Kamis, 6 April 2017

Andi Subhan: Spirit Generasi Emas Indonesia dan Misi Pembebasan al-Quds

 

subhan

Andi Subhan Husain salah seorang alumni STIBA Makassar yang saat ini melanjutkan studi di LL.B Laws Student at College of Law and Political Science, King Saud University, Riyadh KSA, menjadi salah satu pemakalah dalam kegiatan Simposium Internasional PPI Timur Tengah dan Afrika 2017.

Makalah yang oleh penulisnya diberi judul “Spirit Generasi Emas Indonesia dan Misi Pembebasan al-Quds” ini mengkaji tentang strategi diplomasi RI dengan negara-negara Timur Tengah yang menjadikan isu pembebasan Palestina sebagai isu strategis.

Menurut Andi Subhan, seluruh pimpinan Indonesia menunjukkan bahwa sikap Indonesia tidak akan pernah berubah dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Indonesia telah menyerukan reformasi di Dewan Keamanan PBB hingga berbagai bentuk Konferensi Internasional telah diselanggarakan sebagai upaya agar isu Palestina tidak dilupakan dunia. Sayangnya belum nampak ada upaya serius dari negara untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia untuk mengemban misi pembebasan al-Quds.

Lebih lanjut dalam makalahnya, Subhan juga mengungkapkan bahwa komunitas masyarakat yang memiliki komitmen memperjuangkan Islam dan aktif mengikuti kajian-kajian keislaman masih diberi stigma Islam radikal oleh sebagian komunitas yang lain.

Andi Subhan menawarkan tiga tahapan menjalankan misi pembebasan al-Quds sebagai mandat konstitusi, yaitu:

  1. Penguatan peran politik luar negeri Indonesia yang berkonsenstrasi pada kajian komprehensif seputar Palestina dari kalangan terpelajar.
  2. Meningkatkan diplomasi Indonesia sebagai pelopor perdamaian secara khusus di negara-negara konflik Timur Tengah.
  3. Membangun spirit generasi emas Indonesia untuk mengawal misi pembebasan al-Quds.

Sebagai penutup, dalam makalahnya Andi Subhan mencoba memberikan peta perjalanan untuk menjawab pertanyaan bagaimana generasi emas Indonesia benar-benar memiliki kemampuan untuk menjalankan misi pembebasan al-Quds.