Senin, 13 Maret 2017

Didik dan Latih Anggota, Mapala STIBA Adakan Diklatsar

map1

Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) STIBA Makassar mengadakan kegiatan Diklatsar Jilid I. Diklatsar Jilid I ini berlangsung selama tiga hari (10-12/3) di Pantai Barombong, Takalar. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua UKM Mapala Heri Ja’far dan pembina Syandri Syaban.

Dalam sambutannya, Syandri menuturkan hakikat Mapala STIBA yang sesungguhnya adalah kasih sayang antara manusia dan alam. “Kita mencintai alam ini, maka alampun akan mencintai kita. Sebabnya adalah cinta terbesar kita curahkan kepada pemilik alam ini,” tuturnya.

Kegiatan ini dimulai dengan pengukuhan 58 orang anggota dan dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi tambahan seperti rock climbing oleh Heri, mountaineering oleh Musliadi dan Oga Budianto, SAR oleh Tajuddin dg. Tarru dan materi kepemimpinan oleh Syandri Sya’ban. Sementara bertindak selaku instruktur dalam Diklatsar ini adalah Ibrahim Jahada.

Syandri selaku pembina UKM mengemukakan tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan generasi yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan terhadap kelestarian alam. “Perwujudan dari tema kegiatan adalah bagaimana anggota UKM Mapala STIBA tidak boleh sombong dan berbangga diri dengan apa yang dilakukan, karena manusia tidak akan pernah bisa menembus bumi dan setinggi langit”, ungkapnya.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini lahir generasi baru yang memberikan sumbangsih terbaik untuk negara secara umum, dan Umat Islam secara khusus”, tutupnya.

Usai pengukuhan, peserta kemudian longmarch dari Kampus STIBA Makassar menuju Pantai Barombong yang berjarak sekira 37 km.  Rombongan terlebih dahulu mampir di kantor DPP Wahdah Islamiyah untuk menerima arahan dari Ketua Dewan Syuro Ustadz Muhammad Ikhwan Djalil, Lc., M.H.I. Dalam arahannya, Ustadz Muhammad Ikhwan menekankan pentingnya persiapan ilmu dan fisik bagi calon-calon dai dan ulama.

Rombongan melanjutkan perjalanan menuju Barombong dengan menelusuri setapak Borong, menyeberangi kanal, hingga akhirnya tiba di Pantai Barombong pukul 2.00 dini hari. (Ihsan Dahri_Infokom BEM)

map3 map2 map5 map6 map8 map7 map9

Fotografer: Risal & Munadil Haq