IMG-20160728-WA0027

Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar akan menjadi tuan rumah Tabligh Akbar yang akan diadakan oleh DPP Wahdah Islamiyah. Tabligh Akbar bertema tadabbur Alqur’an “Ketika Alqur’an Berlabuh di Hatimu” ini akan digelar pada hari Sabtu, 25 Syawal 1437 H (30/7) usai shalat Dhuhur dan terbuka untuk umum.

Sebagai narasumber adalah mantan sekjen Ikatan Ulama Muslim Dunia (Rabithah ‘Ulama al-Muslimin) Syaikh Prof. Dr. Nashir bin Sulaiman al-‘Umar hafizhahullah. Syaikh Nashir al-Umar adalah salah seorang ulama fenomenal asal Saudi Arabia, saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Lembaga Tadabbur Alqur’an Internasional.

Berikut Biografi Singkat Syaikh Prof. Dr. Nashir Bin Sulaiman Al-Umar

Nama lengkap beliau adalah Nashir bin Sulaiman Al-Umar. Berasal dari kabilah Bani Khalid Al-Qursyiyah Al-Makhzumiyah yang cukup terkenal. Beliau lahir pada 1373 H/1952 M di desa Maridisiyah, Kota Buraidah, Propinsi Qasim, Saudi Arabia.

Syaikh Nashir bin Sulaiman Al-Umar menyelesaikan pendidikan menengah pada tahun 1390 H dari Ma’had Ar-Riyadh Al-‘Ilmi. Sementara itu pendidikan tingginya beliau selesaikan pada tahun 1394 H dari Fakultas Syari’ah. Kemudian beliau menjadi asisten dosen di Jurusan Studi Al-Qur’an Fakultas Ushuluddin Universitas Imam Muhammad bin Su’ud. Pada 1399H/1979M, beliau meraih gelas Magister dari Jurusan Studi Al-Qur’an Fakultas Ushuluddin. Gelar doktor beliau, diraihnya dari jurusan dan fakultas yang sama pada 1404 H/1984 M. Pada tahun itu juga beliau ditetapkan sebagai asisten profesor pada Jurusan Studi Al-Qur’an, lalu menjadi dosen pendamping pada 1410 H/ 1989 M. Kemudian pada 1414 H/1993 M, beliau diangkat sebagai profesor.

Syaikh Nashir bin Sulaiman Al-Umar memiliki banyak karya tulis berupa kitab dan risalah. Di antaranya adalah:

  1. Al-Wasathiyyah fil Qur’an Al-Karim
  2. Surah Al-Hujurat: Dirasah Tahliliyah Wa Maudhu’iyah
  3. Al-‘Ahdu Wal Mitsaq fil Qur’an Al-Karim
  4. Tahqiq Kitab “Al-Burhan fi Mutasyabih Al-Qur’an” li Mahmud Bin Hamzah Al-Kirmani
  5. Tahqiq Wal Dirasah Al-Juz’u Al-Awwal Min “Lubab Al-Tafsir” li Mahmud Bin Hamzah Al-Kirmani
  6. Fargh Min Syarh Muslim min Mazhur Tarbawi
  7. Fiqh Al Waqi’
  8. Muqawwamat as-Sa’adah Az-Zaujiyah
  9. Ramadhan Madrasah Al-Ajyal
  10. As-Sa’adah baina Al-Wahm wal Haqiqah
  11. Al-Futur
  12. Asbab Suquth Al-Andalus
  13. Al-Bats Al-Mubasyir
  14. Banatuna Baina At-Taghrib wal ‘Ifaf
  15. Luhum Al-‘Ulama Masmumah
  16. At-Tauhid Awwalan
  17. Haqiqah Al-Intishar
  18. Al-Hikmah
  19. Ru’yah Istiratijiyah fil Qadhiyyah Al-Filasthiniyyah

Loading

Tinggalkan Balasan