Kamis, 13 Juli 2017

Kemenag RI Bahas Pemikiran Tokoh Pendidikan Agama di Sul-Sel, STIBA Utus Ketua LP2M

syandri

stiba.ac.id – Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIBA Makassar Ustadz Syandri Syaban, Lc., M.Ag. menghadiri Workshop Penyusunan Draft Awal Dokumen Pemikiran Tokoh Pendidikan Agama di Sul-Sel.

Acara yang digelar oleh Pusat Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI ini berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa, 19-20 Juni 2017, bertempat di lantai 2 Hotel Grand Clarion Makassar.

Sebagaimana yang dipaparkan oleh Ustadz Syandri Syaban, yang dinukil dari Bahan Dokumen Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam di Sulawesi Selatan, acara ini diselenggarakan dalam rangka merumuskan peta pemikiran intelektual beberapa tokoh yang selama ini concern dengan pendidikan Islam, khususnya pada domain Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, STAIN dan IAIN. Relevansinya dengan basis filosofis pendidikan Islam, tujuan tata kelola dan arah pengembangan ke depan. Konstruksi pemikiran tokoh ini lebih difokuskan pada diskursus konversi (alih status) IAIN menuju UIN yang merupakan upaya Wider Mandate  Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKAIN), dan upaya integrasi proses pembelajaran di Perguruan Tinggi Agama Islam.

Pada hari pertama kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Litbang dan Diklat Kemenag, Prof. Dr. H. Abd. Rahman Mas’ud, Ph. D. dan dilanjutkan dengan tiga narasumber yaitu Dr. H. Harun Ar Rasyid, M.A., Dr.H. Norman Said, MA, dan Prof. Dr. H. Ahmad Sewang, M.A. Esok harinya, Selasa kegiatan kembali dilanjutkan dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. H. Abd. Kadir Ahmad, M.Si dan Wahyuddin Halim,M.A., Ph.D. dengan memaparkan Paradigma Ilmu Sosial Islam dan Integrasi Sains dan Ilmu Agama.

Acara lalu dilanjutkan dengan diskusi perumusan draft awal pemikiran tokoh yang dipandu oleh panitia workshop, sidang pleno di mana peserta dibagi menjadi tiga komisi dan diakhiri dengan penutupan oleh Kepada Balai Litbang dan Diklat Kemenag.