IMG-20160502-WA0031

STIBA Makassar kembali membuktikan perhatian yang besar terhadap Al-Qur’an. Setelah beberapa alumninya berhasil meraih juara dalam lomba yang diadakan oleh Universitas Qashim Saudi Arabia, kali ini STIBA menggelar Musabaqah Hifzhul Qur’an untuk kalangan mahasiswa STIBA dengan total hadiah 63 juta Rupiah. MHQ ini merupakan rangkaian dari Pekan Olahraga dan Wawasan Keislaman (Porsani) ke-10 yang berlangsung selama dua pekan.
Ketua STIBA Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. dalam sambutannya ketika membuka MHQ ini menjelaskan, “Musabaqah Hifzhul Qur’an adalah bagian dari Porsani. Dan Porsani telah kita buka dan berlangsung hampir dua pekan, namun karena mulianya kedudukan Alquran dan pentingnya menghafal al-Qur’an maka dibuatkan acara pembukaan secara khusus.”
Menurut Ustadz Yusran, Al-Qur’an telah dimudahkan untuk diingat, tapi hanya sedikit orang yang mau menghafal dan mempelajarinya. Banyak yang selalu bermimpi ingin menjadi penghafal al-Qur’an tapi tidak mau berusaha. Maka MHQ diharapkan bisa jadi salah satu ajang yang dapat melahirkan hafizh berkualitas.
Setiap tahun STIBA Makassar menerima belasan mahasiswa baru yang hafizh Qur’an. Dan tidak sedikit pula yang menyelesaikan hafalannya pada masa menuntut ilmu di STIBA. Pihak kemahasiswaan telah mengatur jadwal kegiatan mahasiswa, di antaranya dimaksudkan untuk penguatan hafalan mahasiswa, seperti Halaqah Qur’aniyah setiap bakda Subuh, halaqah tarbiyah, hafalan khusus di kelas, dan agenda-agenda mahasiswa yang sifatnya pribadi.
Sebanyak enam kategori diperlombakan dalam MHQ ini, yaitu kategori 5 juz, 10, juz, 15 juz, 20 juz, 25 juz, serta 30 juz dan diikuti oleh 26 mahasiswa dan 27 mahasiswi.

IMG-20160502-WA0030

Loading

1 thought on “Lomba Hafal Qur’an Tingkat Mahasiswa STIBA Berhadiah Total 63 Juta Rupiah

Tinggalkan Balasan