mapala21

Ahad pagi, 09 Jumadal Ula 1438 H (5/2/2017), Ketua STIBA Makassar membuka secara resmi UKM baru di STIBA Makassar, yaitu Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala). Dalam sambutannya, Ketua STIBA Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. menyampaikan bahwa walaupun sejak beberapa tahun yang lalu sudah ada beberapa mahasiswa STIBA yang mengadakan kegiatan pendakian gunung dan semacamnya namun ini adalah pertama kalinya dalam sejarah STIBA peresmian UKM Mapala. Ada tiga pesan pokok yang beliau sampaikan dalam sambutannya:

Pertama, sebagai penuntut ilmu syari maka mahasiswa STIBA dituntut berbeda dengan yang tidak memahami ilmu syar’i. Allah Azza wa Jalla berfirman (artinya), “Katakanlah apakah sama  orang-orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu?” (QS. Az Zumar ayat 9).

Berkenaan dengan nama UKM Mapala, nama boleh saja sama namun yang membedakan antara Mapala STIBA Makassar dengan Mapala kampus lainnya adalah niat dan tujuannya serta aktivitasnya yang senantiasa dilandasi oleh ilmu syar’i.

Mengapa kita mencintai alam? Karena alam adalah ciptaan Allah maka mencintainya merupakan bagian dari kecintaan kepada Sang Pencipta.

Mengapa kita mencintai alam? Karena Nabi kita shallallahu alaihi wasallam diutus untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam, maka kita ingin meneruskan dan menebarkan risalah beliau yang mulia ini.

Namun hal yang patut menjadi renungan adalah semua orang bisa mengaku dan mengatakan cinta alam, namun pertanyaannya apakah alam dan Penciptanya juga mencintai kita? Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melewati bukit Uhud, beliau mengatakan, “Sesungguhnya bukit Uhud mencintai kita dan kitapun  mencintainya.” Ini menunjukkan adanya saling mencintai di antara keduanya,” Ujarnya di hadapan anggota Mapala STIBA.

Dalam Al-Qur’an disebutkan kisah tewasnya Fir’aun dan bala tentaranya sebagai contoh orang yang tidak dicintai oleh alam, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Maka langit dan bumi tidak menangisi (kepergian) mereka dan merekapun tidak diberi tangguh.” (QS. Ad-Dukhan: 29). Dari sini dapat dipahami sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma bahwa alam dalam hal ini langit dan bumi akan menangisi kepergian seorang mukmin yang taat dan orang-orang yang membela agama-Nya.

Kedua, di antara manfaat penting dari kegiatan dan aktivitas Mapala ini adalah untuk menjadikan kita sebagai hamba yang terbaik dan dicintai oleh Allah Subhanahu wa Taala. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda (artinya), “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari mukmin yang lemah.” (HR. Muslim).

Kuat yang dimaksud dalam hadits ini adalah semua jenis kekuatan yang dibutuhkan dalam perjuangan Islam yang mencakup kekuatan rohani dan jasmani. Mukmin yang kuat akan senantiasa memberikan manfaat bagi saudara-saudaranya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya siapa manusia yang paling dicintai oleh Allah? Beliau menjawab, “Yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (HR. Thabrani).

Kegiatan Mapala ini dengan izin Allah Azza wa Jalla akan membentuk kader yang kuat, tangguh dan disiplin sehingga bermanfaat bagi orang lain dan akan memberikan kontribusi yang besar bagi umat.

Ketiga, pesan terakhir adalah menghindari dan menjauhi 3 hal:

1. Perasaan sombong dan merasa lebih dari yang lain

Ustadz Yusran menghimbau kepada segenap anggota Mapala untuk senantiasa bertakwa kepada Allah di manapun berada. Aktivitas di Mapala diharapkan tidak menjadikan anggotanya sombong dan merasa lebih hebat dari yang lainnya. Ketika telah mampu mendaki gunung-gunung yang menjulang tinggi umpamanya maka tidak mengakibatkan dirinya merasa hebat, namun sebaliknya semakin tinggi yang ia daki maka makin menambah kesadaran akan kerdilnya dia di hadapan Penciptanya serta menampah ketakwaan dan pengagungannya kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman (artinya), “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung” (QS. Al Isra ayat 37)2.

2. Jangan ada senioritas

Tak lupa, Ketua STIBA Makassar ini juga  mengingatkan para anggota Mapala untuk terus mempererat jalinan ukhuwah lewat kegiatan ini dan jangan ada senioritas yang mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sesama anggota antara angkatan lama dan yang baru sebagaimana terjadi di beberapa kampus yang lain. Karena itu diharapkan pengurus Mapala ini senantiasa berkoordinasi dan mendengarkan arahan para asatidzah dalam melakukan setiap kegiatan.

3. Melalaikan dari kewajiban yang paling utama

Menurut Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini, Mapala STIBA Makassar dibentuk dengan tujuan utamanya membentuk kedisiplinan dari para mahasiswa. Sehingga tidak ada alasan untuk menjadikan aktivitas di Mapala untuk lalai dari menuntut ilmu bahkan seharusnya kegiatan Mapala ini menunjang kesuksesan dan keberhasilan seorang mahasiswa dalam akademiknya

Ketua Mapala STIBA, Muhammad Heri Ja’far menyebutkan bahwa sebanyak 100 mahasiswa mengikuti ujian seleksi penerimaan anggota Mapala. Seleksi ini berlangsung selama dua hari, Sabtu—Ahad, 8—9 Jumadal Ula 1438 H. Selama dua hari itu, para peserta menjalani berbagai latihan fisik seperti push up, sit up, lari, dan sebagainya di bawah pengawasan lima orang pelatih, Muhammad Heri, Ibrahim Jahada, Oga Budianto, Musliadi, dan Mukhlis.  Dari 100 orang yang ikut seleksi, akan direkrut sebanyak 60 orang.

mapala1mapalamapala31

 

Loading

1 thought on “Tiga Pesan Penting Ustadz Yusran kepada Pengurus UKM Mapala STIBA

Tinggalkan Balasan