khutbah jumat pilihan pdf terbaru 2013

Hampir setengah Ramadhan telah kita lewati dan masih tersisa hari-hari ke depan, semoga Allah senantiasa memudahkan kita untuk menjadi lebih baik dari hari-hari yang telah lalu.

Jamaah sekalian, sangat sering kita dengarkan bahwa Ramadhan adalah Syahrul Qur’an (bulannya Al Qur’an). Dan ini adalah penamaan yang disebutkan oleh para ulama kita tentang bagaimana memahami firman Allah, “Syahru romadhonalladzi  undzila fihil Qur’an“, bulan Ramadhan adalah bulan yang pertama kali diturunkan al-Qur’an dengan beberapa makna yang disebutkan oleh para ulama tafsir.

Namun pada intinya, ketika datang bulan Ramadhan maka seorang muslim yang selama ini senantiasa dekat dengan Al-Qur’an, wajib bagi dia untuk lebih mendekatkan dirinya dengan AlQur’an. Dan bagi muslim yang jauh dari Al-Qur’an, wajib baginya untuk kembali kepada Al-Qur’an, meraih mushaf yang sudah begitu lama ditinggalkannya, dan untuk melaksanakan kewajiban-kewajibannya terhadap Al-Qur’an.

Para ulama telah banyak mencontohkan kepada kita dan tentu saja dimulai oleh Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka semuanya menunjukkan bagaimana interaksi mereka yang begitu intens dengan Al-Qur’an (kitabullah).

Jama’ah sekalian, pertanyaannya adalah apa saja kewajiban kita kepada Al-Qur’an?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita perlu untuk melihat firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang Allah turunkan dalam surah Al-Furqon ayat 30 dan 31.

“Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur’an ini suatu yang tidak diacuhkan”. Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong.

Yaa Robb ku, sesungguhnya kaumku ini yang kepadanyalah diturunkan Al-Qur’an, yang mendapatkan nikmat kepada mereka diturunkan Al-Qur’an, mereka tidak mensyukuri keberadaan Al-Qur’an bahkan mereka meninggalkannya. Mereka tidak mengacuhkan Al-Qur’an, tidak memerhatikannya, bahkan mereka meninggalkannya.

Ini keluhan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, pengaduan beliau langsung kepada Allah. Dan Allah abadikan dalam Al-Qur’an untuk kita sadari, bahwa jangan-jangan kita termasuk orang-orang yang diadukan permasalahannya, kasusnya oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Allah.

Allah menjawab pengaduan tersebut dengan Firman Nya,

“Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong.”

Allah menghibur Nabinya shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengatakan bahwa memang sudah merupakan sunnatullah, ketetapan bagi Allah, bahwa setiap nabi akan memiliki pendukung namun banyak pula yang akan menolak mereka. Akan banyak yang memusuhinya. Dan di antara bentuk orang-orang yang memusuhi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah mereka-mereka yang meninggalkan Al-Qur’an. Dan Allah mengatakan, mereka adalah bagian dari orang-orang kafir dan orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Allah memberi petunjuk, penuntun bagimu Muhammad, dan cukuplah Allah sebagai penolong bagimu.

Artinya, kamu tidak perlu mengharapkan pertolongan dari mereka yang meninggalkan Al-Qur’an. Tidak ada kekuatan, harapan yang bisa diambil dari mereka untuk memenangkan agama Allah, tetapi dibutuhkan orang-orang yang dekat dengan Al-Qur’an. Orang yang menjalankan kewajiban-kewajiban mereka terhadap Al-Qur’an. Dan bukan orang-orang yang meninggalkan Al-Qur’an tersebut.

Ulama-ulama tafsir kita, di antaranya Ibnu Katsir di dalam tafsirnya dan Imam Ibnul Qayyim, ketika membahas ayat ini menjelaskan secara rinci siapa saja yang dikatakan “orang-orang yang meninggalkan AlQur’an”, dengan itu kita akan paham apa saja kewajiban kita kepada AlQur’an.

Yang pertama, orang yang meninggalkan AlQur’an adalah orang yang tidak mengimani isi AlQur’an. Orang yang tidak mempercayai isi AlQur’an. Orang yang meragukan kebenaran AlQur’an, padahal Allah telah mengatakan di ayat-ayat awal dalam Alqur’an, “AlQur’an ini adalah kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya.” Tidak ada kebathilan di bagian depan maupun di belakangnya. Seluruh isi AlQur’an adalah kebenaran yang tidak boleh diragukan. Namun ada-ada saja orang yang meragukan kebenaran AlQur’an. Atau mengambil sebahagian saja dan memotong sebahagiannya.

“Apakah kalian cuma mau mengimani sebagian saja dari isi AlKitab?” (QS. Albaqarah: 85). Ayat ini pertama kali ditujukan kepada Yahudi, ketika mereka hanya mengimani sebagian Taurat. Dan juga demikian bagi setiap orang-orang yang meragukan kebenaran AlQur’an.

Allah mengatakan apakah kamu akan mengimani sebagian saja, yang cocok dengan hawa nafsu kalian? Yang ada kepentingan kalian di dalamnya? Lalu kalian meragukan bagian-bagian lainnya. Maka pembalasan bagi orang yang seperti itu adalah kecelakaan/kesengsaraan di dunia dan yang lebih berat di hari kiamat akan dikembalikan kepada siksa yang paling keras, kata Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jama’ah sekalian, maka AlQur’an ini, mulai ayat yg paling pertama sampai ayat yang terakhir, semuanya adalah kebenaran yang wajib diyakini. Semuanya adalah hal yang bisa mengantarkan kita kepada kebahagiaan yang hakiki. Maka jangan kita memilah-milah isi AlQur’an karena semuanya adalah kebaikan. Dan orang-orang yang memilih sebagian dan membuang sebagian AlQur’an adalah orang-orang yang mengkufuri semua isi AlQur’an.

Yang kedua jama’ah sekalian, termasuk meninggalkan Alqur’an adalah “tidak mendengarkan AlQur’an dengan baik-baik.” Karena Allah mengatakan, “Dan apabila dibacakan Al Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. ” (QS. Al-A’raf: 204).

Wajib bagi kita mendengarkan AlQur’an dengan baik, dan wajib bagi kita mengagendakan sebagian waktu kita dalam sehari untuk mendengarkan AlQur’an, karena ini kewajiban kita kepada AlQur’an. Sekadar mendengarkan AlQur’an sudah mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah.

Jangan sebaliknya. Mendengarkan perkataan manusia yang begitu menenangkan hati kita lalu kita tidak siap untuk mendengarkan “perkataan Allah”. Dan Allah telah mngatakan  di dalam surah Fushshilat: 26, ”Dan orang-orang yang kafir berkata, “Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan Al Qur’an ini dan buatlah hiruk-pikuk terhadapnya, supaya kamu dapat mengalahkan (mereka). ”

Karena mereka takut akan memberikan pengaruh bagi kehidupan mereka. Akan menjadikan mereka tertarik kepada AlQur’an. Makanya mereka mengatakan, “Buatlah keributan.” Buatlah hal yang bisa membuat mereka tidak memperhatikan AlQur’an. Agar mereka tidak punya waktu untuk mendengarkan AlQur’an. Dengan itu, kalian bisa mengalahkan umat Islam, karena mereka mengetahui sumber kemenangan dan kekuatan kita yaitu AlQur’an. Maka mereka berupaya sedemikian rupa untuk menjauhkan kita dari AlQur’an. Dan minimal, kita tidak mempunyai waktu untuk mendengarkan AlQur’an.

Dan inilah korban-korban dari ghazwul fikr yg ditancapkan musuh2 Islam dengan cara menjauhkan kita dari AlQur’an. Walaupun sekadar mendengarkan isi AlQur’an tersebut.

Termasuk meninggalkan AlQur’an, adalah dengan tidak membaca AlQur’an. Tidak punya waktu untuk membaca AlQur’an. Dan lebih mengiris hati, jika ada seorang muslim yang mengatakan “saya tidak tau bagaimana cara membaca AlQur’an.”

Ini adalah fenomena yang jelas dan nampak bagaimana umat kita telah  meninggalkan AlQur’an.  Dan pun yang tahu membaca AlQur’an, sangat jarang membacanya, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan AlQur’an untuk kita baca.

Dan inilah tanda-tanda orang yang beriman kepada AlQur’an, orang-orang yang membacanya dengan tartil. Dan Allah menyebutkan orang yang akan mendapatkan perdagangan yang tiada merugi sama sekali adalah mereka yang membaca AlQur’an. Di samping mereka menunaikan shalat dan berzakat. Maka mereka itulah orang-orang yang mengharapkan perdagangan yang tidak ada ruginya sama sekali.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.” (QS. Fathir: 29).

Pertanyaan penting bagi setiap kita, sudah berapa Juz Al Qur’an yang kita baca? Apakah 12 juz? Ini standar. Minimal dalam membaca AlQur’an di bulan AlQur’an ini. Inilah pertanyaan yang mudah. Pertanyaan sederhana yang bisa menjadi parameter bagaimana kita dengan AlQur’an.

Dan, membaca AlQur’an di bulan AlQur’an telah dicontohkan oleh para Salafush Sholeh. Mereka mengkhatamkannya berkali-kali. Sampai-sampai di antara mereka, rela meninggalkan majelis-majelis taklim mereka.

Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Az Zuhri, Imam Malik bin Anas dan Sufyan Ats Tsauri rahimahumullah, ke empat imam yang ahli dalam bidang hadits ini, rela meninggalkan majelis-majelis hadits mereka untuk lebih dekat dengan AlQur’an. Demi untuk membaca AlQur’an dan mengkhatamkannya berkali-kali di bulan AlQur’an.

Kemudian, termasuk meninggalkan AlQur’an adalah “tidak mau mentadabburi AlQur’an”.

Mungkin membaca AlQur’an, tahu membaca AlQur’an, tapi tidak tahu apa yang dibacanya. Tidak tahu apa yang Allah katakan kepada mereka, padahal AlQur’an datang sebagai hadiah dari Allah untuk berdialog/berkomunikasi dengan kita.

Dan Allah memberikan pesan-pesan yang sangat penting kepada kita, namun sangat menyedihkan ketika kita tidak tahu apa yang Allah inginkan terhadap diri kita.

Padahal dia (AlQur’an) adalah pesan-pesan yang sangat penting, surat dari Allah untuk hamba-hamba-Nya.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad: 24).

Seakan-akan Allah mengatakan cuma ada dua kemungkinan, entah kalian tadabbur AlQur’an, mencoba memahaminya atau jika tidak, maka hati kalian telah terkunci.

Wal’iyadzubillah.

Firman Allah dalam Surah Shad: 29, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.”

Dan semakin kita pelajari AlQur’an maka semakin kita tahu bahwa AlQur’an adalah kebenaran yang tidak ada sedikitpun ada kontradiksi di dalamnya. Berbeda dengan hukum-hukum manusia atau aturan-aturan manusia yang setiap kita pelajari dan teliti akan nampak hal yang kontradiktif dalam hukum atau undang-undang yang dibuat manusia. Adapun AlQur’an, mereka akan tahu bahwa di dalam AlQur’an tidak ada sedikitpun hukum-hukum yang bertentangan satu sama lain.

Jama’ah sekalian, di antara bentuk meninggalkan AlQur’an adalah “tidak mengamalkan isi AlQur’an”.

Mungkin ia membacanya dengan indah, mungkin ia melantunkannya dengan indah, dan mungkin ia sudah memahami maknanya, tapi dia tidak mengamalkannya. Dan ini juga adalah hal yang sangat berbahaya.

Anas bin Malik radhiyallahu anhu pernah mengatakan, “Boleh jadi seseorang membaca AlQur’an, namun AlQur’an sendiri yang melaknatnya.” Alqur’an mengutuknya, karena dia membaca isi AlQur’an, namun tidak mengamalkannya.

Mungkin dia bisa membaca dengan indahnya lantunan ayat suci AlQur’an, membaca tentang hijab, perintah tentang pergaulan laki-laki dan perempuan. Namun pembacanya sendiri tidak menutup aurat, tidak mengamalkan apa yang dibacanya. Maka ini adalah orang-orang yang akan dilaknat oleh Allah.

Jamaah sekalian, ketika orang Yahudi sedang membacakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beberapa ayat yang menakjubkan mereka, sebagian Ahlul kitab membaca AlQur’an dan terkagum-kagum dengan isi AlQur’an bahkan mungkin menulis mukjizat tentang AlQur’an, tetapi mereka tidak beriman kepada Allah dengan masuk Islam, maka Allah katakan kepada mereka, “Mereka tdk mengagungkan Allah dengan sebenar-benar pengagungan.” (QS. An-An’am: 91). Karena mereka hanya kagum saja tetapi tidak mengamalkan inti pengagungan kepada Allah. Bukan sekadar kagum kepada isi AlQur’an tetapi seharusnya juga mengamalkan isi AlQur’an tersebut.

Jamaah sekalian, di antara bentuk meninggalkan AlQur’an adalah “tidak menjadikan AlQur’an sebagai obat.” AlQur’an diturunkan untuk menjadi obat penyakit-penyakit fisik, apalagi penyakit yang paling kronis. Penyakit hati disembuhkan dengan AlQur’an.

Maka jamaah sekalian, jangan mencari hiburan selain AlQur’an, jangan mencari obat selain AlQur’an. Persoalan-persoalan dan masalah-masalah yang kita hadapi, akan sirna dengan kedekatan kita terhadap AlQur’an. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kita agar berdoa kepada Allah, “Ya Allah, jadikan AlQur’an ini sebagai penenang/penyejuk hatiku..”

Persoalan-persoalan kita, kesedihan-kesedihan kita akan hilang dengan membaca AlQur’an.

Yang terakhir jamaah sekalian.

Di antara bentuk meninggalkan AlQur’an adalah “orang yang tidak mau menjadikan AlQur’an sebagai hukum”. Yang meninggalkan AlQur’an dari segi hukumnya. Allah menurunkannya agar menjadi pengatur dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena datang dari Allah, yang menciptakan kita, yang paling tahu apa maslahat untuk kita. Maka hukum yang haq adalah hukumnya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sementara hukum selainnya adalah hukum yang zalim, hukum yang fasik, yang penuh dengan kepentingan-kepentingan manusiawi, yang memberatkan orang-orang yang lemah. Adapun hukum Allah tidak ada kepentingan Allah sedikitpun di dalamnya, kecuali untuk mengatur segala kebaikan di antara manusia.

Maka sungguh sangat menyedihkan, di bulan AlQur’an, begitu banyak orang yang berdiskusi tentang hukum-hukum syariat, tentang Perda Syariah apakah masih layak atau relevan untuk diberlakukan, dihapus, dan seterusnya. Bukankah setiap hari kita mendengarkan orang-orang yang membaca tentang AlQur’an di bulan Qur’an, tujuannya AlQur’an diturunkan untuk sebagai petunjuk bagi manusia.  Dan semuanya sudah memiliki penjelasan secara rinci tentang hukum-hukumnya. Sebagai pembeda antara haq dan yang bathil.

(Transkrip Khotbah Jumat Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., 12 Ramadhan 1437 H. Ditranskripsi oleh Abdullah bin Muhammad Yusran Anshar).

Loading

Tinggalkan Balasan