuluh ayat yang terakhir. Namun mungkin wallahu ‘alam yang paling rajih adalah sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi, tapi kalau mau menghafal sepuluh ayat terakhir juga tidak mengapa. Dan ini yang lebih shahih tentang keutamaan surat al-Kahfi. Adapun membaca surat al-Kahfi di malam Jumat atau di hari Jumat, itu adalah penjelasan dan nasihat dari ulama kita. Dan banyak ulama kita yang menjelaskan yang seperti itu dan menganjurkan. Walaupn haditsnya masih ada perbincangan di kalangan ulama-ulama hadits, namun yang melakukannya dan merutinkannya insya Allah tidak mengapa karena banyak ulama juga yang menyebutkan yang seperti itu. Namun yang tidak diragukan tentang keshahihannya adalah manfaat mengahafal surat al-Kahfi dan secara khusus sepuluh ayat dari surat al-Kahfi sebagai perlindungan dari bahaya Dajjal. Karena itu usahakan untuk menghafalkan sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi, dan juga lebih baik bila menghafalkan sepuluh ayat terakhirnya.

Loading

Tinggalkan Balasan