aaaaa

STIBA.ac.id- Dengan berakhirnya ujian akhir semester,  STIBA Makassar menutup semester ganjil tahun ajaran 1437-1438 H/2016-2017 M dengan menggelar Haflatul Ikhtitam (Kuliah Penutup) di Masjid Anas bin Malik yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa (7/1).

Dasar kegiatan ini diadakan, kata Ustadz Muhammad Yusran Anshar selaku ketua STIBA Makassar adalah untuk menumbuhkan kembali sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam dalam perihal salam yang dikaitkan dengan kegiatan tersebut, sebagaimana dalam setiap pertemuan mesti ada perpisahan.

Tidak kurang dari 1000 orang yang terdiri dari para dosen, pegawai tata usaha, dan mahasiswa turut hadir di dalam acara penutupan yang rutin dilaksanakan pada setiap mengakhiri pembelajaran setiap semester itu.

Dalam membuka kegiatan tersebut, Ketua STIBA Makassar yang akrab disapa Ustadz Yusran itu memberikan petuah berharga bagi para mahasiswa yang baru saja mengakhiri semester ganjil ini dan sekaligus sebagai bekal untuk menghadapi masa liburan:
1. Tidak lupa selalu kita mensyukuri atas nikmat Allah setelah selesainya ujian ini. Sungguh, kesyukuran nikmat tidak akan ada melainkan dengan melihat kepada siapa yang tidak mendapat nikmat itu.
2. Evaluasi diri setelah selesainya perkuliahan selama 4 bulan lamanya.
3. Apa yang akan kita lakukan setelah ini? Yang telah lewat layaknya kita hapus dengan istighfar dan taubat, serta melakukan hal yang lebih baik lagi.

“Bagi yang akan berlibur nanti,” ujar Ustadz Yusran ketika menutup sambutannya, “bagikanlah hidayah yang telah kita dapatkan selama ini kepada keluarga, sanak kerabat, dan masyarakat yang ada di kampung halaman. Hidayah itu ibarat kado terindah, bungkus ia dengan sampul terbaik, yaitu dengan mengedepankan sikap bijak dan lemah-lembut Insya Allah itulah sampul yang akan menarik perhatian mereka terhadap dakwah yang kita sampaikan.” (Marzuki-Infokom BEM).

=============================

Pesan Singkat dari Mudir tercinta Ust Muhammad Yusran Hafidzahullahu di Haflah Ikhtitam untuk semester ini

  1. Mari kita kembali bersyukur kepada Allah atas semua nikmat, berapa banyak saudara kita yang bersama dengan kita sejak awal semester namun beberapa diantara mereka ‘berjatuhan’ dan tidak mampu bertahan sampe akhir dan tdk bsa hadir dan mengikuti haflah Ikhtitam ini maka selayaknya kita selalu mengulang-ulang ‘Alhamdulillah alladzi bini’ matihi tatimmus sholihat’.
  2. Muhasabah, banyak target yang kita rencanakan ketika memasuki awal semester ini namun tidak semua yang kita bisa capai, maka kita perlu muhasabah diri dan tidak mengapa kita membandingkan dengan saudara-saudara kita yang lain, bandingkan dengan orang yang lebih berhasil untuk kita mengambil pelajaran bagaimana cara dia berhasil. Sebagaimana kita mengambil pelajaran dari orang-orang yang gagal, “Orang yang bahagia ialah orang yang selalu mengambil pelajaran dari selainnya”
  3. Apa setelah ini? Mari kita bangkit untuk lebih baik, kalau kita telah muhasabah dengan jujur maka kita tau diantara faktor yang membuat saya tdk bsa mencapai target yang telah saya canangkan sebelumnya karena begini dan begitu.
    Yang telah lewat kita hapus dengan istighfar dan taubat dan kita hapus juga dengan kebaikan-kebaikan setelahnya.
    ‘Mungkin kesalahan yang telah kita lakukan tidak sebanyak umur yang diberikan namun ketika kita tutup umur kita dengan kebaikan maka itu Insya Allah bisa menghapuskan kesalahan² kita’, menyesal bagus, bermuhasabah sangat penting namun yang terpenting dari itu adalah apa setelahnya? Maka manfaatkan hari-hari kedepan ini untuk kita menjadi lebih baik.

Pesan terakhir untuk ikhwah yang pulang kampung (mata beliau berkaca-kaca), “Manfaatkan Ketika Allah menakdirkan bertemu dengan ibu bapak dan keluarga antum, mereka telah sekian lama menunggu antum untuk mendapatkan” oleh-oleh” yang sangat berharga yang telah antum dapatkan selama satu semester ini yang karenanya mereka rela melepaskan antum dengan harapan antum² pulang membawa oleh oleh yang bernilai,

Bawa kepada mereka oleh oleh ayat-ayat Allah dan hadits-hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, sampaikan secara hikmah kepada mereka, kata Syekh Thuraifi Hafidzahullahu ‘Bahwa hidayah adalah hadiah yang paling berharga yang kita hadiahkan kepada orang lain’ maka karena dia adalah hadiah, bungkuslah hidayah terus dengan bungkus yang terindah, jangan hanya isi yang berharga namun usahakan sampul nya juga menarik, kado sepatutnya disampul dengan sampul yang indah maka begitu juga hidayah, dan hidayah sampulnya adalah kelembutan.
Hadiahkan hidayah kepada keluarga kita dengan sampul yang paling menarik yaitu sifat kelemah-lembutan, cara yang bijak dalam membagi-bagi hidayah tersebut.

Sumber status facebook Abdullah

 

Loading

Tinggalkan Balasan