alquran

Manusia diciptakan oleh Allah di muka bumi ini tujuannya adalah untuk beribadah menyembah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tapi terkadang, tuntutan pekerjaan melalaikan seseorang dari tujuan penciptaannya itu. Bagi sebagian orang, banyaknya kebutuhan hidup menjadikannya hampir-hampir tak punya waktu luang lagi untuk beribadah.

Di antara hal yang diajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pada kita adalah rutin beramal shaleh meskipun amalan itu sedikit dan ringan, atau bahkan dipandang remeh oleh sebagian orang. Namun ternyata tanpa kita sangka, amalan tersebut mengandung pahala yang besar.

Berikut adalah beberapa amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan, namun besar pahalanya, berdasarkan hadits yang shahih:

  1. Membaca: Subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘azhim

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan, dan berat ditimbangan, (yaitu bacaan) 

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ

“Mahasuci Allah dan dengan memuji-Nya, Mahasuci Allah Yang Mahaagung.” (HR. Al Bukhari).

  1. Wudhu dengan sempurna kemudian membaca doa

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna, kemudian selesai wudlu dia membaca: 

 أَشْهَدُ اَنْ لاَإِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

“Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan bahwasanya Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya,”

Maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang jumlahnya delapan, dan dia boleh masuk dari pintu mana saja yang dia sukai.” (HR. Muslim)

  1. Menghadiri shalat Jumat di awal waktu, dengan memerhatikan adabnya

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membasuh (kepalanya) dan mencuci (seluruh tubuhnya) di hari Jumat (mandi junub), lalu berangkat ke masjid pagi-pagi, dan dia mendapatkan khotbah dari awal, dia berjalan dan tidak naik kendaraan, dia mendekat ke khotib, konsentrasi mendengarkan khotbah dan tidak berbicara maka setiap langkahnya (dinilai) sebagaimana pahala puasa dan shalat malam selama setahun.” (HR. Abu Dawud, At tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan dinilai shahih oleh Al Albani).

Abu Zur’ah mengatakan, “Saya tidak pernah menjumpai satu hadits yang menceritakan pahala yang besar dengan amal yang sedikit yang lebih shahih dari hadits ini.”

  1. Shalat Dhuha dua rakaat

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Setiap ruas tulang kalian wajib disedekahi. Setiap tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah. Dan semua kewajiban sedekah itu bisa ditutupi dengan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim dan Abu Dawud).

  1. Berdzikir di masjid setelah Subuh

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, kemudian tetap duduk di masjid sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat maka dia mendapat pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna.” (HR. At Tirmidzi dan dinilai hasan oleh Al Albani)

  1. Membaca Al Qur’an

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali….” (HR. At Tirmidzi, At Thabrani dan dinilai shahih oleh Al Albani).

  1. Membaca zikir ketika masuk pasar atau tempat keramaian

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang masuk pasar kemudian dia membaca: 

 لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

 “Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nyalah seluruh kerajaan, dan milik-Nyalah seluruh pujian. Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Mahahidup dan tidak mati. Di Tangan-Nyalah segala kebaikan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Maka Allah catat untuknya sejuta kebaikan, Allah hapuskan sejuta kesalahan, dan Allah angkat untuknya satu juta derajat.” (HR. At Tirmidzi, Al Hakim, Ad Darimi dan dinilai hasan oleh Al Albani).

  1. Shalat berjamaah di masjid

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah maka pahalanya seperti pahala orang yang sedang haji dalam keadaan ihram.” (HR. Abu Dawud dan dinilai hasan oleh Al-Albani).

  1. Berdzikir ketika terbangun dari tidur

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang terbangun ketika tidur malam kemudian dia membaca, 

لاَ إِلَهَ إلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لهُ ،لهُ المُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ، سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلاَ إِلَهَ إلاَّ اللهُ ، وَاللهُ أَكْبَرُ ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

 “Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah seluruh kerajaan, milik-Nyalah segala pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji milik Allah, Mahasuci Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Allah Mahabesar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah.”

Kemudian dia beristighfar atau berdoa maka akan dikabulkan. Jika dia berwudhu kemudian shalat dua rakaat maka shalatnya diterima.” (HR. Bukhari dan Abu Dawud).

  1. Shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

  1. Membaca shalawat

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, “Barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan sepuluh kesalahan, dan diangkat sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i, shahih).

  1. Menjawab adzan dan membaca doa setelah adzan

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mendengarkan adzan kemudian dia membaca doa,

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ

آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ

“Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna dan shalat wajib yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah dan fadhilah. Bangkitkanlah beliau ke tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.”

Maka dia berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

  1. Membaca dzikir setiap pagi dan sore

Di antara dzikir yang disyariatkan adalah membaca: subhanallah wa bihamdihi‘’

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa di waktu pagi dan sore membaca ‘subhanallah wa bihamdihi‘ seratus kali maka tidak ada seorang pun yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.” (HR. Muslim).

  1. Mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat maka dia mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim).

  1. Rajin beristighfar

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang rajin beristighfar maka Allah akan berikan jalan keluar setiap ada kesulitan, Allah berikan penyelesaian setiap mengalami masalah, dan Allah berikan rizki yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud, hasan lighairihi).

 

Loading

Tinggalkan Balasan