festival

Buraydah, Arab Saudi – Mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Qassim Saudi Arabia saat ini berjumlah 45 orang, di mana 34 orang di antaranya adalah para alumni Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar. Baru-baru ini mereka turut berpartisipasi memeriahkan Mahrajan 2 (Festival Budaya) yang diselenggarakan oleh pihak kampus Universitas Qassim KSA. Mahrajan yang bertema “Warisan Budaya Bangsa” ini digelar di aula utama Universitas Qassim dan berlangsung selama 3 hari sejak Ahad, 31 Januari hingga Selasa, 2 Februari. Pada Mahrajan sebelumnya Indonesia menempati urutan ke dua sebagai peserta terbaik.

Ada 17 negara dari benua Asia, Afrika dan Eropa yang ikut dalam Mahrajan kali ini, di tengah pagelaran stand, digelar sebuah panggung hiburan untuk menampilkan persembahan atau pertunjukan yang meghibur khas dari negara masing-masing peserta. Stand Indonesia sendiri dihiasi dengan pernak-pernak khas indonesia seperti wayang, senjata tradisional, miniatur becak dan andong, miniatur kapal phinisi, serta kue pastel, resoles, agar-agar dan songkolo.

Bahkan penanggung jawab stand menyiapkan kompor khusus dan wajan teflon untuk membuat martabak manis. Para pengunjung pameran berhamburan di depan stand tatkala sang koki martabak telah siap dengan hidangannya. Sepintas setelah martabak dipotong, seketika ludes jadi rebutan para pengunjung. Layar LCD berukuran 32 inchi tegak di atas meja stand menayangkan kumpulan film dokumenter tentang keindahan alam indonesia serta tempat-tempat wisatanya.

tongkat

Mainan egrang diperagakan di tengah-tengah pagelaran dengan lihainya oleh mahasiswa indonesia, para pengunjung antusias ingin memainkannya juga, ada yang bisa, ada pula yang baru ingin naik, sudah jatuh. Anak-anak sekolah dasar yang datang berkunjung saling berebut bermain gasing khas Indonesia. Di panggung hiburan, mahasiswa Indonesia menampilkan sandiwara wayang orang, pertunjukan pencak silat dan mainan kurcaci bersarung.

“Acara Mahrajan atau festival budaya bangsa yang diselenggarakan Qassim University tahun ini berhasil meraup perhatian yang cukup besar dari mahasiswa yang terwakili dari berbagai bangsa dan negara; Eropa, Asia dan Afrika. Yang menarik pada festival kali ini adalah keikutsertaan mahasiswa Indonesia dengan performa yang berhasil mengundang decak kagum para penonton dan peserta festival dengan berbagai jajanan seni dan budaya yang unik dan menarik, ditambah lagi dengan penampilan-penampilan spektakuler seperti silat, wayang dan permainan lucu “tori-tori”. Insya Allah ada harapan besar festival tahun ini bisa dimenangkan oleh mahasiswa Indonesia. Saya banyak mendengar apresiasi dari berbgai pengunjung stand dan peserta festival. Intinya mereka kagum dengan Indonesia, bangsa dan aneka ragam budayanya. Semoga mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani studi di Qassim University saat ini bisa memberikan dedikasi yang nyata dan persembahan yg lebih berarti bagi ummat dan bangsa di masa mendatang” ungkap ketua perwakilan Indonesia, Fadli Multazam Ilham. (Mu’tashim Billah-Mahasiswa Qassim University KSA)

 

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan