hafl4

 

Haflah Ikhtitam, atau Kuliah Penutupan yang merupakan agenda rutin STIBA Makassar setiap jelang liburan akhir semester, kali ini terasa lebih spesial. Betapa tidak, untuk kali pertama Haflah Ikhtitam STIBA diadakan di luar kampus. Dan tak tanggung-tanggung, haflah kali ini diadakan di salah satu kota yang merupakan destinasi wisata yang sedang naik daun. Kota Bantaeng, di sanalah kali ini haflah ikhtitam itu diadakan, di mana Bupati Bantaeng birtindak selaku tuan rumah.

Haflah ikhtitam ini diadakan pada Sabtu malam selepas Isya, 29 Rabiul Awal 1437 H/9 Januari 2015 M, bertempat di alun-alun Pantai Seruni. Selain dihadiri oleh Bupati Bantaeng, nampak hadir di deretan kursi-kursi tamu Ketua DPRD Bantaeng, beberapa Kadis, dan anggota DPRD Bantaeng.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua STIBA Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. yang memaparkan secara singkat selayang pandang STIBA Makassar. Tak lupa Ustadz Muhammad Yusran menghaturkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu terlaksananya kegiatan haflah tersebut, dan secara khusus kepada Bupati Bantaeng beserta jajaran, Ketua DPRD Bantaeng dan DPD Wahdah Islamiyah Bantaeng.

Pada sesi Kuliah Umum yang dibawakan oleh Bupati Bantaeng Prof. Dr. Nurdin Abdullah, M.Agr. menyampaikan perasaan bahagianya atas kunjungan sivitas akademika STIBA. “Sungguh suatu kehormatan bagi kami semua di Bantaeng dikunjungi para muballigh dan ulama. Saya kira ini adalah sebuah rahmat bagi kami semua di Bantaeng,” ujarnya mengawali sambutan.

Bupati Bantaeng kemudian berkisah tentang ihwal kepemimpinan beliau dari awal dan proses akselerasi kota Bantaeng hingga menjadi seperti sekarang ini. Tampak benar amanah dan integritas adalah hal yang selalu beliau jadikan pegangan selama memimpin Kabupaten Bantaeng. Beliau juga menekankan kerja benar selain kerja jujur dan kerja ikhlas yang selalu beliau motivasikan ke seluruh jajarannya. “Soal rizki, Allah Subhanahu wa Ta’ala  sudah mengaturnya, sehingga tidak perlu macam-macam”, ujarnya. Tentang penghargaan-penghargaan yang Kabupaten Bantaeng terima pada masa kepemimpinannya, beliau tanggapi sebagai bonus, “Yang terpenting kerja benar, penghargaan bukan tujuan awal. Jika program berhasil, masyarakat merasakan buahnya dan penghargaan insyaaLlah akan datang dengan sendirinya”.

Secara zahir, Bantaeng sebagai kota kecil di pesisir Sulsel dengan masyarakat yang didominasi nelayan dan petani tradisional memperlihatkan dirinya sebagai kota yang bersih, rapi dan asri. Dan dari sisi pelayanan kesehatan juga sempat dirasakan langsung oleh dua orang peserta rihlah yang membutuhkan rawatan medis, call center 113 datang dengan ambulance beserta tim medisnya. Patutlah jika nama Bupati Bantaeng, Bpk. Nurdin Abdullah ini sering disebut-sebut media, baik lokal maupun nasional sebagai salah satu kepala daerah berprestasi di Indonesia.

Menyambut mahasiswa STIBA Makassar yang hadir malam itu, beliau sampaikan harapannya kepada generasi muda yang beliau gadang-gadang kelak menjadi para ulama. Menurut beliau, ulama menjadi salah satu elemen penting yang turut mendukung pemerintahan yang baik. Ulama mempunyai peran strategis turut menggerakkan masyarakat untuk hidup berkualitas dan maju bersama-sama, karena ulama sebagai tokoh masyarakat akan didengar. Ulama juga bisa berperan sebagai agen perubahan.

hafl3 hafl2 hafl1 hafl5 hafl7 hafl8hafl6

 

Loading

Tinggalkan Balasan