Senin, 16 Oktober 2017

STIBA Makassar Gelar Munaqasyah Skripsi dan Yudisium Pertama

yud5

Peserta Sidang Munaqasyah dan Yudisium I STIBA Makassar 1439 H/2017 M

stiba.ac.id – Untuk pertama kalinya sejak didirikan tahun 1998, STIBA Makassar menggelar Munaqasyah dan Yudisium secara formal. Acara yang berlangsung di Gedung Aisyah Kampus STIBA Putri pada Rabu, 21 Muharram 1439 H (11/10/2017) ini juga dihadiri oleh tim penguji dari Kopertais Wilayah VIII. Di antaranya adalah Wakor Kopertais II Prof. Dr. Sabaruddin Garancang, M.A., Sekretaris Kopertais Wil. VIII Drs. Mohamad Harjum M.Ag., dan Sekretaris Kopertais II Prof. Dr. Syarifuddin Ondeng, M.Ag. Sementara dua penguji lainnya yaitu Drs. H. Syamsuddin Ranja, M.H.I. dan Prof. Dr. Abd. Rahim, M.A. hadir setelah berakhirnya acara pembukaan.

Hadir pula pimpinan Wahdah Islamiyah, Dr. Abdul Hamid Habbe Ketua Dewan Pengawas Keuangan dan Sekjen WI Ustadz Syaibani, serta para Pembantu Ketua STIBA Makassar.

Ustadz Dr. Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. selaku ketua STIBA Makassar menyampaikan perasaan bahagianya atas sejarah yang diukir STIBA ini. Hal ini diungkapkannya ketika memberi sambutan pada pembukaan Munaqasyah Bahats I. Ustadz Yusran dalam kesempatan itu juga membuka kembali lembaran-lembaran sejarah STIBA sejak didirikan 19 tahun yang lalu.

“Sejak berhasil meraih akreditasi B, STIBA Makassar mulai membenahi sistem administrasinya. Upaya ini membuahkan hasil yang baik, terbukti untuk pelaporan ke Kopertais Wilayah VIII, STIBA Makassar menjadi salah satu institusi pendidikan yang pelaporannya ke Diktis termasuk yang paling sehat,” kata Ustadz Yusran dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa peserta ujian skripsi pertama selain alumni tahun ini juga diikuti angkatan-angkatan lain, bahkan ada peserta dari angkatan pertama (1998).

“Meski baru tahun ini mereka akan munaqasyah,” lanjut ketua STIBA, “tapi sejak menyelesaikan kuliah mereka telah banyak berkiprah dalam dakwah di tengah masyarakat. Dan telah menjadi pengajar-pengajar di berbagai tempat.”

Di akhir sambutannya, Ustadz Yusran mengucapkan apresiasi kepada pimpinan Kopertais Wil. VIII yang telah memberikan arahan-arahan kepada penyelenggara STIBA Makassar. Ketua Dewan Syariah WI ini juga menyampaikan harapannya kepada para peserta munaqasyah agar lulus dengan nilai terbaik dan bisa kembali ke daerah mereka dengan gelar yang baru dan dengan kepercayaan yang lebih tinggi untuk berdakwah.

“Semoga kita termasuk di antara hamba Allah yang senantiasa takut kepada-Nya, sebagaimana firman Allah (artinya) “Sesungguhnya yang takut kepada Allah hanyalah para ulama (orang-orang berilmu),” pungkasnya.

yud1

yud2