reksa

Pengelola STIBA Makassar baru-baru ini mengadakan Rapat Evaluasi Kerja Semesteran XVIII. Rapat yang berlangsung Rabu—Kamis, 10—11 Rabiul Akhir 1437 H/20—21 Januari 2016 M ini dihadiri oleh seluruh pengelola.

Ketua STIBA Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. saat membuka rapat tersebut menyampaikan sejumlah pesan. Beliau mengingatkan bahwa di antara fungsi rapat evaluasi ini adalah  sebagai muhasabah, baik muhasabah individu maupun kolektif. Menurut kandidat doktor hadits pada Fakultas Hadits Medinah International University (MEDIU) ini, di saat muhasabahlah beberapa hal yang sebelumnya  sempat terlupa akan teringat kembali. Beliau menyebutkan akibat dari tidak adanya muhasabah ini, terkadang pada saat rapat evaluasi kerja baru seseorang itu teringat kegiatan-kegiatan yang telah ia janjikan dalam prokernya.

Memetik hikmah dari kondisi seperti itu, Ustadz Yusran mengutip beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menggambarkan penyesalan orang-orang yang tak pernah muhasabah di dunia ini.

 

وَوُضِعَ الْكِتَابُ فَتَرَى الْمُجْرِمِينَ مُشْفِقِينَ مِمَّا فِيهِ وَيَقُولُونَ يَا وَيْلَتَنَا مَالِ هَذَا الْكِتَابِ لَا يُغَادِرُ صَغِيرَةً وَلَا كَبِيرَةً إِلَّا أَحْصَاهَا وَوَجَدُوا مَا عَمِلُوا حَاضِراً وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَداً ﴿٤٩﴾

“Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata, “Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun”. (QS. Al-Kahfi: 49).

يَوْمَ يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ جَمِيعاً فَيُنَبِّئُهُم بِمَا عَمِلُوا أَحْصَاهُ اللَّهُ وَنَسُوهُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ ﴿٦﴾

“Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu. “(QS. Al-Mujadilah: 6).

Orang-orang yang tidak pernah memuhasabah program-program kerjanya, pada akhir semester saat akan memberikan laporan pertanggungjawaban, barulah ia teringat. Kaget, seakan tak pernah mencantumkan hal tersebut dalam time schedule program kerjanya.

Ketua STIBA dalam taujihat-nya juga mengingatkan para peserta raker bahwa tak lama lagi Wahdah Islamiyah, ormas Islam yang menaungi STIBA Makassar akan mengadakan Muktamar III. “Diharapkan ada hasil dari raker ini yang bisa jadi bahan untuk disampaikan dalam muktamar nanti. Harapan Wahdah Islamiyah kepada STIBA harus kita buktikan dan hasilkan. Buktikan di hadapan Allah kemudian manusia bahwa kita memang berhak mengemban amanah mulia ini.”

Ustadz Yusran menegaskan bahwa STIBA adalah lumbung kader bagi Wahdah Islamiyah. Karena itu, para pengelola maupun dosen diharapkan tetap berupaya untuk meningkatkan  jumlah dan kualitas mahasiswa.

“Satu orang yang telah mendapatkan hidayah dan mau bergabung dengan STIBA adalah modal besar yang harus kita pertahankan. Dan yang paling mulia dari itu tentu saja adalah menjadikan seorang yang terancam dari sisi keimanan bisa menjadi baik setelah masuk STIBA,” ujarnya.

Beliau kemudian mengutip kisah Imam Syafii bersama seorang muridnya yang bernama ar-Rabii’ bin Sulaiman yang lemah dalam menerima pelajaran. Terkadang satu pelajaran harus diulangi oleh Imam Syafi’i hingga 40 kali, namun tetap saja pelajaran itu tak bisa dipahami oleh ar-Rabii’. Akhirnya karena merasa malu, ar-Rabii’ meninggalkan majelis Imam Syafi’i. Imam Syafi’i kemudian memanggilnya seorang diri dan kembali mengajarinya hingga ia paham. Imam Syafi’i  lantas berkata kepadanya, “Ya, Rabii’, andai ilmu itu seperti makanan, maka saya akan menyuapkannya ke mulutmu.”

“Inilah guru dan murobbi terbaik,” kata Ustadz Yusran, “Karena itu diperlukan semangat dan kerja sama dari seluruh bidang. Mari kita bina mahasiswa kita dalam seluruh potensi yang ada pada mereka. Di sinilah letak keberhasilan sebenarnya, karena jika Allah memberi hidayah kepada seseorang melalui tangan kita maka itu adalah keutamaan yang besar, yang digambarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lebih baik dari humrun naam (onta merah).”

Terkait pembinaan mahasiswa, dosen hadits MEDIU ini juga mengingatkan, “Kita berupaya untuk terus memperbaiki tarbiyah kita dan anak-anak kita. Kadang hidayah terlambat datang, karena itu pahami perbedaan-perbedaan karakter dan kemampuan anak-anak didik dan mutarabbi kita.”

Rapat Evaluasi Kerja Semesteran XVIII ini menghasilkan sejumlah keputusan yang akan menjadi acuan STIBA Makassar dalam menjalankan program-program kerjanya selama Semester Genap TA. 1436—1437 H/2015—2016 M.

Loading

2 thoughts on “Buka Reksa XVIII, Ustadz Yusran: Pahami Perbedaan Karakter dan Kemampuan Anak Didik Kita

Tinggalkan Balasan