logo stiba

Mengakhiri semester ganjil TA. 1437—1438 H/2016—2017 M, STIBA Makassar gelar Musyawarah Kerja Semesteran. Kegiatan ini merupakan evaluasi program kerja semester yang telah lalu dan merancang program kerja semester yang akan datang.

Musyker yang berlangsung sehari (24 Rabiul Akhir) di Gedung Aisyah Ummul Mukminin STIBA Makassar ini dibuka langsung oleh Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. selaku ketua STIBA Makassar. Dalam sambutannya, Ustadz Yusran menyampaikan bahwa sangat penting bagi setiap pengelola STIBA untuk melakukan evaluasi. Selain karena telah berlalunya masa satu semester, juga dengan berlalunya tahun 1437 H dan 2016 M.

Menurut Ustadz Yusran, berjuang bersama di STIBA Makassar tak kalah strategisnya dengan medan-medan perjuangan lainnya. Karena itu, setiap hamba Allah harus mensyukuri di manapun ia ditempatkan dalam medan juang ini.

“Dunia ini adalah darul bala’, tempat cobaan dan ujian. Di dunia ini tidak ada sesuatu yang sempurna, maka semaksimal apapun yang kita lakukan di semester lalu maka tetap saja tidak akan sempurna,” ujarnya.

Beliaupun mengingatkan akan hakikat ujian di dunia ini, bahwa seberat apapun cobaan yang menimpa kita itu bukanlah cobaan yang hanya ditujukan kepada kita. Ia lalu mengutip firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surah al-Anbiya: 35,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ﴿٣٥﴾

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”

“Jadi jangan sampai ketika kita telah mendapatkan nikmat,” lanjut kandidat doktor Medinah International University ini, “maka kita sangka bahwa itu menunjukkan kehebatan kita di sisi Allah. Di satu sisi dia adalah nikmat, tapi di sisi lain dia adalah ujian. Sebagaimana ketika kita mendapatkan kesulitan, maka itu juga bukan pertanda bahwa Allah tidak suka terhadap kita. Ujian kadang ia adalah peringatan, namun terkadang bisa jadi indikasi kecintaan Allah kepada kita. Karena seseorang diuji sesuai dengan kadar keimanannya.”

Karenanya, Ustadz Yusran menasihatkan kepada para pengelola STIBA Makassar agar tidak mengukur keberhasilan dengan fasilitas-fasilitas duniawi yang didapatkan selama satu semester. Sebagaimana kesulitan-kesulitan yang dihadapi tidak boleh membuat para pengelola mundur lalu berprasangka buruk kepada Allah.

“Kesempurnaan hanya di hari kiamat kelak,” katanya. Lalu mengutip firman Allah dalam Surah Ali Imran: 185,

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ ﴿١٨٥﴾

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.”

Musyawarah Kerja Semesteran ini diikuti oleh seluruh pengelola baik dari Bidang I Bagian Akademik, Bidang II Bagian Umum, maupun Bidang III Bagian Kemahasiswaan dan Kerja Sama.

Loading

Tinggalkan Balasan