11

STIBA.ac.id- Musabaqah Hifzhul Qur’an menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Olahraga dan Wawasan Keislaman yang digelar oleh BEM STIBA Makassar.

Memasuki tahun ke-3-nya, pagelaran lomba menghafal Al Quran ini selalu mendapat sambutan baik dari mahasiswa maupun dosen. Tidak kurang dari puluhan mahasiswa ikut serta dalam perlombaan tahun ini, dengan enam cabang lomba: 30 juz, 25 juz, 20 juz, 15 juz, 10 juz, dan 5 juz.

Puncak kegiatan sekaligus persembahan hadiah kepada para pemenang lomba menghafal Al Qur’an, digelar pada selasa (2/4) di gedung serbaguna Aisyah radhiyallahu ‘anha yang dihadiri oleh Ulama Arab Saudi; Sheikh Abdullah Az-Zaidaniy, Ketua harian DPP Wahdah Islamiyah Dr. Rahmat Abdurrahman, dan juga Ketua STIIBA Makassar Dr. Muhammad Yusran Anshar.

Event ini digelar, menurut Ustadz Yusran, bertujuan untuk menjadi penyemangat dan juga sebagai sarana untuk menjadi pribadi yang punya perhatian terhadap kitab yang mulia ini, Al Qur’an.

Beliau juga menambahkan, bahwa seyogianya seorang yang belajar ilmu agama memulainya dengan menghafal atau mempelajari Al Qur’an. Dan juga, hal yang paling ditekankan dalam sambutannya adalah tidak boleh seorang muslim menghafal Al Qur’an untuk tujuan dunia. “Tidak sepantasnya seorang muslim menjadikan Al-Quran sebagai sarana untuk mencapai tujuan dunia,” tuturnya dalam sambutan pertama.

“Seorang muslim layaknya memanfaatkan nikmat waktunya untuk Alquran,” begitu ungkap Ust Rahmat Abdurrahman dalam sambutan kedua.

Menurut beliau, memberi perhatian kepada Al Qur’an adalah karakter ahlussunah. Begitu yang ditunjukkan oleh umat terdahulu, bagaimana interaksi dan kepedulian mereka terhadap kitab suci ini. “Perhatian terhadap Al Qur’an ini,” terang Ustadz Rahmat, “ialah karakteristik ahlussunnah.”

“Dengan menghafalnya, mencermatinya, mentadabburinya, bahkan juga menyimpulkan suatu hukum darinya,” ujarnya.

“Para penghafal Alquran adalah ahlul ilmi,” terang Syeikh As Zaidaniy di hadapan para mahasiswa dan dosen. Dengan tidak memperpanjang, beliau mengungkapkan satu hal yang urgen, “Saya hanya ingin menyatakan rasa syukur sedalam-dalamnya atas partisipasi semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini,” pungkas Ulama Arab Saudi itu.

Usai sambutan, satu persatu pemenang lomba diundang menaiki panggung, bersalaman dengan Ust Rahmat, Syeikh Zaidaniy, dan Ust Yusran, sekaligus penerimaan hadiah.

Berikut ini adalah daftar pemenang Musabaqah Hifzhul Qur’an STIBA Makassar:

 

PUTRA

Kategori 5 juz

  1. Israil
  2. RISWAN
  3. Nasrullah

Kategori 10 juz

  1. Muh takdir
  2. Gunawandri
  3. Hefrin

Kategori15 juz

  1. Muh. Gozali
  2. Andi muh. Shodiq
  3. Ihsan

Kategori 20 juz

  1. Zuljalali walikram
  2. Tolhah
  3. Mudabbir

Kategori 25 juz

  1. Muh. Ridwan
  2. Nuralamsyah

Kategori 30 juz

  1. Maulana ahmad ansori
  2. Syahrul ramadhan
  3. Zul afrian

 

PUTRI

5 juz

1 Arnita sari أرنيتا ساري (PMH 6 F)

2 nurul atikah نور الأتيكة (PMH 2 K)

3 fakhirah nurul khair فاخيرة نور الخير (PMH 4 G)

 

10 juz

1 a.mirnawati أندي ميرناواتي (PMH 6 D)

2 sakinah salma سكينة سلمى (PMH 2 K)

3 hasmayanti هاسميانتي (PKU 2)

 

15 juz

1.Husniar حوسنيار (PMH 8)

2.Cindrawati muhmmd جيندرواتي محمد (PMH 6 F)

3.Rahmawati رحمواتي (PKU 2)

 

20 juz

  1. Muhsinatul munawwarah محسنة المنورة (PMH 6 E)
  2. Rizqa izzati رزقى عزتي (PMH 2 K)
  3. Ummu syahida أم شهيدة (PMH 4 J)

 

25 juz

  1. Fitriana فتريانا (PMH 4 F)
  2. Mirnawati ميرناواتي (PMH 6 D)
  3. Harfilah هارفيلة (PKU 2)

 

30 juz

  1. Hardianti rukmini هارديانتي روكميني (PMH 6 F)
  2. Hastuti هاستوتي (PKU 4)
  3. Mustainah مستعينة (PKU 2).

 

Acara ditutup dengan pertunjukan dari beberapa mahasiswa yang menampilkan nasyid-nasyid, pidato, dan peragaan jurus. (Rilis: Marzuki Kay; Fotografer: Arwan Ja’far_Infokom BEM)

 

Loading

Tinggalkan Balasan