meraya1

Memanfaatkan kunjungan Ketua STIBA Makassar beserta rombongan yang terdiri dari sivitas akademika STIBA ke Kota Bantaeng, pengurus Masjid Raya Bantaeng mengadakan Tabligh Akbar bertema “Jagalah Allah Maka Allah akan Menjagamu”. Tabligh Akbar ini diadakan pada hari Sabtu antara Magrib dan Isya atas inisiasi pengurus DPD WI Bantaeng.

Ratusan jamaah yang terdiri dari warga Bantaeng, para mahasiswa STIBA, bahkan tampak sejumlah jamaah datang dari Bulukumba dan Jeneponto memadati tabligh akbar yang dibawakan oleh Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. ini.

Ustadz Muhammad Yusran dalam tabligh akbar ini membahas salah satu hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

عن عبْد الله بن عَبّاسٍ -رَضِي اللهُ عَنْهُما- قالَ: كُنْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- يَوْمًا، فَقَالَ: ((يَا غُلاَمُ، إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ؛ احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ الأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ الأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفُ))

Abdullah bin ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma—menceritakan, suatu hari saya berada di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda, “Nak, aku ajarkan kepadamu beberapa untai kalimat: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah, dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah. Ketahuilah, seandainya seluruh umat bersatu untuk memberimu suatu keuntungan, maka hal itu tidak akan kamu peroleh selain dari apa yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan andaipun mereka bersatu untuk melakukan sesuatu yang membahayakanmu, maka hal itu tidak akan membahayakanmu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Menurut Ustadz Yusran, cara menjaga Allah adalah dengan menjaga perintah-perintah-Nya, menjaga hak-hak-Nya, dan menjaga batasan-batasan-Nya.

Tabligh Akbar ini berlangsung hingga waktu Isya. Dari Masjid Raya, seluruh rombongan sivitas akademika STIBA bertolak ke Pantai Seruni untuk mengikuti Haflah Ikhtitam yang digelar di Alun-Alun Pantai Seruni.

Sebelumnya, tepatnya pada sore hari, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bantaeng Hj. Liestiaty F. Nurdin mengadakan pengajian bersama para istri dosen-dosen STIBA Makassar.

meraya2

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan