: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

STIBA Makassar Uji Coba Budidaya Tanaman Hidroponik

IMG-20170101-WA0024

Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar sukses menerapkan budidaya tanaman dengan sistem hidroponik. Panen perdana dilakukan pada 17 Rabiul Awal 1438 H/16 Desember 2016 lalu.

Ariesman S.T.P., M.Si, Dosen STIBA sekaligus Ketua Unit Lingkungan Hidup DPP Wahdah Islamiyah menjadi prakarsa dalam penerapan sistem ini di lingkup STIBA. Proses awal pembuatan sistem hidroponik dimulai pada Sabtu, 21 Muharram 1438 H/22 Oktober 2016.

Bertempat di area Masjid Anas bin Malik, Ariesman memberikan arahan dan bimbingan kepada sekitar 140 Mahasiswa PMH 3 A-E dalam pembuatan kerangka dan struktur bangunan hidroponik. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan seluruh perangkat dan bahan yang dibutuhkan serta tips bercocok tanam hidroponik. Selang 45 hari setelah penanaman, sayuran kangkung, sawi, dan selada sudah dapat dipanen.

Pasca panen perdana, tanaman yang dibudidayakan semakin bervariasi seperti bayam, selada, pakcoi dan jenis tanaman hortikultura lainnya. Selain itu, mahasiswa sudah semakin terbiasa dan mulai terampil bercocok tanam dengan sistem yang menggunakan media tanam berupa rockwool ini.

Menurut Ariesman, bercocok tanam dengan hidroponik menjadi langkah awal yang dilakukan untuk menjadikan STIBA Makassar sebagai institusi yang mandiri dalam hal pangan. Sistem yang sederhana, tanpa media tanah, dan nutrisi tanaman lebih terkontrol, menjadikan hidroponik pilihan utama dalam pengembangan pertanian di STIBA dan khususnya di daerah perkotaan. “Apalagi lahan pertanian yang semakin sedikit akibat alih fungsi lahan menjadi pemukiman.” ungkap alumni Unhas ini.

IMG-20170101-WA0023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image