: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Pengurus Asrama Putri Adakan Daurah Sepekan Menghafal Hadits Jilid II

daurah hadits

Memanfaatkan masa liburan semester ganjil, Bidang Ibadah Pengurus Asrama Putri STIBA Makassar berinisiatif membuat sebuah acara yang sangat bermanfaat, yakni Daurah Sepekan Menghafal Hadits Jilid II. Daurah ini memfokuskan para peserta untuk memahami dan menghafal hadits-hadits dari Kitabul Jami’ yang dikhususkan bagi para muslimah. Para peserta daurah ini bukan hanya para mahasiswi  STIBA, namun banyak juga dari kalangan dosen, murabbiyah hingga ibu rumah tangga.  Tingginya antusias masyarakat mengikuti acara ini menjadikan target peserta yang awalnya hanya 150 orang terlampaui.

Jadwal kegiatan telah diatur sedemikian rupa, mulai dari pembukaan pada hari Senin, 12 Rabi’ul Akhir 1438 H/9 Januari 2017 M sampai acara ditutup pada Selasa pekan berikutnya, 19 Rabi’ul Akhir 1438 H/17 Januari 2017 M.

Sebanyak 175 peserta diharuskan untuk mengikuti peraturan yang telah dibuat oleh panitia pelaksana. Setiap hari kegiatan dimulai pada pukul 08.00 – 16.30 WITA , para peserta ditargetkan menghafal lima hadits dengan tiga kali penyetoran kepada para pembina plus muraja’ah.

Para peserta juga mendapatkan syarah hadits-hadits oleh Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. yang tidak lain adalah Ketua STIBA Makassar.  Dalam syarahnya, alumnus Jurusan Hadits Universitas Islam Madinah ini tidak hanya menjelaskan faidah hadits yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, tapi juga menyebutkan takhrij, derajat serta pendapat para ulama berkaitan dengan hadits tersebut.

Walaupun agenda harian begitu padat selama 8 jam 30 menit, para peserta tetap diberi kesempatan qailulah atau waktu istirahat sejenak agar mereka bisa memulihkan konsentrasi dalam menghafal.

Setelah serangkaian acara yang berlangsung selama sepekan itu, pada hari Selasa, 19 Rabi’ul Akhir 1438 H/ 17 Januari 2017 M, tibalah acara penutupan atau haflah ikhtitamiyah dengan mengambil tema “Generasi Sunnah Harapan Umat ”.

daurah had

Acara dimulai pukul 08.00 WITa, dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, antara lain dari Ketua Panitia Pelaksana, Kasub Bidang Keasramaan Putri STIBA Makassar, dan Kepala Bagian Keputrian STIBA Makassar.

Dalam acara ini juga berlangsung prosesi penyerahan penghargaan kepada dua peserta untuk dua kategori yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana, yakni kategori peserta dengan skor tertinggi dan kategori peserta terbaik.

Namun bukan berarti para peserta lainnya tidak mendapatkan apresiasi apapun. Selain telah mendapatkan ilmu yang bermanfaat, seluruh peserta mendapatkan bingkisan berupa parcel bag  yang berisi hadiah menarik serta sertifikat sebagai tanda sah keikutsertaan pada kegiatan daurah ini.

Seluruh rangkaian kegiatan daurah ini berlangsung di Aula Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha Kampus Putri STIBA Makassar.

Diharapkan para peserta dapat mengamalkan hadits-hadits yang telah dihafal dan dipahami selama daurah  ini, juga bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang lebih luas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *