Selasa, 24 Oktober 2017

Tingkatkan Mutu dan Wawasan Anggota, UKM Pers STIBA Makassar Adakan Upgrading Perdana

upg

 

(stiba.ac.id) Gowa – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengadakan upgrading perdana mereka di area Kompleks Miniatur Budaya Sulawesi Selatan Benteng Somba Opu yang terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Upgrading adalah sebuah kegiatan pelatihan untuk meningkatkan mutu, pengetahuan dan ilmu berorganisasi para pesertanya. Karena itu, UKM Pers STIBA Makassar periode 1438/1489 H 2017/2018 M yang baru terbentuk satu bulan yang lalu ini melaksanakan kegiatan tersebut dengan harapan mampu lebih meningkatkan kualitas, wawasan dan keilmuan dalam berorganisasi para pengurusnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat melahirkan para jurnalis muslim yang tangguh dan profesional di era globalisasi saat ini sebagaimana tema yang diusung pada kegiatan tersebut yaitu “Membentuk Jurnalis Muslim yang Tangguh dan Profesional.”

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dimulai Sabtu, 21 Oktober 2017 sampai Ahad, 22 Oktober 2017. Acara dibuka oleh ketua UKM Pers STIBA Makassar Wahyuddin mahasiswa semester lima Jurusan Perbandingan Mazhab. Dilanjutkan dengan materi pertama yaitu Teknik Menulis Berita yang dibawakan oleh wartawan senior yang sudah malang-melintang dalam bidang jurnalistik Adam Djumadin, S.I.Kom. kemudian materi kedua yaitu Manajemen Organisasi oleh Syamsuar Hamka, S.Pd., M.Pd.I. Wakil Ketua Umum Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI). Materi ketiga yaitu Pengantar Multimedia dan Praktik oleh Akbar Abustang, S.Kom. Pengelola dan Pengajar Pondok Informatika Makassar.

Pada hari kedua para peserta membuat video trailer sebagai praktik dari materi yang didapatkan pada malam sebelumnya.

Kegiatan ini sifatnya internal UKM Pers STIBA yang saat ini beranggotakan 12 orang. Pers adalah UKM terakhir yang dibentuk di STIBA Makassar baru-baru ini, karena itu sebagai langkah awal UKM Pers memfokuskan pada peningkatan mutu dan wawasan keilmuan para anggota terlebih dahulu. Ke depan, Pers bertekad membuka seminar-seminar kejurnalistikan yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan terutama mereka yang punya kecintaan terhadap dunia jurnalistik. Mereka juga berharap kelak dapat memberi konstribusi positif kepada masyarakat luas dengan memanfaatkan media yang ada saat ini. (Ahmad Musyawir_UKM Pers)