Senin, 28 Agustus 2017

Kanit Binmas dan Babinsa Bekali Sekuriti STIBA

sat2

Biro Kepegawaian STIBA Makassar mengadakan pelatihan sekuriti untuk kalangan STIBA. Pelatihan ini mengusung tema “Menjadi Energik dan Terdepan Menjaga Pemuda Shohwah”.

Ustadz Askar Fatahuddin, S.Si. selaku Kepala Biro Kepegawaian mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan program semesteran dan bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan dan keterampilan para satpam STIBA Makassar. Di samping itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kepekaaan dan sensfitas satpam selama bertugas. “Sekuriti kita setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan lebih profesional dalam menangani kasus-kasus di lapangan,” tegasnya.

Sementara Ustadz Tajuddin Dg. Tarru yang menjabat sebagai Kepala Biro Keamanan STIBA Makassar dalam laporannya menyebutkan bahwa pelatihan ini menghadirkan dua orang narasumber. Narasumber pertama adalah Kanit Binmas Polsek Manggala AKP Wahiduddin. Dalam materinya ia menyampaiakan beberapa poin, di antaranya:

  1. Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sekuriti ketika dilakukan dengan profesional dalam lingkungan kerjanya maka 50% telah membantu tugas polisi.
  2. Sekuriti harus memahami fungsi dan tugasnya, terkhusus dalam penanganan kasus-kasus yang berhubungan dengan hukum pidana.
  3. Saat bertugas, satpam dibolehkan membawa kelengkapan-kelengkapan keamanan seperti sempritan, tongkat, sangkur, termasuk borgol sebagai alat untuk menjaga keamanan wilayah dan keamanan diri sendiri.
  4. Dibolehkan mengamankan pelaku dan barang bukti untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak berwajib.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI yang tampil sebagai narasumber kedua turut menekankan karena beratnya tugas satpam maka penting pengadaan  kelengkapan alat keamanan, bahkan menganjurkan agar memiliki ilmu beladiri.  Dan sesegera mungkin dilaporkan kepihak polisi dalam setiap penanganan kasus yang berhubungan dengan tugas kepolisian.

“Sedapat mungkin melakukan kerja sama dengan pihak keamanan setempat  (kantor polisi) terdekat agar setiap penanganan kasus bisa teratasi dengan cepat,” jelasnya.

Dalam pelatihan ini juga pihak kepolisian  dan TNI memberikan pelatihan baris berbaris (PBB) dan dilanjutkan dengan pelatihan menerima tamu yang disosialisasikan langsung di lapangan.

Kanit Binmas Manggala menyarankan agar tetap ada yang diikutkan dalam pelatihan sekuriti yang biasa dilakukan di Polda agar setiap satpam mampu bertugas dengan profesional dan mendapatkan sertifikat sekuruti.

Dalam pelatihan ini juga turut hadir Bhabinkamtibmas Manggala Haji Rajamuddin yang siap memfasilitasi untuk mendaftarkan beberapa orang satpam STIBA untuk menjadi anggota Bankompol Merpati agar memudahkan komunikasi dengan pihak berwenang dalam setiap saat ketika dibutuhkan.

sat3 sat1